Motor 4 Silinder 250cc, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Loading...

Motor 4 Silinder, Inovasi dalam dunia otomotif, tak terkecuali di pasar roda dua tidak pernah usai. Masing-masing pabrikan selalu berupaya untuk menghadirkan terobosan yang membuatnya lebih dikenal masyarakat dan bisa menawarkan motor baru yang benar-benar berkualitas.

Loading...

Seperti halnya Kawasaki yang dikabarkan tengah berencana menghadirkan motor bermesin 250 cc dengan konfigurasi empat silinder. Jika benar-benar hadir, motor Kawasaki itu bisa menjadi bekal untuk menggoda para pecinta roda dua.

Seperti yang diketahui, di pasar motor 250 cc umumnya lebih didominasi dengan silinder tunggal atau silinder ganda. Meski begitu bukan berarti mesin 250 cc empat silinder tidak mempunyai kelebihan.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa mesin empat silinder lebih identik dengan motor gede alias moge. Dengan tampilan yang kekar dan gagah, maka tepat bila pabrikan juga menyematkan mesin berkapasitas besar dengan jumlah silinder yang banyak.

Jika melihat ke belakang, motor 4 silinder 250 cc sebenarnya bukanlah sesuatu yang asing. Sekitar tahun 1980 hingga 1990-an ada beberapa motor sport 250 cc yang mempunyai empat silinder. Beberapa di antaranya adalah Honda CBR250RR, Kawasaki ZXR250 dan Yamaha FZR250.

Berbekal empat piston, bore menjadi lebih kecil dan stroke lebih pendek dibandingkan dengan mesin satu silinder maupun dua silinder. Lantaran stroke yang lebih pendek, mesin bisa bergerak lebih ringan dari mesin yang mempunyai stroke panjang. Begitu pula dengan kecepatan crankshaft yang dapat berputar dengan cepat dan putaran mesin yang bisa lebih tinggi.

Karena putaran mesin yang lebih tinggi, maka output daya juga berpengaruh. Tenaga mesin menjadi lebih besar karena orsi puncak bisa bergerak ke rpm tinggi.

Baca juga: 4 Motor Sport 250cc Bermesin 2 Silinder

Mesin 250 cc 4 silinder mempunyai putaran yang lebih tinggi. Itulah yang membuatnya bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar dari mesin 250 cc dua silinder atau satu silinder dalam keadaan standar pabrik untuk jalan raya.

Kelebihan motor 4 silinder lainnya terdapat pada suaranya. Suara mesin dengan jumlah silinder banyak dinilai lebih merdu. Hanya saja tidak selalu demikian. Sebab ada pula mesin satu silinder ataupun dua silinder yang juga dapat mengeluarkan suara yang merdu.

Dalam hal performa motor 4 silinder memang lebih unggul. Akan tetapi juga ada konsekuensinya. Mesin yang mempunyai banyak silinder secara otomatis akan mempunyai komponen yang lebih baik. Entah itu piston connecting-rod, klep intake, valve bucket, valves springs, karburator atau throttle body, pipa header, dan lain sebagainya.

Di samping itu dimensi juga menjadi lebih lebar. Pasalnya ukuran camshaft dan crankshaft lebih panjang. Begitu juga dengan cylinder head, cylinder block, upper & lower crankcase, cylinder head cover.

Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap bobot mesin. Otomatis bobotnya akan bertambah berat karena ukuran dan jumlah komponen. Maka dari itu motor 4 silinder akan lebih berat dan bongsor dari motor 250 cc dua silinder.

Selain itu jumlah piston, connecting-rod, klep dan per klep yang lebih banyak juga memberikan beban friksi yang lebih besar. Hal ini akan mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar. Dengan kata lain mesin empat silinder tidak lebih irit dari mesin dua silinder dan satu silinder.

Masing-masing motor pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan sektor mesin. Masing-masing jenis pasti punya keunggulan. Tinggal kembali ke tangan Anda, mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Apakah motor 4 silinder atau motor bermesin dua silinder ke bawah. Yang pasti masing-masing punya banderol harga yang berbeda.

Loading...