Home Mobil Hatchback Honda Civic Hatchback vs Mazda CX-3, Duel Mobil RP 400 Jutaan

Honda Civic Hatchback vs Mazda CX-3, Duel Mobil RP 400 Jutaan

Honda Civic Hatchback, Sekarang calon konsumen yang ingin membeli mobil baru ditawarkan dengan begitu banyak pilihan model. Mulai dari MPV, sedan, hatchback hingga SUV ada semua. Masing-masing segmen juga diramaikan sederet merek yang mengunggulkan berbagai macam hal.

Banyaknya pilihan kerap kali membuat orang kebingungan akan memilih yang mana. Termasuk konsumen yang tergolong mapan dan ingin membeli mobil dengan harga tidak lebih dari Rp 500 juta. Jika mobil baru di bawah Rp 500 juta adalah kriteria Anda, maka setidaknya ada dua pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Keduanya adalah Honda Civic Hatchback dan Mazda CX-3. Sepintas Anda pasti sudah tahu apa perbedaan mendasar dari kedua model ini. Yang satu merupakan mobil hatchback sementara satunya lagi adalah SUV.

Keduanya bisa Anda masukkan daftar pertimbangan, mengingat selisih harga mobil ini tidak terlalu jauh. Meski berbeda segmen, mobil Honda dan Mazda ini sama-sama mempunyai tampilan yang berkelas.

Penasaran seperti apa perbedaan antara Mazda CX-3 dan Honda Civic Hatchback? Silakan simak uraian berikut ini, yang dilansir dari Otomotifnet.

 Desain

Secara keseluruhan, baik Civic Hatchback maupun CX-3 sama-sama menawarkan desain yang bergaya dan menarik. Hanya saja hatchback honda tampil dengan desain eksterior yang lebih sporty. Tidak hanya itu, Honda sepertinya juga mencoba menonjolkan aura khas mobil kencang pada desain Civic Hatchback ini.

Baca juga: Spesifikasi Honda Civic Hatchback Turbo 

Mazda CX-3 juga mempunyai desain luar yang cukup sporty. Atapnya dibuat sedikit pipih, sementara kap mesin dirancang cukup panjang. Layaknya mobil SUV pada umumnya, kesan gagah tampak jelas pada mobil Mazda ini. Hal ini dikarenakan adanya ground clearance yang tinggi.

Mesin

Sektor mesin menjadi perbedaan berikutnya. Honda Civic Hatchback mengandalkan mesin berkapasitas 1.500 cc. Lalu CX-3 mengusung dapur pacu yang lebih besar, yakni 2.000 cc.

Menariknya, walaupun kapasitas mesin Civic Hatchback lebih kecil tenaga dan torsi yang dihasilkan justru lebih besar dari Mazda CX-3. Tentu saja faktor besarnya torsi dan tenaga mesin ini dikarenakan adanya peranti turbo. Sementara Mazda sendiri belum membenamkan turbo pada salah satu mobil andalannya itu.

Di atas kertas Civic Hatchback dapat meletuskan tenaga hingga 173 daya kuda dengan torsi puncak 220 Nm. Sementara tenaga yang dikeluarkan mesin Mazda CX-3 mencapai 150 dk dengan torsi maksimum 192 Nm.

Akomodasi

Melihat tampilannya, mungkin Anda akan menebak Mazda CX-3 mempunyai kabin yang lebih lapang dari Honda Civic Hatchback. Jika demikian, maka dugaan Anda salah. Faktanya hatchback Honda itu justru memiliki ruang yang lebih lega dari SUV Mazda.

Baca juga: Kelebihan Mazda CX-3 2017

Headroom dan legroom bangku belakang Civic Hatchback lebih lapang dari CX-3. Meskipun posisi duduknya sedikit rendah. Sementara luas bagasi kedua mobil ini tidak terlalu berbeda. Hanya saja bagasi Civic Hatchback dinilai lebih akomodatif lantaran bagasinya sedikit lebih dalam dari Mazda CX-3.

Fitur

Kelengkapan fitur dari sebuah kendaraan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Dalam hal ini, Mazda CX-3 dan Honda Civic Hatchback sama-sama dibekali fitur yang menarik dan melimpah.

Honda Civic Hatchback lebih unggul lantaran sudah mengadopsi rem parkir elektrik dengan fitur brake hold. Fungsinya adalah untuk menahan mobil supaya tidak bergerak mundur saat berhenti di tanjakan. Di samping itu juga terdapat AC climate control dual zone yang akan memanjakan pengguna selama perjalanan.

Sementara itu Mazda CX-3 masih mengandalkan rem tangan konvensional yang naik turun. Selain itu pengaturan AC SUV ini juga masih konvensional.

Meski begitu Mazda menawarkan mode sport yang akan menjadi tawaran menarik untuk para pecinta kecepatan. Berbekal mode berkendara ini CX-3 bisa dipacu lebih kencang. Lain halnya dengan Civic Hatchback yang dilengkapi tombol ECON untuk membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Meski dalam beberapa hal CX-3 kalah dari Civic Hatchback, namun ada fitur yang hanya terdapat pada mobil Mazda itu. Seperti sunroof, MZD Connect entertainment, G-Vectoring Control, head-up display, Blind Spot Monitoring System dan Smart City Brake Support.

Harga

Di Indonesia, Honda menawarkan Civic Hatchback dalam dua pilihan tipe, yakni S dan E. Keduanya sama-sama dilengkapi transmisi CVT. Harga Honda Civic Hatchback S mencapai Rp 399 juta dan untuk tipe E mencapai Rp 438 juta.

Lalu CX-3 juga terdiri dari dua varian, yaitu Touring dan Grand Touring. Harga Mazda CX-3 Touring mencapai Rp 402 juta dan Grand Touring dilepas ke pasaran dengan banderol harga Rp 462 juta.

Untuk segi harga, Mazda CX-3 lebih tingi dari Civic Hatchback. Meski begitu selisih harga tersebut ditebus dengan tawaran fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh produk Honda. Sementara Honda sendiri juga menawarkan akomodasi yang lebih baik dan performa mesin yang menjanjikan.

Sekian komparasi Honda Civic Hatchback vs Mazda CX-3 yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Source: cx 3 vs civic hatchback, baleno hatchback 2017 indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply