Home Mobil Hatchback Detail Spesifikasi Hyundai i20 Indonesia 2017

Detail Spesifikasi Hyundai i20 Indonesia 2017

0 141

Hyundai i20 Indonesia, Ada beberapa pemain di pasar hatchback. Salah satu yang cukup unik adalah Hyundai i20. Mobil asal Negeri Ginseng ini pertama kali diluncurkan tahun 2009. Daya tariknya Hyundai i20 adalah adanya dua opsi mesin, yakni bensin dan diesel.

Sebab di kelas hatchback jarang ada yang menawarkan pilihan mesin diesel. Meski begitu penjualannya tidak terlalu bagus. Walaupun i20 diesel sebenarnya mempunyai torsi yang melimpah dan handling yang cukup baik.

Mobil hatchback Hyundai ini bisa menjadi solusi jika Anda ingin mencari model lain selain Honda Jazz, Toyota Yaris, Kia Rio, Mazda2 atau Suzuki Baleno. Desainnya terbilang menarik dan tak kalah cantik dari para rival. Supaya lebih jelas, silakan simak detail spesifikasi Hyundai i20 2017 ini, yang dihimpun dari Oto.

Desain

Melihat tampilan luarnya, mobil ini mengusung bahasa desain Fluidic Sculpture 2.0. Desain ini sudah dipakai oleh Hyundai sejak lama. Bahkan saat ini disempurnakan lagi dengan nama Fluidic Sculpture 2.0.

Mobil ini memang merupakan buatan pabrikan Asia. Akan tetapi untuk urusan desainnya tidak dilakukan di Korea Selatan, melainkan di fasilitas desain Hyundai di Russelheim, Jerman.

Untuk dimensinya, Hyundai i20 terbaru lebih besar dari model sebelumnya. Panjang mobil hatchback ini mencapai 4.035 mm, dengan lebar 1.734 mm dan tinggi 1.474 mm. panjangnya bertambah 95 mm dari model pendahulunya.

Lalu untuk jarak sumbu roda atau wheelbase mencapai 2.570 mm. lebih panjang sekitar 40 mm dari Honda Jazz. Jarak sumbu roda ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kelegaan kabin. Benar saja, berbekal wheelbase yang cukup panjang, kabin mobil Hyundai i20 terasa lega.

Mesin

Untuk sektor dapur pacu Hyundai i20 mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 1.4 liter. Kappa engine ini dapa menghasilkan daya sebesar 100 ps. Untuk performanya memang tidak sebesar salah satu kompetitornya, Jazz yang bisa menghasilkan tenaga 120 ps pada 6.000 rpm dan torsi 13,6 Kg.m pada putaran mesin 4.000 rpm. Kendati begitu mobil tersebut sudah cocok untuk pemakaian harian.

Mesin ini masuk di keluarga mesin Kappa yang dipakai Hyundai dan Kia. Sedangkan untuk bahan material yang dipakai sebagian besar aluminium. Keuntungan yang didapat adalah bobotnya yang lebih ringan.

Alhasil bobot mobil secara keseluruhan juga dapat berkurang. Mobil dengan bobot yang lebih ringan juga akan mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih efisien.

Untuk opsi sistem perpindahan gigi atau transmisi ada dua macam. Yakni manual 6-percepatan atau otomatis 4-percepatan yang dilengkapi mode manual.

Fitur

Hyundai i20 merupakan sebuah hatchback dengan desain layaknya mobil Eropa. Tampilannya yang mungil mengedepankan desain elegan dan juga menarik.

Di sisi interior, dashboard terbilang minimalis. Akan tetapi bagian tengah terasa penuh karena adanya layar multimedia dan tombol-tombol pengaturan sistem hiburan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Mobil ini dilengkapi dengan pengaturan AC analog. Sayangnya belum ada tawaran fitur climate control. Fitur lainnya adalah dua airbag untuk pengemudi dan penumpang depan yang siap melindungi saat terjadi benturan.

Di samping itu ada sistem hiburan dengan layar sentuh yang membuatnya tampak modern dan fitur ABS. Menariknya Hyundai i20 Indonesia juga dilengkapi dengan soket 12 V. Jok pengemudi dibuat nyaman dengan adanya pengatur ketinggian.

Tidak hanya itu, sandaran di belakang dapat dilipat jika pengguna ingin mendapat ruang bagasi yang lebih lega. Bahkan mobil Hyundai ini bisa memuat sepeda gunung di dalam kabin.

Jadi Mobil Rally

Ada salah satu fakta menarik di balik mobil asal Korea ini. Hyundai i20 menjadi salah satu peserta kejuaraan rally dunia. Bahkan di musim 2017 ini Hyundai tampil kompetitif. Mobil yang dipakai adalah Hyundai i20 WRC dengan sederet modifikasi.

Untuk informasi, regulasi FIA selaku badan dunia otomotif mewajibkan mobil kejuaraan rally dunia memakai basis mobil jalan raya. Hyundai yang berpartisipasi dalam lomba bersama pe-rally Thierry Neuville bersaing ketat dengan  Ford dan Toyota. Menurut informasi secara peraihan nilai tim 2017 ini Hyundai menempati posisi kedua setelah Ford. Sedangkan Toyota yang mengandalkan Yaris berada di tempat ketiga.

Harga

Berminat membeli Hyundai i20 Indonesia? Hyundai Mobil Indonesia menawarkan mobil tersebut dengan harga Rp 249,5 juta untuk versi transmisi manual. Sedangkan harga Hyundai i20 transmisi matic dipatok Rp 263,5 juta.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply