Home Motor Nostalgia, Ini Motor Sport Yamaha Fairing Pertama di Indonesia

Nostalgia, Ini Motor Sport Yamaha Fairing Pertama di Indonesia

0 196

Motor Sport Yamaha, Walaupun pasarnya tidak besar, keberadaan motor sport sudah tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Kita ketahui bersama bahwa saat ini ada banyak motor sport yang dilepas di pasaran.

Umumnya motor sport hadir untuk memenuhi hasrat pecinta roda dua yang suka kecepatan, tampilan sporty ataupun senang menyalurkan hobinya. Di Tanah Air setidaknya ada tiga merek motor yang menghadirkan model sport, yakni Kawasaki, Honda dan Yamaha.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) punya beberapa produk andalan, mulai dari Yamaha V-Ixion yang menghuni segmen naked sport, YZF-R15, R25 dan lain sebagainya. Yamaha YZF-R15 dan YZF-R25 merupakan motor sport full fairing yang mempunyai konsumen tersendiri.

Jika melihat ke belakang, sebenarnya duo motor Yamaha itu bukanlah satu-satunya motor sport fairing yang pernah dihadirkan oleh YIMM. Menurut informasi dari Otosia, Yamaha sudah menawarkan motor sport fairing sejak tahun 1988. Motor sport fairing pertama Yamaha kala itu adalah RZR 135.

Motor Yamaha ini digadang-gadang merupakan versi tertinggi motor sport Yamaha pada zamannya. Pasalnya saat itu sudah ada versi naked dengan nama Yamaha RX. Bedanya untuk Yamaha RX mengandalkan transmisi 5-percepatan. Lain halnya dengan RZR 135 yang memakai transmisi enam percepatan.

Baca juga: 5 Fakta Yamaha Vixion R 2017

Menurut data teknis, Yamaha RZR 135 membawa mesin 2 langkah berkapasitas 133 cc dengan pendingin udara. Mesin ini diklaim bisa mengeluarkan tenaga sebesar 20 PS pada putaran 8.500 rpm. Lalu untuk gearbox transmisi 6-percepatan dikombinasikan dengan kopling manual tipe basah.

Mesin ini lalu kembali disuplai bahan bakar dari tangki berkapasitas 13 liter. Sedangkan oli samping mempunyai kapasitas sebesar 1,2 liter.

Bobot Yamaha RZR 135 ini tergolong ringan. Berat kosongnya mencapai 106 kg. Menurut informasi motor Yamaha ini bisa dipacu hingga kecepatan 140 km/jam dalam keadaan standar bawaan pabrik.

Untuk suspensinya mengandalkan teleskopik di bagian depan. Sementara bagian belakang memakai suspensi dual shock dengan sistem pengontrol rebound gas bertabung.

Lalu untuk perangkat penghenti laju memakai rem cakram di bagian depan dan tromol di bagian belakang.

Walaupun sudah jarang terlihat di pasaran, rupanya motor ini masih bisa ditemui di pasar motor bekas. Anda juga bisa melihat banyak yang menjual motor Yamaha ini di situs jual beli motor bekas. Banderol harganya bervariasi, tergantung dari kondisi dan tahun produksi motor tersebut.

Kisaran harga motor Yamaha ini Rp 7 jutaan.  Ada yang lebih murah, dan ada pula yang dibanderol lebih tinggi. Yang pasti semakin mulus motor tersebut maka harganya juga akan semakin mahal.

Spesifikasi Yamaha RZR 135

Tipe Mesin2-stroke, air-cooled, forward-inclined single cylinder
Kapasitas Silinder133cc
Diameter x Langkah56 x 54 mm
Rasio Kompresi7 : 1
Daya Maksimum15 kW (20 PS) @ 8.500 rpm
Torsi Maksimum18,1 Nm @ 7.500 rpm
Kecepatan Maksimum150 km per jam
Transmisi6-speed return
Tipe RangkaUnderbone Steel Tube
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangDual Shock
Rem DepanDisc Brake, Single Piston
Rem BelakangDrum Brake
Berat Kosong106 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar13 liter

Motor jadul memang memiliki peminat tersendiri. Tidak terkecuali motor sport Yamaha yang satu ini. Berminat untuk membelinya sebagai tambahan koleksi di rumah?

Source: Harga bekas r15, motor yamaha jadul fairing, motor naked 5 percepatan, motor jadul dengan fairing, motor batangan yamaha dual shock, harga pasaran motor bekas r15, harga motor bekas yamaha vixion, harga motor bekas murah, harga fairing samping vixion, harga fairing r15, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply