Home Auto News Van der Mark Resmi Gantikan Valentino Rossi di Aragon

Van der Mark Resmi Gantikan Valentino Rossi di Aragon

0 170

Valentino Rossi, Sebelumnya pihak Movistar Yamaha menyatakan akan mencari pengganti Valentino Rossi yang sedang mengalami cedera. Beberapa nama telah disebutkan dan menjadi kandidat pengganti salah satu pembalap andalan Yamaha. Akan tetapi pada akhirnya diputuskan Michael Van der Mark yang menggantikan peran Rossi.

Nantinya Van der Mark akan terjun di MotoGP 2017 Aragon dan duet bersama Maverick Vinales. Sebenarnya nama Van der Mark belum terlalu terkenal di balap MotoGP. Pembalap yang lahir 26 Oktober 1992 silam itu saat ini merupakan pembalap di ajang Superbike World Championship. Van der Mark saat ini memperkuat tim Pata Yamaha Official WorldSBK Team.

Hinga sembilan balapan yang sudah berlangsung musim ini, Van der Mark berada di peringkat tujuh di daftar klasemen. Di samping itu ia juga belum meraih kemenangan. Prestasi terbaik yang pernah ia raih adalah finish di posisi keempat.

Pembalap berusia 24 tahun itu mulai terjun di dunia balap di seri Grand Prix. Ia pernah tampil selama tiga musim di kelas 125cc, tepatnya mulai tahun 2008 sampai 2010. Lalu Van der Mark naik ke kelas Moto2 pada 2011.

Karier balapnya dilanjutkan ke Supersport World Championship pada tahun 2012 sampai 2014. Lalu di tahun 2015 ia terjun di ajang Superbike bersama Honda.

Dilansir dari Crash melalui DetikOto, Van der Mark mengaku sangat antusias karena mendapat kesempatan untuk menunggangi Yamaha YZR-M1 di GP Aragon. “Saya belum pernah mengendarai motor MotoGP sebelumnya, jadi ini akan menjadi pengalaman yang benar-benar baru untuk saya,” ungkapnya.

“Saya penasaran menantikan bagaimana rasanya mengendarai mesin itu. Saya sadar itu tidak akan mudah untuk langsung turun di sesi latihan tanpa tes terlebih dahulu,” tambahnya.

Meski begitu ia mengucapkan terima kasih kepada Yamaha atas kesempatan yang ia dapatkan. Van der Mark optimis pengalamannya terjun di MotoGP akan menjadi pembelajaran yang hebat.

Saat mengetahui kabar Rossi mengalami cedera, Van der Mark mengetahui bahwa pembalap asal Italia itu butuh diganti untuk beberapa lomba selanjutnya. Maka dari itu manajernya berbicara dengan Lin Jarvis untuk melihat situasinya yang pada akhirnya Van der Mark terpilih menggantikan Rossi.

Baca juga: Cerita Valentino Rossi Soal Patah Kaki

“Tidak ada yang bisa menggantikan Valentino dan bukan itu yang Anda inginkan. Dia adalah salah satu pembalap terbaik di dunia dan sayang dia tidak berada pada perlombaan nanti,” jelasnya, dikutip dari Okezone.

Sementara itu, Lin Jarvis, direktur pelaksana Yamaha Motor Racing mempunyai alasan mengapa pada akhirnya memilih Van der Mark. “Setelah sebelumnya menggunakan Katsuyuki Nakasuga untuk mengisi tempat Jorge Lorenzo pada tahun 2011 dan Alex Lowes menggantikan Bradley Smith pada tahun 2016, kami memutuskan bahwa Michael van der Mark harus memiliki kesempatan kali ini,” paparnya, mengutip dari Otomotifnet.

Ia mengungkapkan bukan perkara mudah untuk menggantikan pembalap lain. Bahkan lebih sulit untuk mencari pengganti Valentino Rossi. “Tapi kami yakin Michael memiliki semua kredensial dan pengalaman untuk melakukan pekerjaan dengan baik,” terangnya.

Tentu ada alasan lain mengapa Yamaha mencari pengganti Rossi. Pabrikan asal Jepang ini perlu mencari pengganti karena berpengaruh terhadap klasemen kejuaraan tim.

Pada GP San Marino tim Movistar Yamaha hanya diperkuat oleh Vinales. Pembalap muda ini finish keempat. Sementara itu dua Repsol Honda berhasil finish di posisi pertama dan ke-14. Hal ini membuat Movistar Yamaha tertinggal 9 poin dari Repsol Honda.

Kita lihat bagaimana debut Van der Mark yang menggantikan Valentino Rossi nanti.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply