Home Auto News Detail Singkat Nissan LEAF 2018, Mobil Ramah Lingkungan dari Jepang

Detail Singkat Nissan LEAF 2018, Mobil Ramah Lingkungan dari Jepang

0 229

Nissan LEAF, Masyarakat mulai melirik kendaraan listrik. Hal ini direspon masing-masing merek otomotif dengan menghadirkan kendaraan listrik. Untuk pasar mobil, salah satu merek asal Jepang, Nissan memiliki LEAF. Kabar baiknya baru-baru ini Nissan LEAF generasi kedua resmi dirilis.

Mobil baru Nissan ini akan dipasarkan di negara asalnya untuk pertama kali pada Oktober 2017. Konsumen yang berminat bisa menebus harga Nissan LEAF yang mencapai 3.150.360 yen atau Rp 386 juta.

Sedangkan pada Januari tahun depan mobil Nissan ini akan dikirim ke Amerika Serikat, Kanada dan Eropa. Tidak berhenti sampai di situ, agen pemegang merek Nissan di Malaysia juga menyatakan siap meluncurkan mobil listrik ini pada tahun 2018.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Untuk saat ini jangan berharap terlalu besar. Jika regulasi mobil listrik di Indonesia sudah selesai, tidak menutup kemungkinan Nissan Motor Indonesia (NMI) juga ikut menjualnya. Sembari menanti kabar baik dari pemerintah, mari kita lihat detail singkat seputar mobil ini.

New Nissan LEAF mengandalkan motor listrik EM57. E-Powertrain ini diklaim bisa mengeluarkan tenaga hingga 110 kW atau 150 PS pada putaran 3.283-9.795 rpm. Sementara torsi maksimumnya bisa mencapai 320 Nm pada 0-3.283 rpm. Demikian menurut siaran resmi Nissan.

Untuk baterainya memakai Li-ion berkapasitas 40 KWH. Baterai ini bisa membuat Nissan LEAF 2017 melesat hingga mencapai 400 km dalam satu kali isi daya. Sayangnya waktu untuk mengisi ulang daya baterai cukup.

Butuh waktu 16 jam (3 kW) untuk mengecas baterai tersebut secara normal. Untungnya juga ada fitur quick charging yang membuat waktu pengisian hingga 80 persen menjadi relatif singkat, yakni 40 menit.

Eksterior dan Interior

Mobil ini mempunyai bodi yang ramping yang memberikan kesan tajam dan dinamis. Di samping itu Nissan juga menyematkan desain khas dari produknya. Hal ini tampak melalui bentuk lampu boomerang dan sentuhan desain V-motion di bagian depan.

Selain itu terdapat ornamen biru di bagian kisi-kisi grille depan dan bumper belakang. Hal ini membuat identitas LEAF sebagai mobil listrik semakin jelas.

Interior Nissan LEAF juga turut dirombak. Desain panel depan dibuat bergaya gliding wing. Konsep ini memadukan pemakaian ruang yang sangat efisien sesuai fungsi. Selain itu juga terdapat sentuhan aksen biru di beberapa bagian, seperti kursi, dasbor dan setir.

Nissan menyematkan head unit layar 7 inci. Peranti ini mempunyai sederet fitur. Mulai dari pengukur daya, teknologi Safety Shield, sistem navigasi, dan audio. Selain itu juga ada fitur Apple CarPlay yang menjadi pelengkap hiburannya.

Teknologi

Dalam rangka menyambut era mobil otonomos, rupanya Nissan juga membenamkan teknologi canggihnya pada LEAF terbaru. Teknologi tersebut adalah ProPILOT yang bekerja pada jalur bebas hambatan.

Baca juga: Honda CR-V vs Nissan X-Trail 2017

Di samping itu juga terdapat ProPILOT Park. Fitur ini bertugas mengendalikan kemudi, akselerasi, pengereman, perubahan shift dan rem parkir untuk membimbing mobil ke area  parkir. Karea semua bekerja secara otomatis, pengemudi tentu merasa lebih aman, nyaman dan mudah saat ingin parkir kendaraan, termasuk di area parkir paralel.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah e-Pedal. Fitur ini membuat semua aktivitas pengemudi, mulai dari berkendara, menambah atau mengurangi kecepatan serta berhenti hanya dengan menaikkan atau menurunkan tekanan kaki pada pedal saja.

CEO Nissan Motor Co. Hiroto Saikawa mengatakan kehadiran LEAF generasi terbaru dilatarbelakangi mulai populernya mobil listrik di pasar otomotif. Disebutkan bahwa selama beberapa tahun ke depan LEAF akan menjadi produk inti dari Nissan. Tidak hanya itu, Saikawa optimis Nissan LEAF bisa lebih populer dibanding model sebelumnya.

“Bukan hal yang mustahil untuk kami bisa mencapai penjualan tiga kali lipat, ini yang kami lihat sekarang,” jelasnya, dikutip dari DetikOto.

“Generasi pertama LEAF punya peran sebagai pionir mobil listrik. Generasi kedua ini bagi kami punya fungsi untuk berada di tengah-tengah bisnis, jadi seperti yang sudah saya jelaskan menjadi salah satu produk inti dari Nissan,” tambahnya. Di Jepang, Nissan memasang target bisa memasarkan LEAF hingga 36 ribu unit per tahun.

Sementara itu Yutaka Sanada, Regional Senior Vice President, Head of Asia and Oceania, Nissan Motor mengatakan bahwa Nissan LEAF belum bisa hadir di Indonesia dalam waktu dekat. Perlu ada ‘jembatan’ sebelum masyarakat terbiasa dengan mobil listrik. Maka dari itu Nissan berencana untuk menghadirkan mobil hybrid terlebih dulu.

“Jadi e-Power itu persiapan sebelum mobil listrik sepenuhnya. Kami ingin mengenalkan dulu e-Power di seluruh wilayah kami seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia,” kata Sanada.

Spesifikasi Nissan LEAF

Exterior
Overall length (mm)4,480
Overall width (mm)1,790
Overall height (mm)1,540
Wheelbase (mm)2,700
Track width front/rear (mm)1,530-1,540/1,545-1,555
Minimum ground clearance (mm)150
Coefficient of drag (Cd)0.28
Tires205/55R16 atau 215/50R17
Cargo area (VDA)435 L
Weight/capacity
Curb weight (kg)1,490-1,520
Capacity5 orang
Gross vehicle weight (kg)1,765-1,795
Battery
TypeLi-ion battery
Capacity40 kWh
Electric motor
NameEM57
Maximum output110 kW (150 ps)/3283~9795 rpm
Maximum torque320 N?m (32.6 kgf?m)/0~3283 rpm
Performance
Cruising range400 km (JC08)
Charging time (normal charging)16 jam (3 kW)
8 jam (6 kW)
Charging time from alert to 80% (quick charging)40 menit

Tawaran Nissan LEAF cukup menarik, terlebih dengan rentang harga Rp 400 jutaan. Jika masuk di Indonesia nanti, kira-kira berapa harga mobil Nissan ini? Kita tunggu saja kehadirannya nanti di Tanah Air.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply