Yamaha MT-09 Varian Tertinggi Akan Meluncur

Loading...

Yamaha MT-09, Ada kabar baik bagi para pecinta motor gede alias moge, khususnya moge Yamaha. Dalam waktu dekat salah satu produsen motor asal Jepang itu akan menghadirkan MT-09 dengan tambahan nama “SP”. Kehadiran motor sport naked bermesin besar ini diharapkan bisa memenuhi hasrat lebih banyak orang akan motor yang gagah dan dapat diandalkan di berbagai medan.

Loading...

Menurut laporan motorcycle-magazine.com yang dilansir Liputan6, Yamaha MT-09 dihadirkan untuk memenuhi permintaan dari konsumen yang ingin naked bike yang lebih baik dan sport. Disebutkan bahwa Yamaha melihat ada pasar di segmen tersebut walaupun dijual dengan harga yang lebih tinggi dibanding varian standar.

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, Yamaha MT-09 diluncurkan lantaran transpirasi dari kompetitor. Triumph yang mempunyai produk di segmen yang sama. Motor itu adalah Street Triple.

Triumph memasarkannya dalam banyak varian, mulai dari yang paling murah hingga yang tertinggi. Menariknya varian-varian tersebut sama-sama larisnya di pasaran.

Kembali lagi, berstatus sebagai varian tertinggi, Yamaha MT-09 SP akan mengusung beberapa perubahan. Disebutkan bahwa motor Yamaha ini akan mengusung suspensi yang lebih baik besutan Ohlins. Suspensi ini sudah dilengkapi dengan fitur semi-active.

Sementara untuk sektor mesin tidak ada perbedaan. Yamaha tetap membenamkan mesin berkapasitas 847 cc. Tenaga yang dapat dihembuskan mencapai 116 hp dengan torsi maksimum 85,7 Nm. Dapur pacu ini juga dilengkapi dengan sebuah teknologi bernama QSS.

Dengan dihadirkannya motor gede ini, Yamaha juga menyampaikan bahwa pihaknya ingin meningkatkan persediaan suku cadang MT-09 secara signifikan. Sayangnya belum ada bocoran mengenai harga motor ini.

Akan tetapi diperkirakan harga Yamaha MT-09 SP ini lebih mahal 10 hingga 20 persen dari varian standar. Rencananya moge Yamaha ini akan dihadirkan di EICMA yang berlangsung November mendatang.

Untuk informasi tambahan, Yamaha MT-09 yang hadir di pasaran saat ini mengusung tampilan yang tergolong agresif. Bagian depan juga mempunyai desain yang sukses menarik mata. Ada dua lampu yang dibuat lebar dengan tampilan berani. Lampu ini disebut dengan nama new Tin-eye LED headlights.

Moge ini menonjolkan desain yang kompak  dan ringan. Tidak hanya itu, Yamaha menyematkan tabung garpu suspensi yang lebar sehingga memperkuat kesan padat pada motor ini. Untuk menunjang perjalanan pengendara, terdapat instrumen Multi fungsi di bagian setang kemudi yang siap memberikan informasi kepada pengendara.

Baca juga: Kelebihan Yamaha MT-09 Terbaru

Lalu bagian buritan didesain tebal dan dipermanis dengan lampu belakang 3 dimensi LED. Lampu ini menampilkan desain paes kembar berbentuk huruf ‘M’ jika dilihat dari atas.

Yamaha membekali salah satu produk andalannya ini dengan fitur Assist & Slipper clutch. Sistem kopling ini diklaim dapat mendongkrak pengalaman berkendara sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengendara.

Kopling tersebut dirancang secara khusus sehingga assist & slipper cam lebih optimal. Sistem itu membuat motor nyaman dikendarai saat pertama kali atau berakselerasi.

Sedangkan suspensi depan memakai spesifikasi yang lebih tinggi dengan ukuran 41 mm. Suspensi ini diklaim memiliki daya redam yang lebih baik. Kompresi dan rebound mekanisme diletakkan di garpu yang terpisah dari tabung laju aliran minyak hidrolik.

Moge ini sebenarnya juga dijual di Indonesia. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkannya pada ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang berlangsung pada tahun 2015. Ada tiga pilihan warna yang diberikan pada Yamaha MT-09 ini, antara lain Blazing Orange, Matt Grey dan Race Blue.

Loading...