Home Honda Pilihan Motor Bebek Honda dan Yamaha 2017

Pilihan Motor Bebek Honda dan Yamaha 2017

Motor Bebek, Di Indonesia setidaknya ada tiga jenis motor yang digandrungi oleh masyarakat. Antara lain motor matic, motor bebek dan motor sport. Ketiganya mempunyai peminat masing-masing. Akan tetapi secara keseluruhan motor matic alias skuter matik masih menjadi yang terlaris.

Kondisi ini berbeda saat kita melihat beberapa tahun yang lalu. Sebelum motor matic hadir, masyarakat Tanah Air menggemari motor bebek. Ada banyak model yang ditawarkan saat itu.

Meski era kejayaan motor bebek berakhir, bukan berarti motor ini lenyap dari pasar. Beberapa pabrikan masih menawarkan motor ini. Bahkan penjualannya juga masih cukup baik.

Ada dua merek yang mendominasi pasar motor bebek, yakni Honda dan Yamaha. Keduanya menawarkan beberapa pilihan dengan kapasitas mesin yang berbeda. Pada kesempatan ini mari kita bahas seputar motor bebek Honda dan Yamaha. Berikut detail selengkapnya, yang dikutip dari Oto.

Honda Blade 125

Motor Honda pertama di segmen bebek adalah Blade 125. Motor ini mengusung mesin yang sama dengan Supra X125. Akan tetapi desainnya tentu saja berbeda.

Jantung pacu 1 silinder berkapasitas 124,89 cc itu dapat mengeluarkan tenaga maksimum 10,1 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 9,3 Nm pada 4.000 rpm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual 4-percepatan.

Honda Blade 125 mengusung tampilan yang lebih sporty. Model ini dihiasi dengan sentuhan grafis aura balap di bagian bodi. Selain itu juga ada varian Repsol Edition jika konsumen ingin mendapat motor bebek dengan aura balap yang lebih kental.

Sesuai namanya, Blade 125 Repsol Edition dilabur dengan warna serupa dengan Honda RC213V tunggangan Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Harga Honda Blade 125 mulai Rp 16,175 juta.

Honda Revo

Motor ini mengusung tampilan yang sederhana namun menarik. Cocok untuk penggunaan sehari-hari. Mesinnya berkapasitas 110 cc yang mempunyai keunggulan tersendiri. Konsumsi bahan bakarnya diklaim 62,2 km/liter yang tergolong irit.

Baca juga: Suzuki Smash vs Honda Revo FI

Keunggulan lain dari Honda Revo adalah harga jualnya. Motor Honda ini dilepas dengan harga Rp 13,625 juta on the road Jakarta untuk varian Revo Fit. Dengan banderol harga tersebut jangan berharap banyak pada fitur yang tersemat di motor ini.

Honda Supra

Motor Honda yang satu ini bisa dikatakan salah satu produk Honda yang sudah cukup lama beredar di pasaran. Usianya sudah memasuki lebih dari 20 tahun. Sejak awal hadir hingga saat ini Honda Supra telah mengalami serangkaian revolusi yang membuatnya tetap diterima dengan hangat di tengah masyarakat.

Untuk saat ini ada dua varian yang bisa dipilih, yakni Honda Supra X125 dan Supra GTR 150. Kedua varian ini mengusung nama serupa, namun banyak perbedaannya. Terlihat dari desain, fitur dan juga kapasitas mesin.

Honda Supra X125 menjadi varian bawah dari keluarga Supra. Motor ini mengandalkan mesin yang mempunyai kapasitas 124,89 cc. Sama seperti Blade 125, tenaganya bisa mencapai 10,1 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 9,3 Nm pada 4.000 rpm yang dipadukan transmisi 4-percepatan manual.

Motor ini dijual dengan harga Rp 16,825 juta OTR Jakarta. Di samping itu juga terdapat pilihan Honda Supra X125 helm in yang unggul dalam hal bagasi yang lega dan tangki bahan bakar yang mencapai 5,6 liter. Harganya Rp 18,125 juta OTR Jakarta.

Sedangkan Honda Supra GTR 150 hadir sebagai penantang MX King. Motor ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang mengandalkan motor bebek untuk melakukan perjalanan jauh.

Di sektor performa motor Honda ini mengandalkan mesin berkapasitas 149,16 cc. Tenaga maksimum mesin ini mencapai 16,3 PS pada 9.000 rpm dengan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Mesin ini ditemani transmisi 6-percepatan manual.

Tampilannya terlihat gagah dan menarik. Hadirnya lampu LED untuk sistem pencahayaan membuatnya semakin menarik. Harga Honda Supra GTR 150 ini mulai Rp 21,55 juta OTR Jakarta.

Yamaha Jupiter MX

Di Indonesia ada dua varian Jupiter yang dijual oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Yakni Jupiter MX 150 dan MX King 150. Perbedaan kedua varian ini terdapat pada tawaran fitur dan tampilannya.

Lalu untuk dapur pacu sama-sama 150 cc. Mesin ini dapat mengeluarkan daya hingga 15,36 PS pada putaran mesin 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Yamaha Jupiter MX King 150 mengusung fitur lampu daytime running light (DRL) LED. Yamaha memberikan sentuhan aksen karbon di panel instrumen yang membuatnya terlihat sporty. Harga Yamaha Jupiter MX King 150 ini mencapai Rp 21 juta OTR Jakarta.

Baca juga: Rekomendasi Motor Bebek Bekas Murah

Sedangkan Harga Yamaha MX 150 mencapai Rp 18,9 juta OTR Jakarta. Selain itu juga ada varian yang dibalut dengan livery Movistar seperti tunggangan Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Alhasil aura balap semakin kental pada motor ini. Sementara harganya mencapai Rp 21,6 juta.

Yamaha Jupiter Z1

Selain Jupiter MX, Yamaha juga memasarkan Jupiter Z1. Mesin yang dibenamkan paling kecil dibanding Jupiter lain, yakni 113,7 cc. Tenaganya mencapai 10,06 PS pada 7.750 rpm dengan torsi maksimum 9,9 Nm pada 6.500 rpm. Sedangkan transmisinya memakai empat percepatan manual.

Motor Yamaha ini mempunyai dimensi yang besar dan bobot yang mencapai 102 kg. Sedangkan ground clearance mencapai 135 mm. Yamaha Jupiter Z1 bisa dipakai untuk berkendara di jalanan perkotaan. Harga motor Yamaha ini mencapai Rp 16,9 juta OTR Jakarta.

Yamaha Vega Force

Di Indonesia Vega sudah cukup familiar. Pertama kali hadir tahun 1999, kala itu Yamaha Vega mengandalkan mesin 105 cc dan masih memakai sistem karburator. Sementara di tahun 2006 Vega R mengusung mesin 110 cc dengan standar Euro 2.

Tidak berhenti sampai dis itu, di tahun 2010 Yamaha Vega ZR hadir dengan mengandalkan dapur pacu 115 cc. Sementara generasi terbaru yang dijual saat ini pertama kali dirilis di tahun 2015.

Yamaha Vega Force mengandalkan mesin 114 cc yang sudah memakai sistem penyemprotan bahan bakar injeksi. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 8,71 PS pada 7.000 rpm dengan torsi 9,53 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

Motor Yamaha ini sudah memenuhi standar Euro 3 sehingga lebih ramah lingkungan. Lalu untuk transmisinya memakai 4-percepatan manual.

Sayangnya motor ini tidak mempunyai banyak fitur. Akan tetapi wajar mengingat Vega Force diposisikan sebagai motor bebek entry level. Di pasaran, harga Yamaha Vega Force Rp 15,35 juta OTR Jakarta.

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan. Seperti bagasi bawah jok yang mempunyai kapasitas 9,2 liter. Dengan bagasi ini pengendara bisa meletakkan peralatan berkendara dan barang bawaan kecil lainnya. Selain itu untuk lubang kunci sudah dilengkapi pengaman dan tombol penutup supaya lebih aman ketika ditinggal.

Itulah pilihan motor bebek yang masih dipasarkan di Indonesia. Walaupun popularitasnya tergeser oleh skutik, keberadaan motor bebek masih mendapat tempat di hati masyarakat. Selain itu motor bebek mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki motor matic sehingga masih diterima dengan baik oleh konsumen.

Harga motor bebek yang juga cukup terjangkau membuatnya masih layak untuk dibeli untuk konsumen yang menginginkan motor alternatif selain motor matic. Masih berminat untuk membeli motor bebek?

Source: modifikasi lampu supra x 125 sederhana, harga pasaran jupiter mx king 150, harga motor mx king thn 2017, harga motor yamaha mx king, harga revo, jupiter mx king terbaru tahun 2017, transmisi motor yamaha bebek yg sama dgn motor honda bebek, yamaha jupiter mx king 2017, yamaha vega force euro 3, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply