Home Honda Daftar Motor Honda BeAT yang Hadir di Indonesia

Daftar Motor Honda BeAT yang Hadir di Indonesia

0 988

Motor Honda BeAT, Sepeda motor merupakan alat transportasi andalan mayoritas masyarakat Indonesia. Tidak mengherankan bila ada banyak sekali model yang bisa dibeli di pasaran. Dari beberapa merek yang menghadirkan motor andalannya, Honda menjadi yang paling berkuasa untuk saat ini.

Jajaran motor yang dilepas ke pasaran bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Dari beberapa jenis, motor matic menjadi yang paling diminati oleh masyarakat. Ada beberapa skuter matik yang dimiliki PT Astra Honda Motor (AHM), antara lain Honda BeAT, Vario, Scoopy, Spacy, PCX hingga SH150i.

Dari sederet model itu, Honda BeAT menjadi motor terlaris di Indonesia. Pertama kali dirilis hingga saat ini, populasi motor Honda ini sudah mencapai 10 juta. Kesuksesan Honda BeAT di Tanah Air juga tidak terlepas dari ubahan-ubahan yang dilakukan Honda secara berkala.

Setidaknya motor matic Honda ini sudah 3 kali ganti mesin dan beberapa kali ganti bodi. Tidak hanya itu, saat ini Honda BeAT juga mempunyai beberapa varian. Seperti BeAT Sporty, POP dan Street yang menjadi varian paling baru.

Penasaran dengan jajaran Honda BeAT yang pernah mengaspal di Indonesia? Berikut adalah ulasan selengkapnya yang dihimpun dari Otomotifnet.

Honda BeAT (2008-2010)

Model ini menjadi generasi awal dari Honda BeAT. Tujuan diluncurkannya motor ini adalah untuk menyaingi kepopuleran Yamaha Mio. Seperti yang diketahui, pabrikan motor berlogo tiga garputala itu menjadi pionir di segmen skutik sekaligus menguasai segmen tersebut.

Pada awalnya motor ini mengusung mesin berkapasitas 108 cc SOHC 2-katup yang masih memakai sistem karburator. BeAT juga mempunyai kembaran di Negara Gajah Putih, yang diberi nama Honda Icon.

Ada ciri khas dari Honda BeAT ini yang dikeluhkan oleh pengguna. Yakni suara starter yang kasar. Hal ini bukan menandakan adanya kerusakan, melainkan lantaran konstruksi gigi starternya model menonjok seperti mobil.

Yang cukup menarik perhatian Honda BeAT karbu rupanya masih laris di pasar motor bekas. Banyak konsumen yang ingin membeli skuter matik ini.

Honda BeAT Minor Change (2010-2012)

Dua tahun setelah dirilis, tepatnya pada Januari 2010 AHM melakukan penyegaran pada BeAT. Ada beberapa perbedaan yang tampak pada model ini. Seperti adanya perubahan warna dan striping.

Di samping itu posisi sepatbor depan diletakkan di atas layaknya skuter matik yang beredar di pasaran. Berbeda dari pendahulunya yang dirancang menempel roda seperti motor sport.

All New Honda BeAT PGM-FI (2012-2014)

Honda BeAT generasi baru dirilis pada 11 Oktober 2012. Berbeda dengan model sebelumnya yang terkesan ramping, pada model terbarunya ini justru dibuat sedikit berisi. Tujuannya supaya bagasi lebih besar. Selain itu jok dibuat lebih rendah supaya dapat memberikan kenyamanan kepada pengendara wanita.

Tidak hanya itu, salah satu daya jual utama dari motor Honda ini adalah hadirnya mesin baru yang sudah mengusung sistem injeksi PGM-FI. Berbekal mesin ini, Honda BeAT diklaim lebih irit 30% dari versi karburator.

All New Honda BeAT eSP (2014-2016)

Dua tahun setelah generasi terbaru meluncur, Honda kembali melakukan penyegaran pada motor matic andalannya ini. Melihat desainnya, tidak ada perbedaan signifikan antara BeAT eSP dengan BeAT PGM-FI yang dirilis 2012.

Baca juga: Tips Beli Honda BeAT Bekas Tahun 2015

Akan tetapi Honda rupanya mengganti mesin dengan yang baru. Suara starter khas BeAT sudah hilang. Hal ini bisa terwujud karena adanya ACG starter. Selain itu mesin motor ini juga sudah dilengkapi Enhanced Smart Power (eSP). teknologi eSP ini meliputi offset cylinder, roller rocker arm hingga Idling Stop System (ISS).

All New Honda BeAT POP eSP (2014-Sekarang)

 

Selain menghadirkan BeAT eSP, Honda juga meluncurkan BeAT POP eSP. Meskipun sama-sama mengusung nama BeAT, ada perbedaan mencolok di antara keduanya.

Honda BeAT POP eSP terkesan lebih lebih imut dengan bodi yang didesain menggembung. Di samping itu banderol harganya juga sedikit berbeda. Meski begitu tidak ada perbedaan dalam hal spesifikasi teknis.

All New Honda BeAT eSP (2016-Sekarang)

Model ini tidak mendapat ubahan di sektor mesin. Honda tetap menyematkan mesin eSP seperti yang dirilis tahun 2014. Yang banyak berubah adalah desain Honda BeAT ini.

Tampilannya terlihat sporty dan modern dengan garis-garis yang sedikit lebih tajam. Motor Honda BeAT ini juga dilengkapi dengan fitur baru. Seperti spidometer baru perpaduan analog dan digital.

Selain itu juga ada eco indicator yang memungkinkan pengendara memacu kendaraan lebih efisien. Honda BeAT ini juga dilengkapi dengan pelek baru dengan desain yang lebih futuristik. Sisi tengah palangnya berlubang dan sudah mengadopsi ban tubeless.

Berikutnya, kapasitas tangki bahan bakar diperbesar 10% menjadi 4 liter. Lalu untuk boks penyimpanan juga turut membesar menjadi 11 liter.

All New Honda BeAT Street (2016-Sekarang)

Varian yang satu ini masih mirip dengan versi standar. Meski begitu ada beberapa perbedaan yang bisa dicermati. Seperti adanya setang terbuka tanpa cover. Hal ini membuatnya terlihat seperti motor sport.

Di samping itu Honda BeAT Street dilengkapi dengan spidometer kotak full digital tanpa adanya panel analog. Ada beberapa fitur yang mirip dengan versi reguler. Seperti Combi Brake System (CBS), standar samping otomatis atau Side Stand Switch dan Parking Brake Lock.

Hadirnya Honda BeAT Street ini untuk bersaing dengan Yamaha X-Ride yang sebelumnya tidak mempunyai rival.

Itulah jajaran motor Honda BeAT yang hadir di Indonesia. Hingga saat ini unit bekasnya masih banyak beredar di pasaran. Hanya unit bermesin karburator yang mungkin sedikit sulit untuk dicari.

Source: honda beat 2010, nama2 beat baru, nama nama motor beat, motor beat 2010, nama nama motor beat 2018, macam macam honda beat, nama mtor beat terbaru, nama motor beat terbaru, honda bit 2010, generasi honda beat dari tahun ke tahun, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply