Home Mobil 9 Mobil Indonesia yang Kurang Laku di Pasaran, Pernah Tahu?

9 Mobil Indonesia yang Kurang Laku di Pasaran, Pernah Tahu?

0 269

Mobil Indonesia, Meskipun penjualannya tidak sebesar sepeda motor, mobil tetap menjadi salah satu transportasi andalan masyarakat banyak. Memiliki mobil pribadi seakan sudah menjadi kebutuhan. Memang tidak dimungkiri kehadiran mobil memudahkan kegiatan pemilik.

Dengan kabin yang tergolong lapang sang pemilik bisa bepergian dengan keluarga atau membawa banyak barang. Di samping itu privasi menjadi lebih terjaga, lebih nyaman dan lebih fleksibel dibandingkan dengan mengandalkan transportasi massal.

Permintaan pasar yang cukup tinggi membuat mobil baru hadir di pasaran setiap tahunnya. Ditambah dengan respons masyarakat yang bagus, produsen mobil semakin gencar untuk menawarkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Akan tetapi tidak semua model yang hadir di pasaran diterima dengan baik. Ada beberapa model yang penjualannya tidak terlalu maksimal atau bahkan tidak laku. Penasaran apa saja mobil yang kurang laku di Indonesia? Berikut adalah ulasan selengkapnya, dilansir dari IDN Times.

Kia Morning

Mobil Indonesia pertama yang kurang laku adalah Kia Morning. Mobil asal Negeri Ginseng, Korea Selatan ini dirilis pada tahun 2014. Kehadirannya bertujuan mengisi pasar di bawah Kia Picanto dengan tawaran yang lebih murah.

Sayangnya peminat mobil Kia ini tidak sebanyak Picanto. Menurut informasi Morning yang dipasarkan Kia Mobil Indonesia (KMI) berhenti produksi di tahun 2015. Akan tetapi masih ada dealer yang menjual Kia Morning untuk menghabiskan stok. Harga mobil Kia ini mencapai Rp 100 jutaan.

Nissan Murano

Berikutnya ada model SUV Nissan Murano. Mobil ini dihadirkan untuk menyaingi eksistensi Toyota Harrier. Murano hadir dengan mengusung desain yang cukup menarik. Hanya saja hal itu tidak cukup untuk memikat konsumen di Tanah Air.

Pada akhirnya mobil yang diproduksi tahun 2013 ini tidak dijual lagi. Selain itu promosi yang tidak jelas juga menyebabkan Nissan Motor Indonesia (NMI) tidak berhasil memasarkan satu unit Murano pun di tahun 2014.

Mazda VX-1

Melihat tampilannya, Anda mungkin mengira mobil ini adalah Suzuki ertiga. Hal tersebut memang tidak salah. Akan tetapi mobil ini adalah Mazda VX-1 yang memang merupakan versi rebadged dari Ertiga.

Baca juga: 10 Motor Indonesia yang Kurang Laku

Sayangnya kiprah Mazda VX-1 tidak terlalu bagus. Penjualannya tidak menyentuh angka 1.000 unit sepanjang 2014 kemarin. Padahal promosi yang dilakukan cukup besar, termasuk dengan ikut pameran mobil di Tanah Air. Alhasil Mazda VX-1 berhenti produksi.

Infiniti

Mungkin Anda asing dengan merek mobil yang satu ini. Perlu diketahui, Infiniti merupakan divisi mobil premium Nissan. Sama seperti Toyota yang mempunyai Lexus. Dengan demikian pasarnya mengarah ke konsumen mapan yang menggemari mobil mewah.

Hanya saja kehadiran Infiniti di Indonesia tidak terlalu dikenal. Pilihan mobil Infiniti juga tidak terlalu besar. Disebutkan bahwa penjualannya tidak sampai 100 unit per tahun. Meski begitu NMI menegaskan tetap mempertahankan merek ini.

Alasannya Infiniti memiliki segmen yang berbeda dengan Nissan ataupun Datsun. Sehingga strateginya harus berbeda satu sama lain.

Peugeot 107

Mobil Eropa dikenal mempunyai kualitas yang bagus. Tak heran bila harganya lebih mahal saat dijual di Indonesia. Hanya saja kehadiran mobil Eropa di Indonesia masih kalah saing dari mobil Jepang. Hal ini juga menimpa Peugeot.

Saat meluncurkan Peugeot 106 di Tanah Air penjualannya tidak terlalu menggembirakan. Maka dari itu dirilis Peugeot 107 yang bertugas sebagai model penerus 106. Sayangnya lagi-lagi mobil Peugeot itu tidak mendapat respons positif.

Padahal di Eropa mobil ini dikenal sebagai mobil murah. Hanya saja hal itu yang justru jadi kekurangannya. Peugeot 107 tampil sederhana dengan desain yang dinilai kurang menarik.

Toyota NAV1

Toyota dikenal mempunyai banyak produk di Indonesia. Untuk pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) saja setidaknya ada tiga model yang ditawarkan, seperti Avanza, Kijang Innova dan Calya. Masih ada model lain selain ketiga mobil Toyota itu.

Akan tetapi Toyota NAV1 menjadi yang kurang menggembirakan dalam hal penjualan. Mobil MPV ini membukukan angka penjualan di bawah ekspektasi Toyota. Penjualannya tidak sampai 600 unit. Pada akhirnya Toyota memutuskan untuk menghentikan penjualan NAV1 dan menggantinya dengan Toyota Voxy yang rupanya cukup sukses di pasaran.

Nissan Evalia

Mobil Nissan ini hadir untuk menyambung kesuksesan Grand Livina di Indonesia. Nissan Grand Livina sendiri menorehkan penjualan yang cukup baik di segmen LMPV yang juga dihuni Toyota Avanza. Maka dari itu hadirlah Nissan Evalia yang diharapkan mampu berdampingan dengan Grand Livina.

Sayangnya masyarakat kurang tertarik untuk membeli mobil tersebut. Bahkan dikatakan Nissan Evalia lebi cocok untuk dipakai mobil barang. Alasannya mobil ini mempunyai ruang yang terlalu besar tanpa adanya fungsi untuk keluarga.

Chevrolet Spin

Merek mobil Jepang masih mendominasi pasaran. Membuat merek non-Jepang cukup kesulitan untuk memasarkan produknya, termasuk Chevrolet. Jika melihat ke belakang General Motors Indonesia pernah meluncurkan Chevrolet Spin.

Mobil ini bersaing di segmen yang sama dengan Toyota Avanza. Sayangnya penjualan mobil keluarga asal Amerika Serikat ini tidak terlalu bagus. Meskipun sempat cukup sering dijumpai di jalanan, penjualan Chevrolet Spin rupanya tidak memenuhi ekspektasi perusahaan. Alhasil mobil ini berhenti dipasarkan.

Suzuki Celerio

Mobil Suzuki ini hadir untuk meramaikan segmen city car. Sebenarnya Celerio mempunyai desain yang cukup sporty dan stylish. Fitur-fitur yang ditawarkan juga cukup menarik. Hanya saja kehadiran mobil LCGC yang dijual lebih murah mungkin menjadi alasan Celerio kurang laris di pasaran.

Itulah beberapa mobil Indonesia yang kurang laku di pasaran. Adakah mobil di atas yang belum pernah Anda temui?

Source: harga mobil innova 2013, merek mobil yang tidak ada di indonesia, mobil yang kurang laku, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply