Mitsubishi Xpander 2017 Indonesia, Seberapa Laris?

Loading...

Mitsubishi Xpander, Mitsubishi baru saja meluncurkan small MPV terbarunya, Xpander. Kehadiran mobil baru ini di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 10 Agustus kemarin sukses membuat banyak orang penasaran. Bahkan sambutan Mitsubishi Xpander di Indonesia bisa dibilang istimewa.

Loading...

Penjualan mobil MPV terbaru ini juga tergolong fantastis. Sejak 2 minggu diluncurkan, Mitsubishi Xpander telah terjual sebesar 11.521 unit secara nasional. Angka penjualan ini tercatat pada tanggal 24 Agustus kemarin.

Perolehan ini jauh melebihi ekspektasi Mitsubishi yang memasang target penjualan sekitar 3.000-4.000 unit per bulan. Dari beberapa varian yang ditawarkan, Xpadner Ultimate A/T menjadi yang paling laris. Total penjualannya mencapai lebih dari 50% dari total pemesanan.

Data ini berasal dari surat pemesanan kendaraan (SPK). Baik yang diterima oleh dealer resmi Mitsubishi Motors maupun saat ajang GIIAS 2017 berlangsung. Selain itu angka ini juga termasuk dalam acara peluncuran di beberapa kota dan konsumen yang datang dan melakukan pemesanan langsung di dealer.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan konsumen Indonesia dan rekan media massa terhadap Mitsubishi Xpander, sehingga produk ini memperoleh capaian penjualan dan penerimaan yang sangat baik dari masyarakat Indonesia. Sebagai distributor resmi dari kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia pengiriman unit menjadi perhatian utama dan tanggung jawab kami,” terang Kyoya Kondo, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), dikutip dari Otosia.

Rencananya merek mobil ternama asal Negeri Bunga Sakura itu akan mulai mengirimkan unit Xpander kepada konsumen mulai Oktober mendatang. “Kami berupaya untuk dapat melakukan pengiriman keseluruhan unit hingga akhir 2017,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut pramuniaga Mitsubishi di GIIAS 2017 mengatakan bahwa prioritas pengiriman adalah para pemesan yang memiliki SPK di GIIAS 2017. Demikian menurut informasi dari laman Otomania.

Untuk diketahui kapasitas produksi Mitsubishi Xpander mencapai 80.000 unit per tahun. 60.000 unit di antaranya ditujukan untuk pasar domestik. Bila dibagi 12 bulan, maka pabrik Mitsubishi yang berada di Bekas mempunyai kapasitas produksi 5.000 unit per bulan untuk konsumen dalam negeri.

Ada beberapa alasan mengapa Mitsubishi Xpander begitu diminati. Hal pertama tentu saja tampilan eksteriornya yang tampak berbeda dari MPV pada umumnya. Mobil Mitsubishi terbaru ini dirancang dengan mengusung bahasa desain Dynamic Shield.

Baca juga: Melirik Interior Mitsubishi Expander

Bahasa ini juga diaplikasikan pada Pajero Sport. itulah mengapa tampilan depan Xpander tampak mirip dengan SUV Mitsubishi itu. Desain small MPV pesaing Toyota Avanza ini juga sudah memenuhi standar aerodinamika sehingga membuatnya lebih senyap.

Di sisi interior desain yang ditawarkan tak kalah menarik. Perpaduan warna hitam dan krem membuatnya terlihat elegan. Terdapat 16 tempat untuk meletakkan botol minuman yang memudahkan pengguna saat membawa minuman.

Tidak hanya itu, Mitsubishi juga menyematkan soket listrik di setiap baris kursi. Fitur ini akan memudahkan penumpang untuk mengisi daya gadget atau smartphone. Untuk memperoleh ruang bagasi yang lebih lega, pengguna bisa melipat rata baris kedua dan ketiga.

Mitsubishi Xpander 2017 mengandalkan mesin 1.5 liter MIVEC, DOHC, 16 valve. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin ini mencapai 77 kW pada 6.000 rpm dengan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Untuk transmisinya ada dua macam, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Mitsubishi Xpander juga mempunyai fitur keselamatan yang mumpuni. Terdapat SRS Airbag, rem ABS dan juga Emergency Stop Signal System. Juga ada Hill Start Assist (HAS) dan Active Stability Control (ASC) untuk varian Ultimate dan Sport.

Loading...