Home Motor Ini Teknik Menikung MotoGP, Jangan Asal Agar Selamat

Ini Teknik Menikung MotoGP, Jangan Asal Agar Selamat

0 336

Teknik Menikung MotoGP, Berkendara dengan sepeda motor ataupun mobil pasti ada aturannya. Dan aturan tersebut harus dipatuhi oleh semua pengguna jalan tanpa terkecuali. Hal ini dilakukan agar perjalanan lebih aman dan nyaman untuk kita semua.

Hanya saja masih ada saja yang berkendara ugal-ugalan karena alasan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Akibatnya banyak masyarakat yang dirugikan atau bahkan yang paling parah kehilangan nyawa akibat hal tersebut.

Seperti yang diketahui, ada teknik tertentu dalam berkendara sepeda motor yang harus dipahami. Teknik berkendara motor di jalan raya dan di ajang balap juga tidak bisa disamakan. Oleh karenanya jangan sampai pengendara motor mencoba teknik menikung layaknya pembalap MotoGP saat di jalan raya tanpa adanya ilmu yang memadai. Hal ini berpotensi merugikan diri Anda dan orang lain.

Belakangan ini beredar foto-foto pengendara motor yang menikung layaknya pembalap MotoGP. Kejadian tersebut berlangsung di seputar Monas. Pada akhirnya pengendara tersebut mengalami kecelakaan. Foto ini pun langsung viral dan banyak diperbincangkan oleh masyarakat.

Perlu dipahami, ada banyak pertimbangan yang harus diperhitungkan sebelum berkendara layaknya pembalap profesional di jalan raya. Dikutip dari Otomania, hal pertama yang patut dicermati adalah kondisi lintasan. Pada sirkuit segala kemungkinan terburuk sudah diperhitungkan. Seperti pasir, bantalan ban peredam tabrakan, pembatas dan komponen lainnya.

Sementara pada kasus kecelakaan yang viral beberapa hari lalu pengendara yang terjatuh menyeret dua pengguna jalan yang lain. Akibatnya sepeda motor yang dipakai mengalami kerusakan. Begitu juga dengan pengendara yang mengalami luka-luka.

Kondisi jalan raya tidak bisa dipastikan. Bisa saja jalan yang dilalui terdapat kerikil, rembesan oli, pasir, genangan air atau bahkan lubang yang bisa membuat daya cengkram ban terganggu.

Baca juga: Aturan Boncengan Motor yang Benar

“Ingat di jalan raya kita bisa jadi korban, penyebab dan terlibat dalam kecelakaan. Jadi bertanggung jawab dalam berkendara untuk diri sendiri dan orang lain,” kata Poedyo Santosa, instruktur senior Indonesia Road Safety Agent (IRSA).

Hal kedua yang harus dipertimbangkan adalah teknik menikung. Kebanyakan pengendara sepeda motor hanya tahu bagaimana gaya menikung pembalap motor. Sayangnya hal tersebut tidak diimbangi dengan pemahaman teknik selama berada di tikungan.

Teknik menikung di ajang MotoGP biasanya memakai teknik in line. Sedangkan pada ajang motocross pembalap biasa memakai teknik line out. Kedua teknik tersebut dipakai sesuai peruntukannya. Momen menikung sendiri dibagi menjadi beberapa tahap. Yakni sebelum, saat dan sesudah menikung.

Proses sebelum sampai menikung, pengendara harus melakukan pengereman dengan menurunkan gigi transmisi atau menutup tuas gas. Lalu ketika berbelok memakai prinsip out to in. Artinya pengendara masuk dari sisi jalan terluar masuk ke tikungan. Hal tersebut dilakukan untuk kemudahan ruang dan sudut pandang yang luas ketika berbelok.

Ketika berada di tikungan, tutup putaran gas dan baru dibuka setelah pengendara melewati titik keluar tikungan. Hal tersebut membantu motor untuk berada di posisi tegak kembali.

“Untuk di jalan raya gunakan teknik line with. Dimana sepeda motor dan pengendara mengikuti arah yang sama dengan tikungan. Tidak usah pakai teknik seperti pebalap pada lingkungan yang tidak terkontrol. Bisa berbahaya karena banyak kemungkinan yang bisa terjadi di jalan raya,” terang Siswanto, instruktur berkendara Honda Wahana.

Itulah teknik menikung MotoGP yang dapat Anda ketahui. Cukup jadikan teknik ini sebagai tambahan wawasan agar Anda tidak melakukan hal yang nantinya bisa merugikan diri Anda sendiri. Untuk Anda yang gemar cornering, pastikan Anda melakukannya di tempat yang aman dan terbebas dari pengguna jalan lainnya, serta memakai komponen dan perlengkapan yang cocok untuk cornering. Jadilah pengendara yang taat aturan dan menghormati pengguna jalan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply