Home Honda Kelebihan-Kekurangan Honda Supra GTR 150 2017

Kelebihan-Kekurangan Honda Supra GTR 150 2017

0 957

Honda Supra GTR, Walaupun penjualannya tidak terlalu besar, nyatanya beberapa pabrikan tertarik menghadirkan motor bebek 150 cc di Indonesia. Ada beberapa pemain, seperti Yamaha MX King dan Honda Supra GTR 150. Keduanya bersaing ketat karena memiliki beberapa kemiripan.

Jika Anda berniat membeli Supra GTR 150, tidak ada salahnya untuk melihat kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa mencermati apakah sudah sesuai dengan kebutuhan. Silakan simak selengkapnya berikut ini.

Mesin 150 cc

Seperti yang disinggung di atas, motor Honda ini mengandalkan mesin berkapasitas 150 cc. mesin ini mempunyai konfigurasi 1 silinder DOHC. Tenaga yang dihasilkan bisa menembus angka 16,3 PS pada 9.000 rpm dengan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

Tenaga mesin tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6-percepatan. Secara teori, perpaduan mesin dan transmisi ini dapat menghasilkan pendistribusian tenaga yang lebih responsif dan menyenangkan untuk diajak berkendara.

Honda Supra GTR 150 diklaim bisa melesat hinga 125 km/jam. Sedangkan untuk akselerasi dari diam hinga 200 meter membutuhkan waktu 10,7 detik. Untuk konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 47,41 km/liter.

Kapasitas tangki bahan bakarnya cukup besar, yakni 4,5 liter. Kapasitas yang lebih besar akan membuat daya jangkau lebih jauh sehingga pengguna tidak perlu terlalu sering berhenti di pom bensin untuk mengisi bensin.

Tidak Dilengkapi Bagasi

Salah satu kekurangan dari motor bebek Honda ini adalah tidak adanya bagasi di bawah jok. Padahal motor ini diklaim cocok untuk berpetualang. Tanpa bagasi pengguna akan sedikit kesulitan untuk membawa perlengkapan berkendara.

Jika ingin membawa barang atau perlengkapan pemilik harus menyimpannya ke dalam tas. Solusi lainnya adalah menambahkan aksesori boks samping dan belakang. Akan tetapi Astra Honda Motor (AHM) tidak menyediakannya secara resmi. Anda harus membeli aksesori aftermarket bila ingin menambahkan boks.

Baca juga: Honda Supra GTR 150 vs Yamaha MX King

Fitur

Salah satu fitur yang dimiliki rival Yamaha MX King ini adalah lampu depan LED. Lampu ini dikenal lebih hemat daya dan bisa mendongkrak penampilan motor. Hanya saja untuk lampu sein dan lampu belakang belum memakai jenis LED.

Sementara panel instrumen mengusung model kombinasi analog dan digital. Untuk bagian digital berfungsi menampilkan kecepatan, trip meter, posisi igi transmisi dan jumlah bahan bakar. Lalu untuk bagian analog bertujuan menampilkan petunjuk seputar putaran mesin.

Untuk sistem pengereman Honda sudah menyematkan rem cakram baik untuk roda belakang maupun depan. Sedangkan ban Supra GTR 150 sudah memakai tubeless yang akan lebih mudah diperbaiki jika mengalami kebocoran.

Sektor roda tampak kekar lantaran mengusung ukuran yang besar dengan tapak yang lebar. Bagian depan berukuran 90/80-17 dan belakang 120/70-17. Pemakaian ban ini membuat berkendara lebih nyaman di berbagai kondisi jalan.

Belum lagi ground clearance yang dibuat tinggi, yakni 150 mm. Dengan begitu motor dapat dipakai melewati berbagai kondisi medan tanpa perlu takut bagian bawah motor bersentuhan dengan jalan.

Bobot Berat

Motor Honda ini mempunyai dimensi yang cukup besar untuk ukuran motor bebek 150 cc. panjangnya 2.025 mm, dengan lebar 725 mm dan tinggi 1.102 mm. Tak mengherankan bila bobot Honda Supra GTR 150 berat, yakni 119 kg. Lebih berat 3 kg dari MX King 150.

Warna Menarik

Beberapa waktu lalu motor bebek 150 cc ini mendapat penyegaran dengan tiga pilihan warna baru. Dua warna di antaranya adalah spartan red dan nitric orange yang khas motor penjelajah. Dua varian warna ini dipadukan striping putih dengan garis-garis hitam berbentuk panah untuk menonjolkan kesan agresif.

Khusus dua warna ini, Honda melepasnya dengan harga Rp 21,55 juta on the road (OTR) Jakarta.

Lalu pilihan warna lainnya adalah exclusive gun black. Warna ini sebelumnya juga diterapkan pada Vario 150 dan CB150R Street Fire. Warna ini membuat tampilan Honda Supra GTR 150 terkesan lebih mewah.

Terlebih adanya bodi hitam matte yang dikombinasikan dengan pelek emas. Untuk banderol harganya tentu lebih mahal. Harga Honda Supra GTR 150 dengan pilihan warna tersebut mencapai Rp 21,8 juta OTR Jakarta.

Setiap motor punya kekurangan dan kelebihan, begitu juga dengan Honda Supra GTR 150. Walaupun begitu motor bebek ini tetap menarik dan bisa menjadi pilihan lain selain MX King 150.

Source: kekurangan kelebihan motor honda, kelemahan honda supra gtr, motor bebek bagasi besar 2017, spek supra gtr 150, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply