Home Auto News Bayar Pajak Kendaraan Lewat e-Samsat, Ini Prosedurnya

Bayar Pajak Kendaraan Lewat e-Samsat, Ini Prosedurnya

0 96

e-Samsat, Pemerintah tengah berupaya untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus kewajibannya. Salah satunya adalah dengan menghadirkan fasilitas e-Samsat. Kabar baiknya para pemilik kendaraan sudah bisa menikmati fasilitas tersebut mulai bulan depan.

Dengan layanan ini, pemilik motor ataupun mobil yang ingin melakukan pembayaran pajak bisa melakukannya melalui e-banking atau ATM yang ditentukan.

“Launching-nya bulan depan, tapi tanggalnya belum dipastikan, karena nanti Kakorlantas yang bakal mengadendakan. Sepertinya menunggu kesiapan bank yang terpilih, karena Polri, Dispenda, dan Jasa Raharja sudah siap,” kata Kompol Bayu Pratama, Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, sebagaimana dikutip dari Liputan6.

Bayu menambahkan, untuk saat ini layanan e-Samsat baru bisa digunakan oleh para pemilik kendaraan yang dokumennya diterbitkan di Samsat wilayah Jawa dan Bali. Dikatakan bahwa tujuh provinsi tersebut menjadi pilot project. Sedangkan ke depannya akan dilakukan bertahap secara nasional. Lalu bagaimana prosedur pembayaran pajak kendaraan melalui e-Samsat?

Tata caranya dimulai dengan proses regidentifikasi. Maksudnya adalah proses penyesuaian antara data nasabah bank yang bersangkutan dengan data pemilik kendaraan. “Jadi, tidak bisa nomor rekening satu untuk membayar pajak kendaraan orang lain,” ungkapnya.

Saat proses registrasi dan identifikasi selesai, pemilik kendaraan harus memasukkan masa jatuh tempo kendaraan atau nomor rangka. Hanya saja untuk proses tersebut masih disusun terkait bagaimana mekanismenya.

Setelah proses tersebut, akan keluar kode bayar. Jumlahnya sesuai dengan jumlah pembayaran pajak, nomor polisi, nama pemilik kendaraan dan alamat wajib pajak. Kemudian pemilik kendaraan dapat melakukan pembayaran lewat e-banking atau ATM.

“Sudah bayar, pemilik kendaraan bakal mendapatkan bukti pembayaran, dan dibawa ke Samsat mana saja untuk mendapatkan SKPD atau surat ketetapan pajak daerah, dan pengesahan STNK,” kata Kompol Bayu.

Untuk proses e-Samsat, ada 14 bank yang siap melayani e-Samsat. Setiap provinsi satu Bank Pembangunan Daerah (BPD). Di samping BPD, juga ada bank lain seperti Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, dan Bank Permata.

Source: Apakah bayar pajak motor bisa d gantikan dg org lain, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply