Home Komparasi Motor Yamaha Xabre vs Vixion dan Byson, Pilih Sesuai Kebutuhan

Motor Yamaha Xabre vs Vixion dan Byson, Pilih Sesuai Kebutuhan

0 300

Motor Yamaha Xabre, Selain menawarkan cukup banyak model di pasar motor matic, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga mempunyai cukup banyak model sport. Untuk motor sport naked di kelas 150 cc, agen pemegang merek Yamaha ini mempunyai tiga model. Antara lain Yamaha Xabre, Vixion dan Byson.

Ketiganya mengusung dapur pacu yang serupa. Hanya saja tetap ada perbedaan di antara ketiga motor Yamaha ini. Baik dari segi harga, performa ataupun pasar yang dituju. Maka dari itu jika Anda tertarik untuk membeli salah satu dari ketiga motor di atas, Anda perlu tahu apa saja perbedaannya.

Dengan demikian Anda bisa tahu mana yang seusai dengan Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbandingan spesifikasi motor Yamaha tersebut, yang dilansir dari Oto.com.

Desain

Mengusung dapur pacu serupa, bukan berarti tampang ketiganya sama. Yamaha menawarkan desain yang berbeda untuk ketiga produknya ini. Yamaha Vixion mengusung desain yang sporty, dengan bodi ramping dan bobot yang paling ringan.

Untuk garis-garis bodi dibuat tajam dan mengalir dari depan hingga ke belakang yang menambah kesan aerodinamis. Melihat tampilannya motor Yamaha ini tampak dirancang untuk menonjolkan performanya.

Sementara Yamaha Byson hadir dengan mengusung tema street fighter. Kesan kekar tampak kental pada motor ini. Yamaha menyematkan ban paling lebar. Untuk bagian depan berukuran 100/80-17 dan ban belakang 130/70-17.

Pemakaian ban lebar ini membuat Byson dapat dipakai melewati berbagai medan. Selain itu penggunaan setang lebar juga membuat penunggang lebih rileks ketika berkendara jarak jauh lantaran posisi duduknya tegak.

Baca juga: Yamaha Xabre vs All New CB150R

Untuk Yamaha Xabre mengusung desain yang lebih menarik. Suspensi depan jenis upside down turut mendongkrak tampilannya. Terlebih suspensi ini dilabur dengan warna emas yang tampak mencolok.

Lampu bagian depan dibuat bertingkat dan mempunyai desain yang cukup unik. Di samping itu setang kemudi dibuat lebar untuk menciptakan posisi berkendara layaknya supermoto. Dengan desain tersebut Yamaha Xabre cocok untuk konsumen yang mengutamakan gaya dalam memilih motor.

Hanya saja motor sport Yamaha ini lebih berat dibanding Vixion dan Byson. Di atas kertas bobot Xabre mencapai 135 kg.

Fitur

Untuk segi fitur, baik Xabre, Vixion maupun Byson sudah dilengkapi dengan panel instrumen digital. Hanya saja milik motor Yamaha Xabre lebih unik lantaran mengusung layar dengan warna negatif.

Warna ini akan membuat motor terlihat lebih menarik. Di samping itu pemakaian suspensi upside down tidak hanya menunjang tampilan supaya terlihat lebih menarik saja. Suspensi ini juga dapat membuat pengalaman berkendara lebih nyaman dan menyenangkan.

Yamaha Vixion mengusung fitur LED untuk sistem pencahayaan. Lampu ini dikenal mempunyai cahaya yang terang dan juga hemat daya. Fitur ini juga terdapat pada Xabre. Akan tetapi hanya terdapat pada bagian lampu depan saja.

Yang menarik dari Vixion adalah hadirnya lampu hazard untuk memberitahukan pengendara lain jika ada situasi darurat. Yamaha Vixion dan Xabre juga sudah dilengkapi dengan rem cakram di bagian depan maupun belakang. Sementara Byson masih mengusung teromol untuk bagian belakang.

Mesin

Sesuai dengan desain yang diusung, Yamaha Vixion memang unggul dalam segi performa. Mesin yang disematkan dapat mengeluarkan daya sebesar 16,58 PS pada putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,5 Nm pada 7.500 rpm.

Tenaga yang dihasilkan mesin diteruskan ke roda belakang melalui transmisi 5-percepatan dengan fitur assist & slipper clutch. Fitur ini bertugas untuk membuat kopling lebih ringan dan akselerasi lebih optimal.

Lalu Yamaha Byson mengusung mesin 150 cc tanpa pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan tidak terlalu besar, yakni 13,06 PS pada 8.000 rpm dan torsi 12,98 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm.

Jantung pacu ini dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan. Kelebihannya Byson diklaim paling efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Hanya saja tidak dijelaskan berapa konsumsi BBM motor sport ini.

Yamaha Xabre dipersenjatai dengan mesin 4 langkah berpendingin cairan SOHC. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 12 kW pada 8.500 rpm dengan torsi 14,3 Nm pada putaran 7.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan sedikit lebih kecil dari Vixion.

Sedangkan untuk transmisi memakai manual 6-percepatan. Pemakaian transmisi ini diyakini dapat membuat pendistribusian tenaga ke roda belakang lebih baik sehingga menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Harga

Untuk segi harga, Yamaha Byson menjadi yang paling murah. Harga motor Yamaha ini mencapai Rp 22,950 juta on the road (OTR) Jakarta. Hal ini wajar mengingat performa mesin lebih kecil dari dua saudaranya, termasuk fiturnya yang lebih sedikit. Byson bisa menjadi teman baik untuk dipakai menunjang kegiatan sehari-hari.

Lalu harga Yamaha Vixion yang unggul dalam hal performa mencapai Rp 26 juta OTR Jakarta. Harga motor Yamaha Xabre menjadi yang paling tinggi, yakni Rp 30,3 juta. Bagaimana, sudah mendapat gambaran mana model yang sesuai kebutuhan Anda?

Source: pilih yamaha xbrake atau byson, biaya membuat motor vixion apsedon, yamaha byson spesifikasi, xabre vs byson, vixion fighter, spesifikasi dan harga motor sport murah terbaru, spek yamaha vixion, motor yamaha xabre, Motor terbaru bison 2017 hargga berapa, motor matic paling murah, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply