Home Auto News MotoGP Indonesia Tergeser oleh Thailand

MotoGP Indonesia Tergeser oleh Thailand

0 174

MotoGP Indonesia, Beberapa waktu lalu sempat hangat diperbincangkan bahwa Indonesia berniat menjadi tuan rumah dalam salah satu ajang balap motor bergengsi, MotoGP 2018. Hal ini menjadi impian bagi sebagian masyarakat Tanah Air. Sayangnya harapan tersebut harus terkubur.

Sebab Dorna selaku promotor MotoGP menunjuk Thailand sebagai tuan rumah balap MotoGP. Rencananya Negeri Gajah Putih itu akan menjadi tuan rumah mulai tahun 2018 sampai dengan 2020 mendatang.

Dilansir dari Liputan6, otoritas olahraga motorsport Thailand, Sakon Wannapong dan CEO Dorna, Carmelo Ezpelata akan menandatangani kerjasama di Bangkok, pada Kamis (31/8/2017). Dalam acara tersebut juga akan hadir Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand, Pongpanu Svetarundra.

Nantinya sirkuit balap yang akan dipakai kejuaraan MotoGP adalah Chang International di Buriram yang berjarak 392 km dari Bangkok. Untuk diketahui, Chang International Circuit ini mempunyai lintasan sepanjang 4.554 meter dengan 12 tikungan.

Pembangunan sirkuit ini sendiri sudah dimulai sejak Maret 2013. Hermann Tilke adalah perancang sirkuit Chang International. Sedangkan biaya yang dikeluarkan mencapai 2 miliar baht atau setara Rp 740 miliar.

Dengan dipilihnya Thailand sebagai salah satu penyelenggara MotoGP maka otomatis harapan masyarakat Indonesia untuk menjadi tuan rumah balap motor tersebut pupus. Akan tetapi hal ini patut dimaklumi.

Sebab kebijakan Dorna untuk menentukan tempat balapan dilakukan dengan penuh pertimbangan. Sementara itu Palembang yang kabarnya akan menjadi lokasi kejuaraan juga masih jauh dari persiapan matang.

Baca juga: 4 Fakta Balap MotoGP 2017

Lain halnya dengan Thailand. Negara tetangga Indonesia ini sudah mengantongi sertifikat tinggi dari FIA atau Federasi Balap Mobil dengan grade 1. Selain itu juga mendapat sertifikat dari Federasi Balap Motor atau FIM dengan grade A.

Di Indonesia Sirkuit Jakabaring sebenarnya bukan satu-satunya yang digadang-gadang akan membangun arena balap untuk kejuaraan MotoGP. Sempat beredar kabar Lombok, Nusa Tenggara Barat juga memiliki rencana serupa.

Selain itu juga akan ada sirkuit yang akan menjadi pesaing Jakabaring. Sirkuit tersebut akan dibangun di Lido, Jawa Barat.

Meski untuk tahun depan Indonesia gagal menjadi tuan rumah MotoGP, bukan berarti harapan itu musnah untuk selamanya. Masih ada waktu untuk mempersiapkan segala keperluan terkait pembangunan sirkuit bertaraf internasional.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply