Home Mobil Memanaskan Mobil Itu Penting, Ini Manfaatnya

Memanaskan Mobil Itu Penting, Ini Manfaatnya

0 613

Memanaskan Mobil, Mobil membutuhkan perawatan tersendiri agar performanya selalu terjaga. Selain servis berkala, ada hal lain yang biasa dilakukan oleh para pemilik. Yakni memanaskan mesin mobil sebelum dipakai.

Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Dijelaskan bahwa tujuan memanaskan mobil agar mesin dapat bekerja secara optimal ketika digunakan. Ada beberapa manfaat yang akan diperoleh pengguna jika memanaskan mobil. Seperti pembakaran bahan bakar di ruang bakar lebih sempurna dan kinerja optimal, serta memperlambat keausan pada komponen mesin.

Di samping itu mesin mobil juga terhindar dari kekentalan atau pengendapan oli. Bila terlalu kental, oli akan sulit untuk menjangkau celah-celah terkecil mesin. Itulah mengapa mobil perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum dipakai. Apalagi jika kendaraan terparkir terlalu lama di garasi karena jarang dipakai.

Parman Suanda, Service Manager Plaza Toyota menjelaskan, bila mobil jarang dipakai maka akan mempengaruhi komponen aki atau Accu yang menjadi cepat bermasalah atau soak.

“Umur aki agak susah diprediksi, sebab ada juga satu tahun sudah ganti. Saya saja pernah ngalamin, enggak dipakai dan enggak dihidupin mesin mobil selama tiga hari, itu jadi mati (bagian aki),” jelasnya, melansir dari laman Liputan6.

Saran Parman, bila mobil tidak dipakai untuk beraktivitas pemilik perlu memanaskannya dan menjalankan mobil paling tidak lima kilometer. Aki merupakan komponen penting pada mobil lantaran bertugas sebagai penyedia sumber listrik. Di samping itu aki juga dapat dipakai sebagai starter ketika pertama kali menghidupkan mesin.

“Minimal, baterai itu 10 volt, dan itu masih bisa hidupin untuk starter. Kalau di bawah 9 volt apalagi mobil transmisi matik, itu tidak bisa digunakan lagi,” ujarnya.

Baca juga: Cara Tepat Memanaskan Mesin Mobil & Motor

Sementara itu, Shofwatuzzaki, Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia mengatakan, manfaat lain dari memanaskan mesin mobil adalah terhindarnya mesin dari karat atau korosi. Ia menjelaskan bahwa mobil yang sudah lama atau jarang dipakai kemungkinan besar mesinnya terkontaminasi air yang bisa menyebabkan karat.

Jika jarang dipakai, ia menyarankan setidaknya untuk memanaskannya setiap satu minggu sekali. “Yah minimal seminggu sekali dipanaskan meskipun tidak digunakan untuk kemana-mana,” kata dia, dikutip dari DetikOto.

Sedangkan untuk mobil yang tidak pernah dipanaskan selama tiga bulan, pemilik dianjurkan untuk langsung mengganti olinya. “Ganti saja oli nya langsung. Kalau kita ganti oli kan dari atas lalu ke bawah, nah ini akan menyegarkan seluruh bagian mesin mobil. Setelah itu baru dipanaskan,” ungkapnya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply