Home Motor Motor Matic Permasalahan Khas Yamaha Mio Semua Tipe

Permasalahan Khas Yamaha Mio Semua Tipe

0 598

Yamaha Mio, Yamaha mempunyai banyak jajaran motor matic di pasaran. Salah satunya adalah Yamaha Mio. Motor ini menjadi salah satu motor terlaris di Indonesia. Ada beberapa alasan yang membuat motor ini dibeli masyarakat. Salah satu kuncinya adalah minim permasalahan.

Walaupun begitu bukan berarti motor Yamaha ini benar-benar terbebas dari permasalahan. Tetap ada permasalahan kecil yang menimpa Yamaha Mio. Alasannya biasanya dikarenakan usia pakai.

Pada pembahasan kali ini akan dikupas apa saja permasalahan yang sering menimpa jajaran Yamaha Mio. Silakan simak selengkapnya, yang kami himpun dari Otomotifnet.

Yamaha Mio Sporty

Untuk motor matic ini, permasalahan yang sering muncul adalah karet kampas ganda peyang. Muncul gejala seperti gredek saat motor dipakai.

Gandhi Santana, pemilik bengkel di Tangerang Selatan mengatakan hal ini dikarenakan gaya berkendara pengguna. Jika gaya berkendara kasar komponen tersebut akan cepat rusak.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti 3 buah karet bantalan  kampas kopling CVT tersebut. letaknya berada di puli belakang. Harga komponen tersebut terjangkau, yakni hanya Rp 25 ribu. Harga tersebut sudah termasuk jasa pemasangan.

Gandhi menambahkan, permasalahan berikutnya juga masih di sekitar area CVT. Muncul bunyi cit-cit seperti tikus. Hal ini dikarenakan mangkok kopling yang terbuka sehingga tidak rata.

Cara mengatasinya bisa dilas ulang. Akan tetapi akan lebih baik jika menggantinya dengan yang baru. Part ini bernama clutch housing comp. Harga part orisinilnya mencapai Rp 178 ribu.

Yamaha Mio J

Permasalahan pada motor Yamaha ini muncul seiring usia pemakaian yang lama. Saat kondisi idle mesin terkadang mati sendiri. Rupanya masalah ini dikarenakan Idle Speed Control (ISC) di throttle body kotor. Untuk mengatasinya cukup dengan membersihkannya saja.

“Satu lagi herannya kampas rem depan Mio J ini cepat sekali habis, beda dengan Mio Sporty yang cenderung lebih awet,” kata Gandhi.

Akan tetapi harga kampas rem asli terjangkau. Pemilik hanya perlu mengeluarkan Rp 55 ribu saja.

Yamaha Mio M3 dan Mio Z

Untuk dua varian motor ini, sejauh ini belum ada masalah khas. Dengan begitu para pemilik tidak perlu khawatir.

Baca juga: Yamaha Mio M3 125 vs X-Ride 2017

Source: cara mengatasi cvt mio kasar, cara mengatasi mangkokan mio udah ngak rata, harga puli belakang mio, persamaan kampas ganda mio m3, persamaan kopling ganda mio m3, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply