Home Auto News Harga Motor Piaggio ini Setara MPV, Apa Istimewanya?

Harga Motor Piaggio ini Setara MPV, Apa Istimewanya?

Harga Motor Piaggio, Selain meluncurkan duo Vespa GTS, PT Piaggio Indonesia juga menghadirkan Piaggio MP3 500 di Tanah Air. Kehadiran motor Piaggio terbaru ini tergolong istimewa. Melihat harganya, Piaggio MP3 500 dibanderol cukup tinggi. Bahkan setara dengan harga mobil MPV sekelas Mitsubishi Xpander.

Harga motor Piaggio MP3 500 ini menembus angka Rp 280 juta on the road Jakarta. Lantas apa yang menjadi daya tarik dari skuter matik ini?

MP3 500 digadang-gadang menjadi kasta tertinggi atau juga disebut dengan istilah flagship model. Pantas saja kapasitas mesinnya lebih besar, dari 300 cc menjadi 500 cc.

Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia mengatakan bahwa motor baru ini merupakan skuter tiga roda pertama di dunia. “Motor ini juga menjadi pioneer dalam hal standar keamanan dan pengalaman yang baru untuk sebuah skuter. Kali ini sama seperti versi-versi sebelumnya, kami membawa varian top of the line,” ujarnya, mengutip dari laman Kumparan.

Dengan harga jual yang tinggi untuk ukuran sebuah motor matic, sudah bisa dipastikan produk ini mengincar konsumen khusus. Disebutkan bahwa Piaggio MP3 500 ini dihadirkan untuk menggoda segmen hobi atau konsumen yang menggemari motor roda tiga ini.

Detail

Tampilan

Piaggio MP3 500 Business mempunyai tampilan yang elegan dan cocok dikendarai di perkotaan. Terdapat lambang ‘Business’ di bagian ekor. Selain itu kesan premium juga hadir berkat pipa knalpot yang dilabur dengan lapisan krom, jok berwarna hitam berlapis ganda dan pelek serta pegangan penumpang belakang yang mengusung warna abu-abu.

Motor ini dibekali dengan pelek berukuran 13 inci di bagian depan dan 14 inci di belakang. Pemakaian pelek ini turut mendukung kestabilan motor saat dipakai.

Baca juga: Detail Spesifikasi Piaggio Medley

Bagian jok juga dibuat lebih luas dan dilengkapi senderan ganda. Dengan desain baru ini jok memberikan posisi berkendara yang santai namun tetap penuh kendali. Tidak hanya itu, pijakan kaki juga dapat ditarik sehingga lebih mudah untuk dipakai.

Ada dua pilihan warna yang ditawarkan, yaitu Nero Universo (hitam) dan Bianco Iceberg (putih).

Fitur

Piaggio MP3 500 ini diklaim menjadi model pertama yang memadukan fitur rem Anti-lock Braking System (ABS) dan ASR yang berfungsi menghindari roda ban mengalami selip. Tidak hanya itu saja, masih ada tawaran lain yang menarik dari motor Piaggio ini.

Salah satu fitur khas dari MP3 adalah pengendara tidak perlu menurunkan kaki saat berhenti di lampu merah. Hal ini bisa terjadi lantaran adanya mekanisme penguncian suspensi depan secara elektronik. Di samping itu skuter matik ini juga dibekali dengan teknologi two independent tilting yang sudah dipatenkan oleh merek otomotif asal Italia itu.

Melirik dapur pacunya, Piaggio MP3 500 dipersenjatai dengan mesin satu silinder 4 tak, 4 katup yang mempunyai kapasitas sebesar 439 cc. mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 28,5 kW pada putaran 7.250 rpm dengan torsi maksimum 45,5 Nm pada putaran 5.000 rpm.

Robby Gozal, PR and Communication Manager PT Piaggio Indonesia mengatakan ada peningkatan pada segi fitur. Seperti penyematan ABS dan ASR, lalu hadirnya USB port yang tidak dijumpai pada model sebelumnya.

Tidak berhenti sampai di situ, MP3 500 juga mempunyai fitur Piaggio Multimedia Platform (PMP Multimedia). Fitur ini dapat disinkronkan dengan smartphone atau ponsel pintar dengan basis iOS dan Android.

Mode Berkendara

motor Piaggio ini juga dilengkapi dengan sistem kontrol mesin ride-by-wire, berikut sistem pendingin cairan. Ada dua mode berkendara yang bisa dimanfaatkan pengendara saat memakai motor ini, yaitu STD dan ECO.

Saat memakai mode ECO, konsumsi bahan bakar MP3 500 diklaim lebih irit 15 persen. Sementara mode STD berfungsi untuk menunjang performa yang optimal.

Alasan Rilis MP3 500

Kehadiran motor baru dengan harga yang cukup fantastis ini mengundang tanya di benak segelintir masyarakat. Apa yang menjadi alasan PT Piaggio Indonesia menghadirkan motor ini, sementara penjualan motor di Indonesia masih stagnan.

Marco mengatakan, secara umum pasar motor di Indonesia memang stagnan. Akan tetapi berbeda dengan motor premium. Ia mengklaim pasar motor premium justru sedang bergairah.

“Pasar sepeda motor di Indonesia dari data AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) stagnan, artinya tidak naik dan juga tidak turun. Tapi dari produk premium mengalami kenaikan,” jelasnya, melansir dari DetikOto.

Marco mengungkapkan selain masih adanya potensi skutik premium di Indonesia, kehadiran Piaggio MP3 500 juga menjadi strategi Piaggio Indonesia untuk melengkapi produknya.

“Produk ini diluncurkan untuk memperluas keragaman produk premium kami. Setelah Liberty, Medley, ke MP3. Jadi kami main dengan segmentasi dan premiumisasi produk,” kata dia.

Produk ini bisa menjadi salah satu model yang menggoda masyarakat penyuka motor premium di Tanah Air. Melihat harga motor Piaggio ini, berminat untuk beli Piaggio MP3 500?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply