Sean Gelael Akan Tampil di Latihan Bebas F1 2017

Loading...

Sean Gelael, Pembalap muda Indonesia kembali memberikan kabar baik. Kali ini, Sean Gelael dikabarkan memperoleh kesempatan untuk terjun di ajang F1 2017. Nantinya ia akan tampil bersama tim Toro Rosso. Rencananya Sean akan tampil di empat seri, yakni di Singapura, Malaysia, Amerika Serikat dan meksiko.

Loading...

Kesempatan tersebut diberikan Sean untuk sesi latihan bebas pertama (FP1) di keempat babak tersebut. sebenarnya ini bukan kali pertamanya Sean mencicipi mobil F1. Sebelumnya ia jua pernah menjadi pembalap uji coba di Bahrain dan Hungaria.

Kabar baik bagi Indonesia ini diberitakan langsung pada situs resmi Scuderia Toro Rosso. Pemimpin tim Toro Rosso, Franz Tost memberi apresiasi terhadap kinerja Sean dalam beberapa kali sesi uji coba.

“Selama tes di Bahrain dan Hungaria, Sean menunjukkan kemampuannya dan membantu tim dengan cara profesional. Pendekatannya terhadap tim juga membantu tugas tim mekanik untuk meningkatkan kinerja melalui masukannya,” ujarnya, sebagaimana dilansir dari Otomania.

Tost juga mengungkapkan tim merasa gembira dengan bergabungnya Sean sebab mengetahui bagaimana kemampuannya dalam hal performa dan pengetahuan teknis, juga komitmennya bekerja.

Sementara itu Sean mengakui bahwa kesempatan tersebut menjadi sesuatu yang luar biasa baginya. Ia berharap bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk mempelajari semua hal tentang mobil F1 yang berbeda dengan mobil F2 yang selama ini ia gunakan.

“Ini sangat berbeda dengan dua tes F1 sebelumnya. Bukan saya saja yang bangga. Ini juga untuk nama Indonesia. Dengan jarak antara Indonesia dan Singapura yang dekat, saya berharap banyak masyarakat Indonesia yang akan memberikan dukungan langsung,” ungkapnya.

“Saya akan menggunakan kesempatan ini seperti spons yang menyerap segala sesuatu dan belajar semaksimal mungkin. Semoga saya dapat memberikan hal positif pada tim Toro Rosso dan menyediakan data yang mereka inginkan di sesi latihan pertama,” jelas Sean.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Sean terjun di ajang Formula 2 bersama tim Pertamina Arden yang juga didukung penuh Jagonya Ayam KFC Indonesia. Dari delapan seri yang sudah berlangsung, ia menempati peringkat ke-20 klasemen F2 dengan mengumpulkan 3 poin.

Kabar ini juga menjadi perhatian pengamat F1, M. Wahab S. Ia mengatakan bahwa yang dialami Sean merupakan batu ujian. Hal tersebut akibat dari tes di Bahrain dan Budapest beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan ada baiknya untuk tidak perlu menyambut hal tersebut dengan harapan terlalu tinggi bahwa Sean akan dapat tampil sebagai pembalap utama di ajang F1 2018. Menurut Wahab, kemampuan Sean saat uji coba memang baik, dan hal itu diakui oleh Tost.

“Tapi menurut saya ini bukan jaminan bahwa Sean akan melangkah mulus untuk duduk di kursi panas F1. Justru momen ini adalah ujian dengan level yang lebih tinggi,” kata Wahab.

Toro Rosso belum mengumumkan siapa yang akan digantikan Sean pada latihan bebas pertama nanti, ataukah Daniil Kyvat atau Carlos Saint. Latihan bebas pertama di ajang F1 biasanya dimanfaatkan pembalap untuk mencari settingan mobil dan ban terbaik yang dipakai nantinya saat balap. Selain itu latihan bebas ini juga bertujuan untuk mengenal sirkuit.

Berdasarkan peraturan F1 2017, latihan bebas diberikan pada hari Jum’at dalam dua sesi latihan yang berlangsung dalam waktu satu setengah jam. Seorang pembalap harus mengikuti paling tidak satu sesi latihan bebas agar dapat mengikuti balapan di satu seri tersebut.

Bagaimana performa Sean Gelael nanti saat tampil bersama tim Toro Rosso?

Loading...