3 Mobil Esemka Akan Dirilis, Apa Saja?

Loading...

Mobil Esemka, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero diketahui akan menghadirkan produk terbaru. Untuk diketahui, perusahaan ini merupakan gabungan dari PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang dikenal merupakan produsen dari mobil Esemka.

Loading...

Salah satunya yang cukup hangat diperbincangkan belakangan ini adalah Esemka Digdaya. Rupanya tidak hanya satu mobil baru saja, ada tiga model yang sedang disiapkan PT ACEH. Ketiganya merupakan model pikap, pikap kabin ganda dan minibus. Mobil ini diterjunkan untuk keperluan bisnis transportasi.

Salah seorang sumber dari Kumparan mengatakan, mobil Esemka terbaru ini kemungkinan akan dirilis bulan Oktober atau November mendatang. Penasaran dengan mobil baru buatan anak negeri ini? Berikut adalah bocorannya.

Esemka Digdaya

Mobil yang satu ini tengah menjadi sorotan banyak masyarakat. Esemka Digdaya merupakan mobil berjenis pikap kabin ganda. Digdaya pertama kali tertangkap kamera di kota asalnya, Solo, Jawa Tengah.

Esemka Digdaya yang beredar di dunia maya dilabur dengan warna putih. Lengkap dengan pelat nomor putih ‘AD 9130 XO’. Sayangnya belum ada informasi pasti seputar spesifikasi mobil Esemka ini.

Esemka Bima

Selain Digdaya, Esemka juga berencana akan menghadirkan Bima. Mobil ini bukanlah kendaraan multi guna alias multi purpose vehicle (MPV) yang saat ini menjadi model terlaris di Indonesia. Esemka Bima merupakan mobil pikap yang ditujukan untuk industri kecil dan menengah. Menurut informasi yang tercantum di Instagram @esemka_indonesia, Esemka Bima mengandalkan mesin dengan kapasitas sebesar 1,3 liter.

Esemka Borneo

Jika dua mobil sebelumnya merupakan model pikap, lain halnya dengan Borneo. Mobil ini akan membidik segmen transportasi. Seperti yang dikatakan sang sumber, Borneo mempunyai desain yang mirip dengan Toyota Hiace. Mobil ini dipersenjatai dengan dapur pacu berkapasitas 2,7 liter.

Sayangnya belum ada informasi lebih dalam apakah mobil baru tersebut dihadirkan berkat kerja sama dengan pabrikan lain atau tidak.

Menariknya, walaupun belum ada informasi lengkap mengenai mobil Esemka tersebut, calon konsumen yang berminat sudah bisa melakukan pemesanan. Pihak Esemka menyebar formulir pemesanan produk melalui kolom komentar di Instagram.

Nantinya calon pembeli diminta untuk mengisi data diri pada laman berbasis Google Docs. Selain itu pada laman tersebut Esemka juga memberikan pilihan mobil yang bisa dipesan. Berikut pilihan warna yang diinginkan calon konsumen. Selain itu juga ada dua metode pembayaran, tunai atau kredit.

Untuk informasi tambahan, produksi mobil Esemka akan dilakukan di dua pabrik mereka yang berada di Boyolali dan Cileungsi. Esemka tercipta oleh inisiatif Sukiyat di tahun 2008. Dari bengkelnya ia mengajak siswa-siswa SMK untuk merakit Kiat Esemka. Dua unit mobil pada akhirnya berhasil dibuat.

Saat berada di bawah naungan PT Solo Manufaktur Kreasi, Esemka melakukan perluasan kerja sama hingga ke China. Di tahun 2010 Esemka bermitra dengan Guangdong Foday Automobile (GFA) dan beberapa pabrikan China lainnya. Ada beberapa mobil Esemka yang dihadirkan, salah satunya adalah Rajawali yang berwujud SUV.

Loading...