Home Mobil 10 Mobil Terbang yang Pernah Dibuat di Dunia

10 Mobil Terbang yang Pernah Dibuat di Dunia

0 170

Mobil Terbang, Inovasi dalam dunia otomotif selalu dihadirkan oleh masing-masing pabrikan. Dari yang sederhana hingga hal yang membuat banyak orang terkagum-kagum. Beberapa inovasi yang ada di bidang otomotif, roda empat khususnya berawal dari sebuah mimpi. Mobil terbang misalnya, merupakan kendaraan yang sering kali hadir dalam cerita fiksi ilmiah ataupun impian anak kecil.

Sebelumnya kami sudah membahas salah satu mobil terbang yang siap dipasarkan. Rupanya mobil tersebut bukanlah satu-satunya. Sebelumnya sudah ada beberapa kendaraan yang diciptakan supaya bisa terbang di langit.

Meski begitu tidak semuanya berhasil diproduksi. Akan tetapi hal ini tentu menjadi sebuah prestasi membanggakan bagi umat manusia. Penasaran mobil terbang apa saja yang pernah dibuat di dunia? Berikut adalah ulasan selengkapnya, dihimpun dari Otosia.

Curtiss Autoplane

Mobil ini bisa dikatakan menjadi salah satu mobil terbang pertama yang pernah dibuat manusia. Glenn Curtiss membuat konsep Autoplane ini pada tahun 1917. Mobil terbang ini dibekali aluminium yang disebut model T sebagai bahan dasar bodinya.

Layaknya mobil pada zamannya, terdapat dua pasang roda depan dan belakang. Roda tersebut merupakan bagian terpenting ketika mobil belum lepas landas. Sedangkan tenaga dari mobil tersebut bisa mencapai 100 hp.

Baca juga: Ini Dia Mobil Terbang Harga Rp 20 Miliar

Hanya saja mobil tersebut tidak bisa benar-benar terbang seperti yang diinginkan. Tidak sampai dia itu, pengembangan mobil terbang ini terpaksa dihentikan saat pecahnya Perang Dunia II.

Jess Dixon’s Flying Auto

Mobil terbang berikutnya adalah Jess Dixon’s Flying Auto. Model ini pernah dijadikan clipping pada sebuah majalah otomotif di Andalusia, Alabama.

Mobil ini memiliki kemampuan yang lebih baik dari Curtiss Autoplane. Sebab Jess Dixon’s Flying Auto dapat terbang di udara berkat bantuan mesin helikopter. Menariknya kekuatan yang dipakai untuk memutar baling-baling besar pada mobil ini hanya 40 hp saja.

Kendati begitu Jess Dixon’s Flying Auto masih dapat dikendalikan ke segala arah. Mobil terbang ini juga dapat melesat hingga kecepatan 160 km/jam.

ConvAirCar

Berikutnya, konsep mobil ini tampak mengombinasikan antara mobil dengan sebuah pesawat. ConvAirCar diketahui terbang pertama kali pada tahun 1946 silam.

Konsep mobil terbang ini terbilang sederhana. Tidak hanya itu, mobil ini juga dapat dikendalikan seperti mengemudikan mobil di jalanan. Saat mobil tidak melesat di jalanan, maka dua sayapnya akan bertugas menerbangkan ConvAirCar.

Mobil ini hanya ada satu prototipe yang diberi nama 116 model. Beberapa tahun kemudian, Ted Hall selaku pembuatnya membuat ConvAir Model 118. Model ini dapat mengeluarkan tenaga 130 hp hingga 190 hp. Dengan begitu mobil terbang ini lebih bertenaga saat di udara.

Sayangnya mobil terbang ini gagal diproduksi massal. Pasalnya mobil tersebut mengalami kecelakaan bersama dengan pembuatnya saat diterbangkan di California.

Curtiss-Wright VZ-7

Mobil terbang ini mempunyai desain yang juga unik. Curtiss-Wright VZ-7 diproduksi pertama kali untuk militer Amerika Serikat. Model ini mempunyai tampilan yang lebih dinamis. Tidak hanya itu, Curtiss-Wright VZ-7 juga tergolong mudah untuk dipakai bermanuver.

Lantaran dirancang untuk bermanuver di udara dan berperan sebagai mobil terbang untuk kepentingan militer, mobil terbang ini disebut dengan nama VTOL craft (Vertical Take-Off and Landing).

Sayangnya kiprah mobil ini harus berakhir di tahun 1960. Alasannya adalah karena ditemuinya masalah teknis. Alhasil produksi mobil terbang ini dihentikan oleh militer lantaran gagal terbang dengan baik.

Piasecki AirGeep

Gagalnya VZ-7 tidak membuat militer kapok melirik mobil terbang. Pihak militer menaruh ketertarikan terhadap konsep baru yang diberi nama Piasecki AirGeep. Ketika itu militer tertarik dengan mobil tersebut lantaran desainnya tidak terlalu besar layaknya helikopter. Tidak hanya itu, para pengemudi mobil terbang ini juga tidak perlu melewati banyak latihan untuk bisa menggunakannya.

AVE Mizar

Mobil terbang yang satu ini mengusung desain mirip pesawat, sama halnya dengan ConvAirCar. Usut punya usut mobil ini memang mengadopsi DNA dari ConvAirCar.

Advanced Vehicle Engineers Company merupakan perusahaan yang memproduksi mobil tersebut. Produk buatannya itu mengusung desain Ford Pinto sebagai modelnya. Cara kerja desain mobil ini juga mirip dengan ConvAirCar. Kaki-kaki mobil menjadi pemacu mesin terbang sebelum tinggal landas.

Sayangnya AVE Mizar juga tidak berumur panjang  seperti mobil terbang lainnya. Di tahun 1973 mobil ini mengalami kecelakaan. Kejadian tersebut terjadi satu tahun sebelum mobil terbang itu diproduksi massal.

Super Sky Cycle

Kegagalan beberapa mobil terbang di masa lampau tidak membuat beberapa pihak berputus asa. Seiring majunya teknologi di dunia otomotif, konsep mobil terbang juga mengalami perubahan yang lebih canggih. Salah satunya yang pernah diciptakan adalah Super Sky Cycle yang mengadopsi kemampuan mobil terbang Jess Dixon.

Mobil ini memanfaatkan teknologi layaknya helikopter. Mobil terbang ini pertama kali diproduksi pada tahun 2009. Sedangkan di tahun 2012 Super Sky Cycle ini baru mengantongi izin untuk bisa dikendarai.

Terrafugia Transition

Lebih modern dari Super Sky Cycle, mobil terbang ini pertama kali mengangkasa pada 2009. Sebelumnya mobil ini sempat hilang tanpa kabar. Akan tetapi kembali muncul setelah berhasil dilakukan pengujian pada tahun 2012.

Karakter mobil terbang yang satu ini tampak lebih modern dan futuristik. Bila melihat sepintas, desain mobil ini tampak menyerupai salah satu mobil legendaris, VW Beetle. Hanya saja model tersebut mempunyai sayap dan bisa terbang.

Kecepatan mobil terbang itu diklaim bisa mencapai 110 km/jam saat melintasi jalan raya. Sementara ketika terbang bisa menembus kecepatan 185 km/jam.

PAL-V One

Mobil terbang ini juga tak kalah canggih. Mobil buatan Jerman ini mengusung konsep yang jauh lebih canggih dibandingkan mobil terbang sebelumnya. Pusat tenaga model ini juga futuristik. Sebab bekerja secara otomatis dalam mengubah penggerak mobil ke penggerak pesawat saat mobil siap terbang.

Daya tarik lain dari PAL-V One terdapat pada kemampuannya yang bisa terbang hingga ketinggian 1.200 m. Mobil terbang ini juga dilengkapi dengan fitur navigasi. Pengguna bisa menjumpai GPS yang siap membantu pengemudi saat terbang di udara.

AirMule

AirMule mengusung konsep yang lebih cocok disebut sebagai ambulans terbang. Fungsi utamanya memang untuk angkutan keselamatan.

Mobil terbang buatan Israel ini mempunyai kekuatan yang tidak kalah dibandingkan dengan helikopter. Tidak hanya itu, mobil ini juga dapat melewati daerah yang sulit dijangkau helikopter karena modelnya yang lebih sederhana.

AirMule tidak dilengkapi dengan mode autopilot. Akan tetapi menariknya mobil terbang ini bisa dikendalikan melalui remote Control. Ada sebuah monitor dan fitur Control jarak jauh yang tersedia dalam AirMule ini.

Itulah beberapa mobil terbang yang pernah ada di dunia. Dengan kecanggihan teknologi di masa depan, melihat atau mengemudikan mobil terbang bisa jadi bukan sebatas angan saja. Mungkin saja akan ada mobil terbang baru lain yang jauh lebih canggih dan sederhana dari model yang ada saat ini.

Source: rubrik oto, 

RELATED POST

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply