Home Auto News Toyota Etios Ini Berubah Crossover, Harga Cuma Rp 140 Jutaan

Toyota Etios Ini Berubah Crossover, Harga Cuma Rp 140 Jutaan

0 235

Toyota Etios, Toyota mempunyai cukup banyak mobil yang beredar di Indonesia. Untuk mobil kota salah satu pemain yang cukup lama tidak terdengar kabarnya adalah Toyota Etios Valco. Sampai saat ini salah satu mobil Toyota itu belum juga mendapat penyegaran. Akan tetapi pernahkah Anda berpikir seperti apa jadinya jika Toyota Etios berubah wujud menjadi sebuah crossover?

Jika penasaran, mari kita lirik pasar India. Di sana pabrikan mobil asal Negeri Bunga Sakura itu baru saja meluncurkan Etios Cross X-Edition. Sesuai namanya, mobil buatan Toyota Kirloskar Motor ini hadir dengan gaya crossover. Harga mobil Toyota ini juga terbilang terjangkau, yakni 6,8 lakh atau mencapai Rp 140 jutaan.

Toyota Etios Cross X-Edition dikatakan mendapat kosmetik ringan tanpa adanya perubahan di sektor mekanis. Melihat desain eksteriornya, mobil Toyota ini tampak gagah berkat grille berdesain sporty. Juga terdapat plastic cladding di bagian sampingnya.

Toyota juga menyematkan roof rails yang membuat kesan crossover lebih kuat. Sedangkan sektor kaki-kaki mengandalkan pelek alloy dengan desain baru. Model ini juga dilengkapi logo X-Edition yang menjadi tanda edisi khusus. Warna khusus yang dibalutkan di sisi eksterior adalah Quart Brown.

Di sisi interior nuansa sporty juga cukup terlihat jelas. Ada lapisan serat karbon, jok yang lebih nyaman dengan motif fabric baru. Yang tak kalah menarik adalah fitur entertainment yang diperkaya dengan layar sentuh 6,8 inci. Layar ini juga berfungsi sebagai monitor saat parkir mundur.

Mobil Toyota ini juga mengusung fitur penunjang keselamatan yang memadai. Ada dual SRS Airbag, ABS, EBD, ISOFIX Seat, dan Driver seat warning.

Untuk dapur pacu, Toyota Etios Cross X-Edition mengusung tiga opsi mesin. Yakni diesel D-4D berkapasitas 1.4 liter dan bensin berkapasitas 1.2 liter DOHC serta 1.5 liter.

Baca juga: Spesifikasi Toyota Yaris 2017 Thailand

Untuk mesin 1.2 liter bisa menghembuskan tenaga sebesar 79 hp dengan torsi puncak 104 Nm. Lalu untuk mesin 1.5 liter memiliki tenaga maksimum 89 hp dengan torsi 132 Nm. Lalu mesin diesel Etios Cross X-Edition bisa menorehkan tenaga sebesar 67 hp dengan torsi 170 Nm.

Sayangnya semua pilihan mesin ini hanya tersedia dalam transmisi manual 5-percepatan. Tidak ada pilihan transmisi otomatis alias matic.

Kehadiran Etios Cross X-Edition merupakan bekal Toyota untuk menghadapi Hyundai dan Maruti Suzuki yang lebih dominan di India. Masing-masing merek ini mempunyai Hyundai i10x dan Suzuki Ignis untuk menggoda konsumen city car yang suka gaya crossover nan gagah.

Sebagai tambahan, di Toyota Etios Valco di Indonesia terjun di segmen city car. Pembaruan terakhir diberikan Toyota Astra Motor (TAM) pada tahun 2015 dengan menghadirkan varian tertinggi, Etios Tom’s yang lebih sporty. Tampilannya semakin menarik dengan grille, side skirt, spoiler berdesain sporty dan tambahan roof spoiler. Harga mobil ini mencapai Rp 172,6 juta.

Source: spesifikasi toyota cross x edition, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply