Home Mobil Mobil Terbakar, Bagaimana dengan Asuransinya?

Mobil Terbakar, Bagaimana dengan Asuransinya?

0 273

Mobil Terbakar, Kasus mobil terbakar tengah menjadi sorotan banyak orang belakangan ini. Permasalahan semacam ini seakan menghantui setiap pemilik kendaraan roda empat. Meski begitu bukan berarti insiden ini tidak dapat dicegah.

Sebenarnya ada beberapa penyebab mobil terbakar. Kami sudah membahasnya pada artikel sebelumnya. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika mobil yang terbakar itu sudah diasuransikan. Apakah insiden mobil terbakar akan mendapat penggantian dari perusahaan asuransi?

Dikutip dari DetikOto, Laurentius Iwan Pranoto, Marketing & Communication & PR Manager Asuransi Astra (Garda Oto) mengatakan diganti atau tidaknya sebuah kendaraan yang terbakar tergantung dari hasil investigasi. Menurut dia, dari kasus semacam itu yang dilihat bukan terbakarnya namun penyebab terbakarnya kendaraan tersebut.

Misalnya seperti penyebab terbakarnya kendaraan diakibatkan power bank yang tertinggal dalam mobil. Ini artinya menaruh sesuatu di mobil, dan itu bisa saja terbakar. Ini tidak akan dicover oleh asuransi,” jelasnya.

Iwan menambahkan, tidak hanya power bank saja, hal tersebut juga berlaku untuk minyak wangi yang ditinggal di dalam mobil. Minyak wangi umumnya mengandung bahan kimia yang bisa memicu terjadinya kebakaran kendaraan. Jika itu menjadi penyebabnya, maka perusahaan asuransi mobil tidak akan meng-cover hal tersebut.

Maka dari itu penting bagi pemilik kendaraan yang dilengkapi asuransi untuk membaca polis asuransi miliknya dengan benar. Sehingga tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari.

Akan tetapi bila mobil terbakar karena hal lain bisa saja pihak asuransi melakukan pergantian. Misalnya mobil terbakar karena kecelakaan atau rumah terbakar dan mobil juga ikut terbakar. Maka kasus semacam itu akan mendapat ganti.

Baca juga: 10 Penyebab Mobil Terbakar

Dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia, disebutkan ada beberapa hal yang tidak diganti pihak asuransi. Seperti yang tertulis pada Bab II Pengecualian, pada pasal 2.

Isinya adalah,” Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian dan atau kerusakan Kendaraan Bermotor atau biaya yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh: (2.1) Barang dan atau hewan yang sedang berada di dalam, dimuat pada, ditumpuk di, dibongkar dari atau diangkut oleh Kendaraan Bermotor; (2.2) Zat kimia, air atau benda cair lainnya, yang berada di dalam Kendaraan Bermotor; kecuali merupakan akibat dari risiko yang dijamin Polis.”

Pada Bab II pasal 2 dapat diartikan pihak asuransi tidak mengganti kerusakan yang dikarenakan kelalaian dari pengendara yang meninggalkan barang dalam mobil. Apabila dalam hasil investigasi ditemukan suku cadang atau komponen yang bukan standar atau sudah dimodifikasi, maka pemilik mobil yang terbakar juga dipastikan tidak akan memperoleh pergantian dari asuransi.

Hal tersebut tertuang pada Bab II pasal 4 ayat 6. Intinya perlengkapan tambahan merupakan perlengkapan pada kendaraan bersangkutan yang bukan merupakan perlengkapan standar pabrik. Maka tidak akan diganti oleh perusahaan asuransi.

Itulah informasi seputar asuransi untuk mobil terbakar. Semoga menjawab pertanyaan pembaca sekalian.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply