Home Mobil Gejala Aki Mobil Soak yang Bisa Dicermati

Gejala Aki Mobil Soak yang Bisa Dicermati

0 124

Aki Mobil Soak, Aki merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Komponen dengan nama lain akumulator atau accu ini bertugas untuk menyimpan energi listrik yang nantinya akan dipakai oleh beberapa bagian yang membutuhkan suplai listrik.

Sama seperti komponen lain, aki mobil juga mempunyai masa pakai. Ada saatnya aki habis atau soak. Untuk itu perlu bagi pemilik mobil untuk mengecek aki secara berkala guna memastikan komponen ini masih bekerja dengan baik.

Parman Suanda, Service manager Plaza Toyota mengatakan ada beberapa cara untuk mengetahui aki yang akan segera mati. Yang pertama adalah susah untuk distarter.

“Bunyinya tek-tek-tek atau tret-tret-tret. Nah itu pasti habis. Kalau pas distarter bunyi tret itu pasti soak. Pasti dayanya di bawah 9 Volt,” jelasnya, mengutip dari Liputan6.

Di samping itu, gejala aki soak juga dapat diamati dari sejumlah perangkat yang berhubungan dengan kelistrikan. Misalnya nyala lampu kurang terang dan bunyi klakson yang tidak nyaring.

Agar diketahui lebih pasti apakah aki sudah habis atau belum, Parman menyarankan kepada pemilik untuk membuka langsung bagian aki. “Kalau dibuka tutupnya itu kelihatan ada serat-serat di dalamnya, nah itu sel-selnya ada yang bengkok, ada warna putihnya juga, terus air aki sudah mulai keruh,” jelasnya.

Apabila aki mobil rusak, maka bentuk aki sama seperti baterai telepon genggam. Bagian luar terlihat cembung. Untuk mengukurnya bisa dibawa ke bengkel resmi terdekat. Nantinya pemilik akan mengetahui berapa ampere-nya, voltase, beban saat starter dan juga seberapa lama komponen mobil menggunakan baterai.

Gejala lain yang biasa muncul ketika aki mobil mulai soak adalah mesin terasa pincang. Gejala ini biasanya dirasakan oleh pemilik mobil bermesin injeksi. Selain itu mesin mobil sulit untuk dihidupkan, terutama jika mobil tidak dipakai lebih dari satu hari.

Lantas bagaimana jika muncul kerak putih pada bagian kepala aki?

Untuk hal ini tidak termasuk gejala aki mobil soak. Hal ini merupakan akibat penguapan berlebihan yang menyusup melalui kutub terminal. Untuk mengatasinya cukup dengan disiram air panas atau disikat dengan sikat kawat.

Baca juga: Tips Memilih Aki Mobil Baru/Bekas

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply