Home Honda Honda SH150i vs Yamaha Nmax, Motor Matic Anti Mainstream

Honda SH150i vs Yamaha Nmax, Motor Matic Anti Mainstream

Honda SH150i, Skuter matik alias skutik masih menjadi primadona di Indonesia. Terlihat dari penjualan motor matic yang masih tinggi dari tahun ke tahun. Agar konsumen tidak bosan sekaligus memberikan pilihan baru kepada masyarakat, pabrikan mulai melakukan inovasi di pasar skutik.

Salah satunya adalah menghadirkan motor matic 150 cc yang lebih premium. Untuk hal ini Yamaha boleh berbangga hati karena mempunyai Nmax yang laris manis. Motor ini digadang-gadang menjadi rival Honda PCX yang sudah lebih dulu hadir.

Sementara Honda mempunyai cara tersendiri dengan meluncurkan SH150i. Kedua motor ini mempunyai karakter masing-masing yang cukup menarik untuk dibahas. Agar tidak penasaran, berikut adalah detail spesifikasi Honda SH150i dan Yamaha Nmax.

Desain

Tampilan motor Honda dan Yamaha ini terlihat berbeda. Meski begitu ada sedikit kemiripan di antara keduanya. Baik Nmax maupun SH150i tidak dihiasi dengan stiker. Hal ini membuat tampilannya terlihat polos namun justru memperkuat kesan berkelas.

Untuk Yamaha Nmax terlihat elegan dan terdapat sedikit sentuhan sporty. Ada beberapa garis bodi yang tegas, berikut sentuhan kombinasi warna. Yamaha memasarkan motor andalannya ini dalam empat varian warna, di antaranya matte red, black, matte grey dan premier white.

Salah satu keunggulan motor Yamaha ini adalah pijakan kaki yang lapang. Dengan begitu pengendara dapat meraih kenyamanan yang lebih baik. Selain itu bobot Yamaha Nmax juga lebih ringan dari SH150i, yakni 127 kg.

Sementara Honda SH150i lebih memperkuat tampilan yang elegan khas skutik Eropa. Ada tiga pilihan warna yang disediakan, yaitu candy luster red, pearl jasmine white dan poseidon black metallic. Untuk pelek memakai ukuran 16 inci.

Baca juga: Detail Motor Honda SH150i 2017

Alhasil ground clearance lebih tinggi dari Nmax, yakni 146 mm. Dengan ground clearance yang tinggi ini, SH150i lebih dapat diandalkan saat melintasi berbagai medan jalan.

Fitur

Untuk segi fitur, baik Honda SH150i dan Nmax memiliki beberapa kemiripan. Kedua motor matic ini mempunyai bagasi yang terbilang lapang sehingga bisa dipakai untuk menyimpan helm. Selain itu masing-masing pabrikan juga menyematkan pencahayaan LED untuk lampu depan dan belakang.

Fitur penunjang keselamatan juga mirip. Kedua motor ini dibekali rem anti-lock braking system (ABS). berbekal fitur ini, motor dapat terhindar dari gejala roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Khusus fitur ini, SH150i membawanya sebagai fitur standar. Lain halnya untuk Yamaha Nmax yang hanya terdapat pada varian tertinggi.

Menariknya, selain fitur-fitur di atas Honda SH150i masih punya fitur lain. Seperti smart key system (SKS) yang berfungsi mengganti peran kunci konvensional dengan remote (keyless). Jika pengguna ingin menghidupkan mesin cukup mengantongi remote di kantong. Setelah itu putar knob ke posisi on dan tekan tombol starter.

Fitur ini mempunyai kelebihan lain. SKS diklaim lebih aman dari tangan pencuri karea keyless. Tidak hanya itu, Honda juga melengkapinya dengan alarm. Ada juga answer back system yang terintegrasi dengan remote guna memudahkan pengendara mencari kendaraan di parkiran. Caranya cukup menekan tombol remote, maka motor akan mengeluarkan suara untuk memberitahukan keberadaannya.

Tidak cukup sampai di situ, Honda SH150i juga mengusung fitur idling stop system (ISS). Fitur ini membuat mesin otomatis mati saat motor berhenti lebih dari tiga detik. Untuk menghidupkannya kembali pengendara cukup memutar tuas gas.

Fitur ISS yang menjadi fitur khas motor matic Honda ini diklaim bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Selain itu juga ada fitur power charger. Fungsinya sudah pasti, yakni untuk mengisi daya gadget selama berkendara.

Sementara itu, Yamaha Nmax tidak mempunyai banyak fitur lain seperti SH150i. Keunggulan motor matic Yamaha ini adalah panel instrumen yang full digital sehingga terlihat modern. Lain halnya dengan SH150i yang masih kombinasi analog dan digital.

Mesin

Berpindah ke sektor performa, kedua motor ini mempunyai kapasitas mesin yang serupa. Honda SH150i mengandalkan jantung pacu berkapasitas 153 cc SOHC berpendingin cairan. Mesin ini dapat menghembuskan daya sebesar 14,81 PS pada putaran 8.250 rpm dengan torsi puncak 13,9 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.

Mesin ini ditemani tangki bahan bakar yang mempunyai kapasitas 7,5 liter. Lalu untuk konsumsi bahan bakarnya diklaim bisa mencapai 40,9 km/liter. Dengan catatan fitur ISS diaktifkan.

Sedangkan Yamaha Nmax mengusung mesin berkapasitas 155 cc. Berbekal kapasitas mesin yang lebih besar, tak mengherankan bila tenaganya lebih baik dari SH150i. motor berlogo tiga garputala itu dapat meletuskan daya hingga 15,09 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm. Lalu untuk kapasitas tangki bahan bakarnya sedikit lebih kecil, yakni 6,6 liter.

Harga

Banderol harga menjadi jurang pemisah keduanya. Di Indonesia Yamaha Nmax dibagi menjadi dua varian, yakni non-ABS dan ABS. Untuk versi non ABS dilepas dengan harga Rp 25,7 juta on the road (OTR) Jakarta. Sedangkan harga Yamaha Nmax versi ABS Rp 29,6 juta.

Lalu harga Honda SH150i terbilang cukup mahal, yakni mencapai Rp 44,9 juta OTR Jakarta. Akan tetapi hal ini dibayar dengan tawaran fitur yang lebih melimpah.

Itulah spesifikasi Honda SH150i dan Yamaha Nmax. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mana yang menjadi pilihan Anda?

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply