Home Motor Motor Sport 5 Fakta Yamaha Vixion R 2017, Cermati Sebelum Membeli

5 Fakta Yamaha Vixion R 2017, Cermati Sebelum Membeli

0 772

Yamaha Vixion R, Pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan Vixion terbaru. Tidak hanya itu, bertepatan pada pameran otomotif tahunan itu YIMM juga menghadirkan Vixion R yang menjadi varian tertinggi seri Vixion.

Kehadiran motor Yamaha ini bisa menjadi pemuas hasrat pecinta roda dua akan performa motor sport 150 cc yang kencang. Yamaha Vixion R juga bisa menjadi pilihan menarik bagi masyarakat yang ingin Vixion dengan tawaran yang lebih menggoda. Di Indonesia, harga Yamaha Vixion R ini mencapai Rp 28,8 juta on the road (OTR) Jakarta.

Dengan banderol tersebut, pastinya ada kelebihan yang dimiliki Vixion R. Untuk itu mari kita simak fakta seputar motor sport berlogo tiga garputala ini, yang dirangkum dari laman Oto.

Desain Sporty

Berstatus sebagai varian tertinggi, motor sport ini mengusung tampilan yang lebih sporty dibanding varian standar. Yamaha menyematkan sporty under cowl baru dengan tampilan yang lebih dinamis untuk menutupi sektor mesin.

Di samping itu di bagian belakang terdapat knalpot berdesain beda yang dilabur dengan warna silver. Yamaha juga menyematkan roda belakang yang lebih besar, yakni berukuran 130/70-17. Bobotnya diklaim lebih ringan satu kilogram dibanding Vixion standar. Hal ini dikarenakan Vixion R memakai aluminium swing arm.

Adopsi Mesin R15

Hal menarik lainnya dari motor Yamaha ini ada pada sektor dapur pacu. Yamaha Vixion ternyata mengandalkan mesin dari R15. Kapasitasnya 155,1 cc SOHC dengan pendingin cairan. Mesin ini juga sudah dilengkapi variable valve actuation (VVA).

Hadirnya teknologi ini bertujuan untuk menjaga tenaga dan torsi di setiap putaran mesin. Dengan begitu mesin ini dapat menghasilkan performa yang cukup baik dibandingkan kompetitor di kelasnya. Menurut data, mesin Yamaha Vixion R bisa mengeluarkan teanga 19,3 PS pada 10.000 rpm dengan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Transmisi ASC

Yamaha juga membekali motor andalannya ini dengan transmisi 6-percepatan manual. Tidak hanya itu, transmisi ini ditemani assist & slipper clutch (ASC) yang bermanfaat untuk perpindahan gigi saat berkendara.

ASC juga diklaim dapat membuat kopling lebih ringan dan akselerasi lebih cepat. Yamaha Vixion R juga mempunyai fitur shift timing light yang bisa ditemui pada panel instrumen digital. Fitur ini akan memberitahukan kepada pengendara kapan waktu yang tepat untuk melakukan perpindahan gigi. Dengan begitu pengendara bisa mendapatkan performa yang optimal.

Fitur Modern

Kesan modern juga tampak pada motor sport pesaing Honda CB150R ini. Yamaha melengkapinya dengan panel instrumen berjenis LCD yang memuat banyak informasi. Beberapa informasi yang ada pada panel tersebut adalah posisi gigi transmisi, putaran mesin, kecepatan dan konsumsi bahan bakar.

Di samping itu Yamaha Vixion R juga dilengkapi dengan lampu LED di bagian depan dan belakang. Menariknya Vixion R juga mempunyai fitur hazard. Fitur ini akan sangat bermanfaat ketika pengendara dalam keadaan darurat di tengah jalan.

Harga Lebih Tinggi

Lantaran menjadi varian tinggi dan mempunyai beberapa fitur yang tidak terdapat pada varian standar, maka harga yang harus dibayar untuk membawa pulang Yamaha Vixion R juga lebih besar. Menurut situs resminya harga Yamaha Vixion R ini mencapai Rp 28,8 juta OTR Jakarta.

Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan Suzuki GSX-R150 yang kini dijual Rp 27,9 juta OTR Jakarta. Pun demikian bila dibanding harga Honda CB150R yang berada di angka Rp 25,975 juta untuk varian Wild Black, Macho Black dan Rp 27,075 juta untuk varian Raptor Black, Honda Racing Red, Stallion Black.

Terlepas dari selisih harga tersebut, Yamaha Vixion R menawarkan performa yang menjanjikan. Belum lagi hadirnya beberapa fitur penunjang performa yang siap menghadirkan pengalaman berkendara yang berbeda.

Source: keunggulan vixion r, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply