Home Auto News Detail Sokon Glory 580, Rival Honda CR-V yang Rilis 2018

Detail Sokon Glory 580, Rival Honda CR-V yang Rilis 2018

0 306

Sokon Glory 580, Satu per satu merek mobil asal Tiongkok tampaknya mulai tertarik untuk ikut memasarkan produknya di Tanah Air. Setelah Wuling mendapat sambutan hangat melalui produk andalannya, Confero S, kini giliran DongFeng Sokon (DFSK) yang akan meramaikan pasar mobil di Indonesia.

Melalui produsen DSFK, PT Sokonindo Automobile, perusahaan otomotif asal Negeri Tirai Bambu itu akan meluncurkan sebuah mobil SUV yang diberi nama Glory 580. Model ini sendiri sudah diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang berlangsung 10-20 Agustus kemarin.

DSFK memajang tiga unit Glory 580 yang diimpor langsung dari negara asalnya. Nantinya mobil baru ini akan tersedia dalam varian Comfort, Elite dan Luxury. Serupa dengan Wuling Confero S, mobil SUV ini akan mengandalkan harga yang terjangkau. Rencananya harga Sokon Glory 580 mencapai Rp 200 jutaan.

Meski begitu harga tersebut bisa berubah sesuai dengan kondisi pasar. Penasaran tentang mobil China ini? Mari simak detail sekilas mobil terbaru ini.

Eksterior

Melihat sisi luarnya, Glory 580 mengusung desain yang cukup menarik. Jika diperhatikan desainnya tampak menyerupai model lain. Bila mencermati tampilan depan, mulai dari headlamp, bumper hingga lekukan tampak mirip dengan Honda CR-V.

Akan tetapi lain halnya saat melirik bagian samping. Sokon Glory 580 justru tampak seperti Nisan X-Trail.

Di bagian headlamp terdapat proyektor berikut fitur Day-time Running Lights (DRL). Sementara grille depan mempunyai ukuran yang cukup besar dan tampil elegan dengan sentuhan aksen krom.

Juga terdapat lampu kabut yang diletakkan di bagian bumper depan. Sementara bagian belakang mengusung stop Lam yang memiliki ukuran sedikit besar.

Baca juga: SUV Murah Eropa Harga Rp 200 Juta

SUV China ini mempunyai dimensi panjang 4.680 mm, dengan lebar 1.845 mm dan tinggi 1.715 mm. Sementara wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.780 mm. Dimensi panjang dan tinggi mobil ini lebih unggul dari CR-V yang mempunyai tinggi 4.584 mm dan tinggi 1.679 mm.

Interior

Di dalam kabin, Glory 580 mengusung tampilan interior yang tergolong minimalis. Meski begitu terdapat sedikit sentuhan kemewahan yang membuatnya terlihat menarik. Kesan mewah ini muncul berkat pengaplikasian dua warna pada doortrim yang menyambung ke jok.

Di samping itu sistem hiburan juga sudah menggunakan head unit layar sentuh dengan dimensi yang cukup besar. Juga terdapat sederet tombol di bagian setir kemudi untuk memudahkan pengguna ketika berkendara.

Lalu untuk baris kedua mengusung konfigurasi yang terkesan sederhana. Terdapat ruang kepala dan kaki yang maksimal untuk penumpang dewasa. Selain itu sistem pendingin udara juga disalurkan melalui kisi-kisi yang disematkan di atap tanpa memakai blower tengah.

Hanya saja ruang baris ketiga memiliki ruang yang lebih minim untuk ruang kepala dan kaki. Kenyamanan tampaknya juga akan terganggu lantaran jok yang dipasang dibuat tipis. Baris ketiga ini akan lebih cocok untuk dipakai oleh penumpang anak-anak dibanding penumpang dewasa.

Mesin

Melirik spesifikasinya, Sokon Glory 580 dibekali dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah SGF18 berkapasitas 1.798 cc. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 130 hp.

Sementara pilihan selanjutnya adalah mesin SFG15T yang mempunyai kapasitas sebesar 1.498 cc. Walaupun kubikasi lebih kecil, tenaga yang dihasilkan justru lebih tinggi. Yakni mencapai 147,5 hp. Hal ini dikarenakan adanya peranti turbo.

Lalu untuk pilihan transmisinya ada tiga macam. Antara lain manual 5-percepatan, manual 6-percepatan dan CVT. Sementara sistem penggerak roda ada satu macam saja, yakni penggerak roda depan.

Selain mulai memperkenalkan produknya ke publik Tanah Air, Sokonindo Automobile juga tengah mengurus segala bentuk perizinan kepada Kementerian Perindustrian. Disebutkan bahwa saat ini perizinannya sudah masuk tahap finalisasi. Dengan begitu peluncuran bisa dilakukan awal tahun depan atau secepatnya akhir 2017 ini.

Di negara asalnya, Sokon Glory 580 tergolong laris manis. Penjualannya bersaing ketat dengan penjualan mobil Wuling.

Nantinya Glory 580 akan bersaing dengan beberapa kompetitor yang sudah lebih dulu ada di Indonesia. Seperti Honda CR-V dan Nissan X-Trail. Bila penjualannya sukses, tidak menutup kemungkinan Sokonindo Automobile menghadirkan MPV.

Dengan tawaran harga yang cukup terjangkau untuk sebuah SUV, mobil China ini bisa menjadi alternatif bila masyarakat ingin merasakan sensasi berkendara dengan mobil bertubuh bongsor itu tanpa perlu mengeluarkan banyak dana. Berminat untuk membeli Sokon Glory 580 ini? Silakan nantikan kehadirannya dalam beberapa bulan ke depan.

Source: jarak mobil glory tinggi dari tanah, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply