Home Auto News Detail dan Gambar Suzuki Swift Sport 2018

Detail dan Gambar Suzuki Swift Sport 2018

0 283

Suzuki Swift Sport, Para pecinta mobil akhirnya bisa melihat wujud nyata Suzuki Swift Sport. Mobil baru ini resmi mengaspal di Frankfurt Motor Show 2017. Dibandingkan dengan versi standar, Swift Sport mempunyai dimensi yang lebih lebar, ceper dan mengusung desain yang lebih agresif.

Masai Kobori, Swift Sport Chief Engineer mengatakan bahwa versi kencang dari Suzuki Swift terbaru ini dirancang lebih ringan. Selain itu Suzuki juga membuatnya lebih kenang dan lebih merangsang dari segala aspek.

Kehadiran Suzuki Swift Sport 2018 bisa menjadi ancaman bagi rival hot hatch. Mobil Suzuki ini diklaim telah mendapat sentuhan peningkatan di berbagai sektor supaya lebih bertaji dalam menghadapi kompetitor.

Yang menjadi perhatian tentu saja soal performanya. Suzuki Swift Sport ini dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki rasio torque-to-weight atau perbandingan antara torsi dan bobot yang pas. Itu artinya mobil ini harus bisa mengeluarkan torsi besar dengan bobot mobil yang ringan.

Di sektor performa mobil baru ini mengandalkan mesin BOOSTERJET yang mempunyai kapasitas sebesar 1.4 liter. Tenaga yang dihembuskan diklaim mencapai 140 PS dengan torsi 230 Nm. Melihat tenaganya, mesin Swift Sport tampak tidak istimewa.

Akan tetapi Suzuki mengakalinya dengan memangkas bobot Swift Sport. dengan begitu rasio torsi bisa menjadi maksimal. Menurut informasi bobot Suzuki Swift Sport terbaru ini mencapai 970 km.

Itu artinya bobot hatchback ini lebih ringan 80 kg dibandingkan dengan generasi pendahulunya yang mencapai 1.000 kg lebih. Hal ini membuat rasio torque-to-weight mencapai 4,2 kg/Nm. Bisa menjadi bekal untuk melawan hot hatch lainnya.

Mesin itu dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan. Sementara sistem penggerak roda mengandalkan penggerak roda depan. Transmisi Swift Sport ini masih sama dengan model lama. Akan tetapi Suzuki melakukan tuning ulang supaya perpindahan bisa lebih cepat dari rasio gear yang sudah tergolong rapat.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Suzuki Swift 2017

Rahasia bobot ringan dari mobil Suzuki ini adalah dipakainya platform baru HEARTECT. Platform ini juga dipakai pada Suzuki Ignis dan Baleno yang dipasarkan di Indonesia. Struktur rangka bodi ini lebih menyatu dan tidak lagi banyak terpisah-pisah.

Tujuanya adalah untuk menambah rigiditas dan mengurangi material besi yang hanya menambah berat. Semakin ringan dan rigid, maka pengendalian bisa menjadi lebih baik lagi.

Menariknya sasis ringan itu dipadukan dengan pengendalian yang lebih baik dari sebelumnya. Supaya pengendalian yang lincah dan presisi terwujud, Suzuki memasangkan shock absorber merek Monroe untuk suspensi depan dan belakang. Merek yang satu ini sudah dikenal mempunyai reputasi baik di level performa tinggi.

Ubahan lainnya adalah menghitung ulang sudut-sudut chamber supaya lebih stabil di tikungan dan meminimalisir understeer yang biasa terjadi pada mobil FWD atau penggerak roda depan. Dimensi mobil juga berbeda. Wheelbase menjadi lebih panjang hingga 2 cm. Termasuk tapak ban yang lebih lebar 40.

Sementara lebar keseluruhan juga bertambah 40 mm. lalu untuk kuda-kuda dibuat lebih ceper 1,5 cm.

Tampilan mobil ini juga tak kalah memikat. Pilar A dilabur dengan warna hitam, berikut aksen serat karbon dan body kit lengkap. Di sektor kaki-kaki terdapat pelek 17 inci yang mengisi wheel arch dan membuatnya lebih menarik.

Selain itu tidak ada perbedaan signifikan dengan Suzuki Swift standar. Varian sport ini juga dilengkapi dengan sistem audio layar sentuh berukuran 7 inci dengan konektivitas Apple Carplay dan Android Auto.

Sementara untuk sektor keselamatan didukung dengan fitur terkini. Seperti forward collision warning, emergency braking, lane-departure warning, adaptive cruise control, automatic high beam dan lainnya.

”Mobil ini lebih kencang, lebih tajam dan lebih ringan,” jelas Masao Kobori, mengutip dari Autonetmagz.

“Swift Sport baru kini lebih agresif dan emosional, tapi kami juga memperbaiki elemen yang membuatnya praktis untuk dipakai harian – Feeling injakan koplingnya, lemparan persneling manualnya, jok dan setirnya. Semuanya yang menempatkan driver di jantung hati pengalaman berkendaranya,” lanjutnya.

Kehadiran Suzuki Swift Sport 2018 akan membuat persaingan hot hatch semakin menarik. Terlebih serangkaian revisi yang membuatnya lebih memikat dibandingkan model pendahulunya. Apakah nantinya Suzuki Indomobil Sales (SIS) berminat untuk ikut menjualnya di Indonesia?

Jika memang iya, mungkin sebelum Suzuki Swift Sport terbaru ini hadir SIS akan menawarkan Swift standar terlebih dahulu. Kita tunggu kabar baik dari SIS nantinya.

Galeri Suzuki Swift Sport 2018

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply