Home Mobil 10 Penyebab Mobil Terbakar, Pahami dan Cegah

10 Penyebab Mobil Terbakar, Pahami dan Cegah

0 530

Mobil Terbakar, Masyarakat Indonesia pada umumnya masih lebih suka menggunakan mobil pribadi untuk menunjang kegiatan hariannya atau saat ingin pergi ke suatu tempat. Tidak heran jika banyak rumah yang mempunyai bagasi dengan mobil terparkir di dalamnya.

Meski tergolong praktis dan lebih nyaman, mempunyai mobil pribadi bukan berarti tanpa permasalahan sama sekali. Terkadang kendaraan mengalami kendala yang diakibatkan oleh berkurangnya performa komponen atau karena faktor lain. Di samping itu pemilik juga dihantui oleh risiko mobil terbakar.

Berbicara soal mobil terbakar, baru-baru ini jagat otomotif dihangatkan dengan perbincangan sebuah mobil Honda brio yang terbakar secara misterius. Padahal mobil ini sebelumnya tengah terparkir di rumah.

Kasus ini bukan kali pertamanya terjadi. Sebelumnya ada kasus mobil terbakar di beberapa wilayah. Mengenai hal ini, ada beberapa kemungkinan yang membuat kendaraan terbakar. Bisa jadi karena kesalahan manusia, mekanis, kimiawi atau kombinasi dari kesalahan-kesalahan tersebut.

Untuk itu penting bagi kita mengetahui apa saja penyebab mobil terbakar. Dengan begitu kita dapat melakukan langkah antisipasi sehingga kasus semacam itu tidak menimpa mobil kesayangan.

Menurut laman How Stuff  Works yang dikutip dari DetikOto, setidaknya ada 10 penyebab mobil terbakar. Untuk lebih jelas silakan simak artikel berikut.

Cacat desain

Penyebab pertama adalah cacat desain. Desain kendaraan yang cacat bisa menjadi biang keladi mobil terbakar. Biasanya produsen mobil menangkap isu cacat desain sebelum insiden menimpa dan merugikan banyak konsumen.

Baca juga: Penanganan dan Pencegahan Mobil Terbakar

Untuk mengatasi hal tersebut produsen mobil biasanya melakukan recall atau menarik kembali mobil yang kurang baik. Setelah itu kendaraan tersebut mendapat perbaikan. Cacat desain tidak selalu menyebabkan kebakaran. Akan tetapi berdasarkan beberapa kasus yang ada permasalahan ini menjadi salah satu penyebabnya.

Perawatan Mobil Kurang Baik

Penyebab berikutnya adalah dikarenakan pemiliknya sendiri. Semua jenis kendaraan, termasuk mobil membutuhkan perawatan secara berkala. Maka dari itu masing-masing pabrikan dan juga pakar otomotif selalu menganjurkan para pemilik untuk melakukan perawatan berkala terhadap kendaraan miliknya.

Mobil yang jarang dirawat bisa saja menimbulkan masalah di kemudian hari. Contohnya saat ada kebocoran di beberapa bagian atau kabel rusak namun tidak segera diperbaiki. Maka hal ini bisa memicu permasalahan seperti kebakaran. Kabel yang usang cenderung memicu dan melakukan kontak dengan bahan yang mudah terbakar.

Kecelakaan

Ternyata kecelakaan juga dapat menyebabkan mobil terbakar. Akan tetapi hal ini tergantung pada di mana benturan itu terjadi. Sebagian besar crumple zone dibuat sedemikian rupa sehingga lembaran logam di mobil menyerap kekuatan hantaman saat terjadi kecelakaan.

Dengan begitu komponen-komponen penting seperti mesin, baterai atau tangki bahan bakar akan terlindungi. Walaupun demikian tabrakan yang keras dapat menyebabkan kebocoran cairan yang mudah terbakar dan dapat menimbulkan panas atau asap. Kondisi ini juga berpotensi menimbulkan kebakaran.

Baterai Mobil Listrik dan Hybrid

Saat ini mobil hybrid atau listrik mulai berkembang dan digandrungi oleh banyak konsumen. Walaupun mobil ini ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi, risiko terbakar tetap ada.

Baterai mobil ini juga berpotensi terbakar dan kasusnya pernah terjadi. Pada tahun 2013 Tesla Model S dilaporkan terbakar di Amerika Serikat. Kejadian berawal saat terjadi kecelakaan di mana mobil tersebut melaju kencang dan menabrak puing. Akibatnya baterai mobil tertusuk dan langsung memicu terjadinya kebakaran.

Tidak hanya itu, di tahun 2011 Chevrolet Volt mengalami kebakaran saat diuji. Penyebab kebakaran tersebut adalah sistem pendinginan yang bocor dan berinteraksi dengan baterai yang rusak sehingga memunculkan kobaran api.

Konverter Katalitik Terlalu Panas

Saat digunakan, beberapa bagian mobil akan menjadi panas. Salah satu komponen mobil yang paling panas adalah sistem pembuangan, di mana konverter katalitik berada.

Konverter ini bisa mengalami panas berlebih atau overheat jika bekerja terlalu keras untuk membakar lebih banyak polutan dibanding kemampuannya. Artinya bila mesin mobil tidak beroperasi secara efisien dan pembakaran tidak sempurna, banyak yang berakhir di sistem pembuangan.

Hal ini membuat konverter katalitik bekerja lebih keras dalam menjalankan tugasnya. Alhasil komponen ini menjadi lebih panas dari biasanya. Konverter katalitik yang bekerja terlalu keras atau tersumbat suhunya bisa naik tajam hingga 1.000 derajat celcius. Padahal suhu normalnya berkisar 649 sampai 871 derajat celcius.

Mesin Terlalu Panas

Permasalahan ini mungkin lazim dijumpai para pemilik mobil. Mesin yang overheat juga bisa menyebabkan mobil terbakar. Alasannya mesin yang terlalu panas membuat cairan internal seperti oli dan pendingin naik ke suhu berbahaya dan membuatnya tumpah dari daerah sirkulasinya.

Bila kondisi semacam ini terjadi, cairan dapat menetes ke bagian panas lainnya yang bisa dengan mudah memicu api dan menyebar ke bagian lain. Biasanya mesin overheat memerlukan perhatian mekanis.

Kemungkinan ada seal yang bocor atau radiator yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Jika mesin terus mengalami overheat, maka harus segera ditangani supaya tidak terjadi hal yang tidak diharapkan.

Cairan Tumpah atau Bocor

Kebanyakan mobil atau truk mempunyai sejumlah cairan yang mudah terbakar dan berbahaya di balik kap mesin. Seperti bensin atau solar, oli mesin, cairan transmisi, cairan rem, cairan power steering maupun cairan pendingin mesin. Semua cairan ini bersirkulasi ketika mobil menyala.

Kabar buruknya semua cairan itu bisa terbakar dengan mudah bila terjadi kebocoran. Kobaran api akibat cairan tumpah kemungkinan besar dipicu dari balik kap mesin di mana seluruh cairan berbahaya tersebut terkonsentrasi. Perlu diketahui bahwa beberapa di antaranya seperti bahan bakar dan cairan rem mengalir sepanjang seluruh mobil.

Sistem Kelistrikan Rusak

Sistem kelistrikan menjadi salah satu penyebab yang diduga paling sering menyebabkan mobil terbakar. Baterai atau aki yang bermasalah juga dapat memicu munculnya api.

Arus listrik dari aki bersama kabel yang salah atau longgar bisa menyebabkan munculnya percikan api yang dengan cepat menyulut api dari tetesan cairan atau uap yang bocor. Sistem kelistrikan juga tidak hanya ada di balik kap mesin, namun juga kabel listrik yang berada di seluruh mobil. Untuk itu pemilik perlu memperhatikan bagian-bagian tersebut.

Kebocoran Sistem Bahan Bakar

Kebocoran dalam sistem bahan bakar juga bisa memicu mobil terbakar. Di atas sudah diterangkan bahwa banyak cairan di dalam mobil yang bisa dengan mudah terbakar. Akan tetapi dari beberapa cairan tersebut, bensin menjadi yang paling berbahaya.

Pada suhu tertentu bensin bisa terbakar dengan sendirinya. Bahkan jika bensin bocor dan menetes ke logam panas atau bagian lain yang panas juga dapat dengan mudah terbakar. Untuk mengurangi kemungkinan terbakar akibat sistem bahan bakar adalah dengan cara merawat kondisi mobil dengan benar.

Pastikan kondisi kendaraan selalu prima dan tidak mengalami kendala apapun. Jika tercium bau bahan bakar di dalam atau di sekitar mobil, segera cari dan perbaiki permasalahan tersebut.

Tindakan Kriminal

Penyebab terakhir mobil terbakar adalah karena tindakan seseorang yang dengan sengaja membakar mobil. Ada beragam motif mengapa mereka membakar mobil. Salah satunya adalah untuk menutupi pencurian atau menghilangkan bukti kejahatan lain.

Di samping itu juga bisa karena penipuan asuransi. Mobil dibakar dengan sengaja sehingga bisa mendapat asuransi.

Itulah beberapa penyebab mobil terbakar yang perlu Anda ketahui. Penting bagi kita untuk selalu berkendara dengan benar dan mengutamakan keselamatan. Di samping itu juga jangan lupa untuk memperhatikan kondisi kendaraan. Lakukan perawatan secara berkala dan segera perbaiki jika ada permasalahan. Hal ini akan membuat kita terhindar dari permasalahan nantinya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply