Home Komparasi Fitur Mitsubishi Xpander vs Wuling Confero, Satu Kelas Beda Harga

Fitur Mitsubishi Xpander vs Wuling Confero, Satu Kelas Beda Harga

Mitsubishi Xpander, Masyarakat hingga saat ini masih menyukai low MPV. Kabin yang cukup luas dan dapat menampung banyak penumpang sekaligus menjadikan mobil ini tetap diminati. Bahkan beberapa mobil MPV berhasil menjadi produk terlaris di Indonesia.

Tak mengherankan bila beberapa merek otomotif ikut meramaikan pasar ini dengan menawarkan MPV baru. Dimulai dengan kehadiran Wuling Confero yang berhasil mencuri perhatian banyak orang. Mobil China ini menawarkan fitur yang cukup banyak namun dengan banderol harga yang paling murah di kelasnya.

Kabinnya tergolong lega sehingga memikat penyuka mobil keluarga. Belum lagi tampilannya yang cukup menarik.

Setelah itu Mitsubishi menggebrak pasar dengan meluncurkan Xpander. Mobil terbaru Mitsubishi ini siap mencuri pandangan masyarakat dengan berbekal desain yang futuristik dan gagah. Desainnya tampak beda dari model Small MPV lain yang ada di Indonesia. Selain itu Mitsubishi Xpander juga mempunyai tawaran fitur yang cukup lengkap dan harga yang cukup kompetitif di segmennya.

Kedua mobil baru ini mempunyai beberapa kesamaan. Selain berada di segmen yang sama, keduanya juga mengandalkan mesin berkapasitas 1.500 cc. Untuk itu menarik jika membandingkan kedua mobil ini.

Pada kesempatan ini akan dibandingkan tawaran fitur Wuling Confero tipe L dan Mitsubishi Xpander Ultimate. Keduanya merupakan varian tertinggi yang tentu saja mempunyai tawaran fitur lebih lengkap dari varian lainnya.

Meski begitu selisih keduanya terpaut cukup jauh, yakni Rp 82,45 juta. Penasaran seperti apa bekal Confero dan Xpander? Berikut ini ulasan selengkapnya, yang dirangkum dari Otomotifnet.

Immobilizer dan Keyless Entry

Mitsubishi Xpander yang tampil modern juga dilengkapi dengan fitur-fitur terkini. Mobil berlambang tiga berlian ini mengusung fitur keyless entry yang akan memudahkan pengguna dalam menghidupkan mesin mobil. Di samping itu juga ada start/stop engine button.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Xpander

Fitur ini mejadi tawaran menarik Xpander di segmen Small MPV. Sebab kompetitornya belum mempunyai fitur tersebut.

Dengan fitur keyless entry, pengemudi cukup menekan tombol hitam di handel pintu luar untuk membuka atau mengunci pintu. Begitu juga saat hendak menyalakan atau mematikan mesin. Pengemudi cukup menekan tombol start/stop engine yang ada di dashboard.

Sementara itu Wuling Confero L masih mengusung anak kunci dengan teknologi immobilizer model lipat. Masih bisa dimaklumi mengingat selisih harganya yang cukup besar.

Pengaturan Setir

Mitsubishi Xpander Ultimate sudah dilengkapi dengan pengaturan tilt & telescopic. Adanya fitur ini akan memudahkan pengemudi dalam memperoleh posisi mengemudi yang paling ergonomis dan nyaman.

Sementara itu Wuling Confero L hanya mempunyai pengaturan tilt. Menariknya bila diturunkan habis lalu dilepas, setir akan memantul ke atas dan kembali ke posisi semula. Meskipun hanya mempunyai pengaturan tilt, posisi mengemudi mobil Wuling ini tergolong nyaman karena cukup tinggi.

Head Unit Layar Sentuh

Kedua mobil MPV ini sudah dilengkapi dengan head unit touchscreen alias layar sentuh. Hanya saja ukurannya yang berbeda. Untuk Wuling Confero L mengusung head unit berukuran 8 inci. sedangkan Mitsubishi Xpander Ultimate sedikit lebih kecil, yakni 7 inci.

Meskipun ukurannya lebih kecil, Xpander mengusung head unit lansiran Sony. Walhasil kualitas gambar yang disajikan jernih.

Lampu Depan

Mitsubishi Xpander Ultimate mempunyai lampu DRL dengan desain yang menarik dan terkesan futuristik. Hanya saja lampu utama mobil Mitsubishi ini masih menggunakan halogen biasa.

Baca juga: Wuling Confero S vs Avanza dan Mobilio

Lain halnya dengan Wuling Confero L yang lampu utamanya sudah memakai proyektor. Selain itu juga terdapat lampu DRL yang diposisikan di bawah foglamp atau lampu kabut.

Bangku

Mitsubishi Xpander Ultimate mengusung bangku seperti yang dijumpai pada low MPV pada umumnya. Khusus baris ketiga dapat dilipat rata lantai. Dengan begitu akomodasinya menjadi lebih praktis.

Untuk hal ini Wuling Confero L bisa dikatakan lebih unggul. Pasalnya mobil ini sudah mengusung captain seat. Tawaran yang cukup menarik mengingat MPV dengan captain seat umumnya dibanderol Rp 400 jutaan.

Ada sepasang captain seat di dalam kabin mobil MPV Wuling ini, berikut dengan armrest. Posisi bangkunya dapat diatur maju mundur. Di samping itu tingkat kerebahannya juga dapat diatur. Menariknya jika jok captain seat diatur hingga lurus ke belakang bisa menjadi tempat tidur lantaran tersambung dengan jok baris ketiga.

Kualitas Material Kabin

Salah satu fakta yang cukup mengagetkan adalah kualitas material kabin kedua mobil ini. Meskipun dijual dengan harga murah, rupanya Wuling Confero L mengusung material yang lebih bagus dari Xpander Ultimate.

Pasalnya semua jok mobil Wuling ini sudah dilapisi kulit. Lain halnya dengan Mitsubishi Xpander Ultimate yang masih mengusung bahan fabric. Di sampaing itu dasbor dan door trim Xpander terbuat dari bahan plastik. Hanya saja pola jahitannya dibuat layaknya kulit sehingga tidak terlalu terlihat.

Sementara door trim Wuling Confero L juga dibalut dengan kulit. Hanya saja bagian dasbornya menggunakan plastik. Tidak seperti Xpander Ultimate

Berstatus sebagai varian tertinggi, keduanya dipermanis dengan sentuhan panel kayu di beberapa bagian. Hal ini membuat kesan mewah cukup terasa di dalam kabin.

Mesin

Mitsubishi Xpander dipersenjatai dengan dapur pacu 1.5 liter MIVEC, DOHC 16 valve. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 77 kW pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Sementara itu Wuling Confero mengandalkan mesin P-TEC DVVT DOHC MPI berkapasitas 1.485 cc. Tenaga yang dihembuskan mencapai 107 hp pada putaran 5.800 rpm dengan torsi 142 Nm pada rentang putaran 3.800-4.000 rpm.

Kesimpulan

Sama-sama hadir sebagai pendatang baru, Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander mempunyai beberapa keunggulan yang membuatnya berbeda dari rival yang sudah hadir lebih dulu. Walaupun Wuling Confero L mempunyai harga yang tergolong murah untuk sebuah small MPV, tawaran fitur yang dimiliki juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Kabin yang cukup lega menjadi modal utama Confero untuk berhadapan dengan rivalnya. Belum lagi tawaran captain seat yang membuatnya terlihat lebih mewah.

Sementara itu Mitsubishi Xpander Ultimate mempunyai fitur-fitur yang modern. Fitur-fitur ini akan menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna selama perjalanan. Di samping itu bahasa desain Dynamic Shield yang diterapkan pada mobil ini juga menjadi salah satu alasan Xpander dengan mudah meraih respons positif dari masyarakat.

Kini tinggal mana yang sesuai dengan Anda. Apakah Mitsubishi Xpander Ultimate atau Wuling Confero L?

Source: bagus mana x pander sama convero, Daftar harga hp sony dari yang termurah ampai yang tertinggi, luas kabin confero atau xpander, wuling confero, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply