Home Komparasi Komparasi Yamaha Aerox 155 vs Nmax, Matic MAXI Beda Rasa

Komparasi Yamaha Aerox 155 vs Nmax, Matic MAXI Beda Rasa

Yamaha Aerox 155 vs Nmax, Honda boleh jadi berkuasa di pasar motor matic berbekal jajaran skutik andalannya. Akan tetapi Yamaha punya cara tersendiri untuk memikat konsumen pecinta motor matic. Yakni dengan menawarkan motor matic bongsor yang tampil lebih eksklusif.

Untuk kelas 150 cc ada dua model yang bisa dipertimbangkan, yakni Yamaha Nmax dan Aerox 155 VVA. Kedua motor matic ini sama-sama mempunyai ukuran yang besar dan gagah. Begitu juga dengan dapur pacunya.

Yamaha menyematkan mesin yang sama, yakni 155 cc dengan fitur Variable valve Actuation (VVA). Fitur ini diklaim bisa memberikan pembakaran optimal di putaran mesin rendah dan tinggi. Sementara kapasitas silinder dan konfigurasi piston juga tak berbeda.

Meski begitu karakternya tak sama. Output tenaga Yamaha Nmax maupun Aerox 155 juga tak sama. Menyesuaikan dengan bobot masing-masing. Untuk lebih jelas, berikut adalah detail spesifikasi kedua motor Yamaha ini.

Desain

Yamaha Nmax hadir dengan menonjolkan tampilan yang elegan. Ukurannya yang besar tak dihiasi dengan decal atau stiker yang justru memperkuat kesan elegan. Yamaha hanya menyematkan logo 3D dengan tulisan Nmax di bagian samping.

Skuter matik ini juga tidak memiliki garis desain yang tegas. Sentuhan desain ini membuatnya tampil lebih mewah.

Berbeda dengan Yamaha Aerox 155 yang lebih kental dengan kesan sporty. Yamaha memberikan sentuhan desain agresif di semua sudutnya yang tampak aerodinamis. Begitu juga dengan bagian buritan yang tinggi dan tampak terinspirasi dari motor sport.

Baca juga: Yamaha Aerox 155 vs Honda Vario 150

Meski begitu basisnya serupa dengan Nmax. Dimensinya tetap terlihat besar namun dikemas dalam bodi yang lebih sporty.

Riding Position

Posisi berkendara kedua motor ini juga berbeda. Yamaha Nmax dirancang sehingga mempunyai posisi berkendara yang nyaman. Punggung pengendara dapat berdiri tegak dengan tangan yang rileks di atas setang. Selain itu posisi kaki juga dibuat nyaman sehingga pengguna tidak cepat lelah saat di perjalanan.

Hanya saja pengguna patut berhati-hati ketika berkendara jarak jauh. Pasalnya posisi rileks dengan selonjoran tidak baik untuk bermanuver sigap. Untuk itu motor matic ini tetap dilengkapi dengan footstep di dek bawah.

Sementara itu Aerox 155 VVA mempunyai posisi berkendara yang sporty, meskipun hadir dalam wujud skuter matik. Alasannya motor Yamaha ini mempunyai geometri yang cukup unik. Posisi tubuh tinggi dikombinasikan tangan yang cukup rendah untuk memegang setang. Begitu juga dengan posisi penumpang yang lebih tinggi sehingga seperti naik sebuah motor sport.

Fitur

Untuk urusan fitur, keduanya juga berbeda. Yamaha Nmax tampak lebih mengutamakan dalam hal rancang bangun bodi yang akomodatif. Untuk itu tidak terlalu banyak fitur yang dijumpai pada motor matic ini.

Yamaha Nmax hanya memiliki fitur rem ABS untuk varian tertinggi. Fitur ini dapat diandalkan untuk menjaga pengereman roda supaya tidak terkunci.

Baca juga: Harga Yamaha NMAX 2015 Bekas

Di samping itu Yamaha membekalinya dengan lampu LED di bagian depan dan belakang. Panel indikator juga sudah mengusung digital. Yang tak kalah menarik adalah ruang bagasi yang luas sehingga dapat menampung banyak barang.

Bahkan bagasi ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan satu helm full face. Pengguna juga masih bisa menyimpan perlengkapan lain seperti jas hujan ke dalamnya.

Sementara Yamaha Aerox 155 tampaknya lebih menarik dalam hal fitur. Pasalnya ada banyak tawaran fitur menarik yang diberikan. Untuk S-Version yang menjadi varian tertinggi  sudah dilengkapi dengan fitur ABS.

Di samping itu motor ini juga mengusung kunci Smart Key canggih. Dengan fitur ini pengguna tidak perlu memakai anak kunci untuk dapat menjalankan kendaraan. Remote kunci pintar ini tinggal diletakkan di kantong dan pengguna cukup memutar kenop pada Aerox.

Yamaha Aerox 155 juga dilengkapi dengan soket listrik 12V di laci depan. Kedua fitur ini tidak dijumpai pada Nmax.

Harga

Yamaha Nmax hanya dijual dalam dua varian. Untuk tipe tanpa ABS dilepas dengan hara Rp 25,7 juta. Sedangkan harga Yamaha Nmax ABS mencapai Rp 29,6 juta on the road (OTR) Jakarta. Selisih harga keduanya terpaut cukup jauh.

Sementara Yamaha Aerox punya varian yang lebih banyak. Jika ingin versi hemat, bisa memilih varian terendah yang dibanderol Rp 22,5 juta. Di samping itu juga ada varian R-Version yang dipatok Rp 24,050 juta. Sedangkan harga Yamaha Aerox varian tertinggi (S-Version) mencapai Rp 26,9 juta.

Yamaha juga memasarkan Aerox R-Version dengan balutan Livery Yamaha Movistar MotoGP. Harganya dipatok Rp 24,25 juta.

Dari perbandingan komparasi keduanya dapat diketahui bahwa masing-masing punya kelebihan masing-masing. Yamaha Nmax mengedepankan desain elegan dan mewah dengan posisi berkendara yang nyaman.

Motor ini akan menjadi sahabat baik untuk para pecinta touring. Sedangkan Yamaha Aerox 155 ditujukan untuk konsumen yang suka tampilan sporty layaknya motor sport. Berikut posisi berkendara yang sporty.

Aerox 155 juga mempunyai tawaran fitur yang menggoda sehingga menjadi rekomendasi untuk konsumen yang memprioritaskan fitur dalam membeli motor baru.

Sekian komparasi Yamaha Aerox 155 vs Nmax. Semoga ulasan di atas bisa memberikan Anda gambaran sehingga dapat memilih mana yang sesuai kebutuhan Anda.

Source: harga aerox 155, aerox 155 vva, nmax abs, motor yamaha nmax, Lampu aerox155 vs nmax, komparasi nmax dan aerox, harga stiker yamaha nmax, harga motor yamaha nmax, harga motor yamaha n max, review yamaha aerox 155, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply