Home Komparasi Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Veloz, Mana Pilihan Anda?

Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Veloz, Mana Pilihan Anda?

Mitsubishi Xpander, Walaupun merupakan pendatang baru, Mitsubishi Xpander kesanggupannya untuk menjadi idola baru di pasar small MPV. Meskipun di pasar tersebut sudah diisi beberapa rival berat seperti Toyota Avanza, nyatanya Xpander tetap berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia.

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan mobil baru Mitsubishi ini. Salah satu yang menjadi kunci utama adalah desain yang modern dan gagah layaknya mobil SUV. Hal inilah yang membuat Mitsubishi Xpander tampil beda dibanding kompetitor, termasuk Avanza sekalipun.

Lantas bagaimana jika Toyota Avanza Veloz disandingkan dengan Xpander Ultimate? Mana yang lebih unggul? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita bahas detail spesifikasi kedua mobil MPV ini.

Desain

Desain eksterior Xpander lebih menguatkan kesan gagah. Bahasa desain yang dipakai mobil keluarga ini sama seperti Pajero Sport, yakni Dynamic Shield. Yang cukup menarik perhatian adalah lampu utamanya yang justru diletakkan di bagian bumper, bukan sejajar dengan kap mesin.

Bagian bodi juga tak luput dari sentuhan desain agresif yang membentang hingga lampu belakang. Belum lagi hadirnya lampu belakang LED yang berbentuk huruf L. Untuk membuat tampilannya semakin menarik, Mitsubishi menyertakan rear spoiler dan garnish di bumper depan dan belakang.

Sedangkan Toyota Grand New Veloz tampil dengan desain yang cukup elegan. Terdapat fitur lampu kabut yang hadir sebagai perlengkapan standar. Mobil ini mengusung chassis ladder frame yang membuatnya diklaim unggul dalam hal ketangguhan dan daya tahan.

Dimensi panjangnya 4.200 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan ground clearance 200 mm. Mobil ini dibekali dengan pelek alloy berukuran 15 inci yang dibalut dengan ban berukuran 185/65 R15.

Harga

Avanza Veloz dan Xpander Ultimate merupakan varian tertinggi yang ditawarkan masing-masing merek. Maka dari itu harga mobil ini lebih mahal dari varian lain. Harga Mitsubishi Xpander Ultimate mencapai Rp 245,35 juta.

Baca juga: Interior Mitsubishi Expander 2017

Sedikit lebih mahal dari harga Toyota Avanza Veloz 1.5 liter yang dipatok Rp 236,5 juta untuk transmisi otomatis. Selain itu tersedia transmisi manual yang dibanderol Rp 224,7 juta. Tidak hanya itu, Toyota juga menawarkan Avanza Veloz bermesin 1.3 liter yang harganya lebih terjangkau lagi, yakni Rp 213,8 juta.

Fitur

Banderol harga tentu saja mempengaruhi kelengkapan fitur yang ditawarkan. Mengingat berstatus sebagai varian tertinggi, maka ada banyak fitur yang diberikan masing-masing merek. Akan tetapi Anda perlu mencermati kelengkapan fitur di antara keduanya.

Dalam hal ini Mitsubishi Xpander mengusung fitur yang lebih lengkap dibandingkan Toyota Avanza Veloz. Hal ini wajar mengingat harga Xpander lebih tinggi.

Untuk Veloz hanya terdapat Antilock Braking System (ABS) yang terdapat pada sistem pengeremannya. Fitur lainnya adalah indicator ECO yang berfungsi memberitahukan seberapa efisien gaya berkendara pengemudi.

Selain itu mobil Toyota ini juga dilengkapi fitur Drive by Wire yang menghubungkan pedal gas ke mesin tanpa memakai kabel atau wireless. Fitur ini dihubungkan oleh sensor yang mengirimkan sinyal dari pedal ke mesin.

Avanza Veloz juga dilengkapi indikator Seat Belt penumpang depan. Fitur ini akan menyala dan mengeluarkan suara peringatan bila penumpang depan tidak menggunakan sabuk keselamatan ketika mobil dijalankan. Fitur penunjang keselamatan lainnya adalah seat belt di bangku tengah yang terhubung ke atap mobil.

Juga ada pengait ISOFIX untuk mengaitkan jok khusus bayi dengan jok mobil. Fitur lainnya adalah jok belakang konfigurasi 50:50 yang memungkinkan pemilik melipat separuh jok yang akan menambah kapasitas bagasi. Konfigurasi ini juga memudahkan penumpang baris ketiga untuk keluar ataupun masuk.

Baca juga: Perbedaan Grand New Avanza dan Veloz 

Sedangkan Mitsubishi Xpander yang tidak hanya mempunyai fitur ABS, namun juga Electronic Brake Distribution. Fitur ini memungkinkan rem bisa dialihkan kinerjanya dari roda belakang ke depan atau sebaliknya, sesuai kondisi roda. Mobil Mitsubishi terbaru ini juga dilengkapi dengan fitur Brake Assist (BA).

Fitur BA merupakan sistem yang berfungsi menambah daya pada pompa rem walaupun pengemudi tidak terlalu keras memijak dalam kondisi pengereman ekstrem. Di samping itu juga ada fitur Hill Start Assist yang tidak terdapat pada rivalnya.

Berbekal fitur ini sistem dapat memberikan pengereman pada roda belakang supaya tetap bekerja selama tiga detik ketika pengguna memindahkan kaki dari pedal rem ke gas ketika berada di tanjakan.

Fitur keamanan Mitsubishi Xpander juga cukup memikat. Mobil ini mempunyai Active Stability dan Traction Control System. Fitur ini memberikan pengaturan lebih pada mesin supaya dapat membaca selip berlebihan pada roda dan menjamin pengendalian teatp presisi saat pengemudi melakukan manuver.

Fitur tersebut dapat dinonaktifkan untuk memperoleh tenaga optimal saat dibutuhkan. Sayangnya fitur tersebut juga belum hadir pada Toyota Veloz.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Xpander Ultimate juga mempunyai soket outlet 12V. Soket ini terdapat tiga buah untuk masing-masing baris bangku. Mitsubishi juga menyertakan banyak cup holder dan ruang penyimpanan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk meletakkan barang atau botol minuman.

Yang tak kalah menarik perhatian dari Mitsubishi Xpander adalah hadirnya fitur Keyless Operation System. Fitur satu ini bisa dikatakan menjadi senjata utama small MPV Mitsubishi. Pasalnya rival di kelasnya belum ada yang mempunyai fitur tersebut. Bahkan fitur ini sudah terdapat pada varian Sport yang merupakan tipe di bawah Ultimate.

Mesin

Untuk yang terakhir mari kita bandingkan mesin keduanya. Mitsubishi Xpander mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter MIVEC. Mesin ini belum pernah ada di Tanah Air. Tenaga yang dihasilkan bisa menembus angka 104 dk dengan torsi mencapai 141 Nm.

Menurut data spesifikasi tersebut Xpander sedikit lebih unggul dari Toyota Avanza Veloz bermesin 1.495 cc. Mesin Dual VVT-i ini mempunyai tenaga sebesar 103 dk, dengan torsi maksimum 136 Nm.

Kesimpulan

Toyota Avanza Veloz yang menjadi salah satu pemain lama di segmen low MPV boleh berbangga hati karena sudah mendapat tempat di hati masyarakat. Sebagai varian tertinggi Veloz menawarkan harga yang lebih terjangkau dari Xpander.

Tidak hanya itu, fitur yang ditawarkan juga cukup mumpuni. Belum lagi jaringan layanan purna jual yang luas sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan servis.

Sedangkan Mitsubishi Xpander yang menjadi pendatang baru menawarkan hal yang tidak ada pada MPV pada umumnya. Seperti tampilan yang gagah layaknya SUV tanpa mengurangi identitasnya sebagai mobil keluarga tujuh penumpang.

Tidak hanya itu, mobil baru Mitsubishi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang tidak ditemui pada Avanza Veloz. Selain itu performa mesin juga sedikit lebih unggul dari kompetitor.

Bila Anda suka mobil yang sudah mempunyai reputasi baik dan kemudahan dalam melakukan servis maka pilihannya bisa Toyota Avanza Veloz. Sedangkan jika Anda lebih mengutamakan tampilan yang beda dari lainnya dengan tawaran fitur yang lebih memikat bisa memilih Xpander.

Itulah perbandingan Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Veloz yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Source: xpander vs avanza, avanza veloz vs expander, avanza vs expander, avansa x pander, mitsubishi xpander vs toyota avanza, perbandingan avanza vs xpander, perbedaan mitsubishi expander dg avansa, veloz vs xpander, Xpander vs avanza eloz, mitsubishi expander vs avanza, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply