Home Honda Honda CR-V vs Glory 580, Kupas Keunggulan Masing-Masing

Honda CR-V vs Glory 580, Kupas Keunggulan Masing-Masing

0 396

Honda CR-V, Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat Indonesia mulai melirik Sport Utility Vehicle (SUV) sebagai kendaraan pribadinya. Hal ini membuat pasar SUV menjadi ramai, termasuk pasar SUV kelas menengah. Kabar baiknya dalam waktu dekat akan ada pemain baru di kelas tersebut.

Kali ini merek otomotif asal China, DongFeng Sokon (DSFK) yang akan unjuk gigi. DSFK mengikuti jejak Wuling dengan terjun di pasar otomotif Tanah Air. Sebagai langkah awal, DSFK akan meluncurkan Glory 580. Model ini sudah diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 beberapa waktu lalu.

Sekilas tampilan mobil ini mengingatkan kita akan tampilan Honda CR-V. Tidak hanya mempunyai kemiripan, Sokon Glory 580 digadang-gadang juga akan menyaingi kepopuleran Honda CR-V. Lantas seperti apa komparasi kedua mobil SUV ini? Berikut adalah detail selengkapnya yang dilansir dari laman Oto.

Eksterior

Melihat dimensinya, Glory 580 terlihat sedikit lebih panjang dari CR-V. mobil bertubuh bongsor ini mempunyai panjang 4.680 mm, dengan lebar 1.845 mm dan tinggi 1.715 mm. Sementara wheelbase atau jarak sumbu rodanya 2.780 mm.

Sementara dimensi panjang CR-V mencapai 4.585 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.679 mm. Untuk wheelbase-nya mencapai 2.660 mm.

Untuk desain, Honda CR-V 2017 tampak lebih unggul dari calon rivalnya. Sebab mobil Honda ini mengusung desain yang lebih modern dan sporty khas produk Honda.

Melihat tampilan depannya, CR-V mengusung lampu full LED dengan fitur Daytime Running Light (DRL). Terdapat lampu kabut atau foglamp di bagian bumper depan yang juga sudah LED.

Baca juga: Detail Sokon Glory 580

Selain itu Honda menyematkan wide fender yang membuat kesan sporty semakin kuat. Fitur lain yang bisa dijumpai di sisi eksterior adalah smart entry dan bukaan pintu sekali sentuh.

Lalu untuk Glory 580 masih mengusung lampu utama model proyektor. Juga terdapat lampu LED yang hanya ditemui pada bagian depan sebagai foglamp. SUV China ini juga dilengkapi integrated rearview mirror, kamera depan dan kamera belakang.

Hanya saja fitur yang dibawa model ini merupakan spesifikasi China. Belum diketahui apakah Glory 580 untuk pasar Indonesia akan mengusung spesifikasi serupa atau ada perbedaan.

Untuk sektor kaki-kaki, Glory 580 mengandalkan pelek berukuran 17 inci. Sedikit lebih besar dari Honda CR-V terbaru yang sudah memakai 18 inci.

Interior dan Fitur

Dongfeng Glory 580 dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap. Mobil ini mengusung fitur Audio Steering Switch, ISOFIX, Dua Electronic A/C, HD Touch Screen Audio System, Power Window, Telephone Switch, Smart Enty System, Brake Override System, Emegency Stop Signal, Hill Start Assist, 6 Airbag, Paddle Shift, Smartkey, Immobilizer dan Alarm System.

Baca juga: Detail Lengkap Honda CRV 2017

Sedangkan Honda CR-V 2017 mengusung teknologi dan fitur yang juga melimpah. Honda menyematkan head unit berukuran 9 inci dengan 8 speaker. Head unit ini dapat disambungkan dengan berbagai peranti melalui konektivitas USB, Bluetooth dan AUX. berbekal fitur ini pengguna dapat menyambungkan smartphone pintarnya ke head unit tersebut.

Sedangkan untuk fitur keselamatan juga tak kalah menarik perhatian. Ada 6 airbags, power window auto up/down, Brake Override System dan Hill Start Assist. SUV Honda ini juga dilengkapi dengan fitur auto brake hold.

Mesin

Di negara asalnya, Glory 580 mempunyai dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin tipe SFG18 berkapasitas 1.8 liter. Mesin ini mempunyai daya puncak sebesar 131 PS.

Berikutnya adalah mesin 1.5 liter Turbocharged. Tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 149 PS. Lalu untuk pilihan transmisinya juga ada tiga macam, yakni manual 5-percepatan, manual 6-percepatan dan CVT. Untuk sistem penggerak hanya ada satu macam, yaitu penggerak roda depan.

Honda CR-V 2017 yang baru saja mengaspal di Tanah Air juga dipersenjatai dengan dapur pacu berkapasitas 1.5 liter. Tenaga yang dihasilkan bisa menembus angka 190 PS dengan torsi puncak 240 Nm.

Tenaga yang dihasilkan bisa lebih besar lantaran sudah adanya teknologi turbo. Jika dibandingkan dengan mesin Glory 580, tenaganya 31 dk lebih besar.

Selain itu juga ada mesin berkapasitas 2.0 liter non-turbo. Mesin ini mempunyai daya sebesar 154 PS dengan torsi 189 Nm. Untuk varian ini tenaganya lebih besar 23 dk dari Sokon Glory 580.

Harga

Di Indonesia harga Honda CR-V generasi terbaru mencapai Rp 432 juta untuk varian 2.0 liter. Sementara varian 1.5 liter turbo dibanderol lebih tinggi, yakni mulai Rp 466 juta sampai dengan Rp 506 juta.

Sedangkan harga mobil SUV asal China Dongfeng Glory 580 belum dapat diketahui. Kendati begitu diperkirakan harga mobil baru ini ‘hanya’ Rp 200 jutaan. Rencananya DSFK akan meluncurkan mobil itu di awal tahun depan.

Dari beberapa hal, Honda CR-V 2017 lebih unggul dari pendatang baru. Meski begitu Glory 580 bisa memikat konsumen berbekal harga yang lebih terjangkau tanpa mengabaikan tawaran fiturnya. Dengan strategi yang tepat SUV China ini bisa menjadi idola baru di segmen SUV menengah. Sama halnya dengan saat Wuling menghadirkan Confero S di Tanah Air.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply