Home Mobil Kiat Cegah Mobil Terbakar, Perhatikan 5 Benda Ini

Kiat Cegah Mobil Terbakar, Perhatikan 5 Benda Ini

0 158

Mobil Terbakar, Kita tidak pernah tahu kapan musibah datang menimpa, termasuk juga musibah mobil terbakar. Sudah banyak kejadian serupa yang terjadi baik di Indonesia maupun luar negeri.

Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bahkan benda-benda yang biasa kita pakai dalam kegiatan sehari-hari juga dapat memicu terjadinya kebakaran. Maka dari itu penting bagi pemilik mobil untuk memperhatikan betul kabin mobil sebelum meninggalkannya.

Jangan sampai meninggalkan barang-barang di dalam mobil yang justru berpotensi membuat mobil terbakar. Untuk langkah antisipasi, berikut ini ada 5 barang yang disarankan tidak ditinggalkan di dalam mobil. Berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari Goody Feed via DetikOto.

Korek Api

Perokok aktif biasanya selalu membawa korek api ke manapun ia pergi. Termasuk ketika mengendarai mobil. Saat ingin keluar dari mobil, jangan lupa untuk membawa korek api bersama Anda. Jangan tinggalkan benda ini di dalam kabin.

Sebab korek api mengandung cairan yang mudah terbakar. Saat ditinggal di dalam mobil dan terpapar sinar matahari, ditambah suhu tinggi di dalam mobil, maka api bisa saja muncul dan membakar kendaraan Anda.

Powerbank

Perangkat yang satu ini seakan sudah menjadi kebutuhan wajib bagi para pengguna gadget. Dengan memiliki powerbank, pemilik bisa mengisi ulang baterai smartphone-nya di mana saja. Hanya saja di balik kemudahan tersebut ada hal yang tak boleh terlewatkan.

Menyimpan powerbank di dalam mobil juga berbahaya. Suhu tinggi dalam jangka waktu panjang bisa membuat powerbank meledak. Bila disimpan di dalam mobil, bukan tidak mungkin menyebabkan mobil terbakar.

Disarankan para pengguna gadget  untuk tidak meletakkan powerbank di tempat yang terkena matahari atau panas berlebih. Seperti di dashboard mobil atau di dalam mobil yang terjemur.

Baca juga: 10 Penyebab Mobil Terbakar

Untuk diketahui, powerbank kebanyakan berisi baterai lithium-ion. Baterai ini rentan rusak bila panas berlebih, sama seperti ponsel.

Di dalam baterai lithium-ion terdapat bahan katode dan anoda berlapis-lapis yang mempunyai jarak sangat tipis. Bila panas berlebih, bahan tersebut akan memuai dan saling menempel sehingga menyebabkan korslet.

Korslet itulah yang bisa memicu terjadinya kebakaran. Walaupun tidak sampai kebakaran, powerbank yang sering terkena panas berlebih akan cepat rusak dan tidak awet. Karena panas yang berlebih akan menimbulkan reaksi kimia yang menghasilkan gas berlebih.

Ponsel dan tablet

Hampir sama dengan powerbank, baterai ponsel maupun tablet rentan rusak jika terkena temperatur tinggi. Selain itu masa pakai baterai juga bisa berkurang. Yang paling parah ponsel bisa meledak bila suhunya terlalu tinggi.

Kacamata

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana bisa kacamata menyebabkan kebakaran. Sebagian dari Anda pastinya pernah melakukan percobaan membuat api dengan memakai lup atau kaca pembesar dan sinar matahari.

Ternyata kacamata juga dapat memusatkan sinar matahari ke tempat kecil. Cahaya yang kuat bisa memunculkan api dengan mudah. Oleh karena itu tidak dianjurkan meninggalkan kacamata di dalam mobil yang berisiko terkena sinar matahari langsung. Risiko tersebut juga berlaku untuk kaca pembesar dan segala bentuk lensa.

Kaleng Minuman soda

Kaleng ini mempunyai tekanan tinggi dari gas di dalamnya. Bila ditambah panas, kaleng ini bisa meledak di bawah tekanan yang sangat besar.

Di samping itu kaleng minuman soda yang sudah dibuka tetap tidak disarankan ditinggal di dalam mobil. Sebab bisa mengundang serangga atau hewan lainnya.

Itulah kiat-kiat mencegah mobil terbakar yang bisa dicoba. Semoga kita lebih berhati-hati saat menggunakan mobil sehingga terhindar dari hal yang tidak diharapkan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply