Home Motor Jarak Busi Motor Pengaruhi Performa Mesin? Ini Penjelasannya

Jarak Busi Motor Pengaruhi Performa Mesin? Ini Penjelasannya

0 165

Busi Motor, Sudah diketahui bersama bahwa sepeda motor mempunyai banyak sekali komponen. Masing-masing komponen tersebut memiliki peran tersendiri. Karena peran yang dimiliki itu ada beberapa pemilik yang mencoba melakukan sentuhan modifikasi supaya performa motor menjadi lebih besar.

Salah satu komponen yang cukup sering menjadi sasaran adalah busi. Komponen yang satu ini mempunyai peran penting. Sebab busi motor ini mempunyai peran meledakkan bahan bakar hasil pengabutan di dalam ruang bakar mesin. Dari itulah lalu berubah menjadi tenaga yang menggerakkan motor.

Kinerja busi sendiri untuk menghasilkan bunga api terdapat pada celah antara elektroda busi dan ground mesin. Maka dari itu celah atau juga disebut dengan istilah gap ini memiliki pengaruh dalam kinerja pengapian mesin sepeda motor.

Menurut informasi dari Otosia, gap busi motor bawaan pabrikan bukan ukuran yang baku. Dengan begitu jarak kerenggangannya bisa diatur supaya mendongkrak performa mesin motor.

Perlu diketahui, busi standar dari pabrikan mempunyai jarak renggang dengan kisaran ukuran antara 0,6 mm sampai 0,8 mm. Untuk meningkatkan kinerja performa mesin, ada yang berpendapat dengan cara memperlebar celah tersebut. Sementara menurut sebagian lain berpendapat bahwa performa akan meningkat dengan mempersempit gap busi. Lantas mana yang benar? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Semakin Rapat

Lebih dahulu mari kita bahas tentang metode merapatkan jarak elektroda busi dengan ground. Menurut informasi, untuk meningkatkan performa mesin motor dapat dilakukan dengan cara mempersempit jarak busi.

Misalnya dari ukuran semula antara 0,35 mm sampai 0,40 mm dikecilkan menjadi 0,30 mm. yang perlu diketahui, bila memperkecil gap busi maka ada dampak negatif yang ditanggung. Salah satunya mesin akan menjadi cepat panas. Hal ini akan berdampak pada mesin yang menjadi tidak awet.

Baca juga: Cara Membersihkan Busi Motor

Sementara menurut pendapat lain, bila mempersempit gap busi, tenaga mesin motor justru semakin menurun. Berdasarkan uji coba yang dilakukan Otomotifnet dengan mengatur kerenggangan busi jadi 0,10 mm, mesin motor justru sulit untuk langsam. Tenaganya sendiri juga turun sebesar 0,10 hp.

Semakin renggang

Berikutnya adalah dengan merenggangkan gap busi dengan jarak yang lebih renggang dari ukuran standar pabrikan. Dijelaskan bahwa saat elektroda busi dan ground ditingkatkan menjadi 1,5 mm, maka hasilnya justru kebalikan dari yang mempersempit gap.

Tenaga mesin motor tetap bisa langsam dan tenaga menjadi meningkat. Akan tetapi jika ingin merenggangkan jarak busi maka juga harus diperhatikan pula arus listrik motor. Arus listrik yang menuju ke busi juga harus besar. Untuk meningkatkan kelistrikan bisa dengan mengganti bagian part sebelum busi dengan koil racing.

Itulah informasi seputar gap busi motor yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas menjawab pertanyaan Anda mengenai jarak busi motor.

Source: KOMPONEN BUSI MOTOR, tentang modif mesin motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply