Home Auto News Plat Nomor Kendaraan Akan Ganti Warna yang Lebih Cerah

Plat Nomor Kendaraan Akan Ganti Warna yang Lebih Cerah

0 555

Plat Nomor Kendaraan, Seperti yang diketahui, di Indonesia pelat nomor kendaraan pribadi diberi warna hitam. Rupanya warna pelat nomor kendaraan ini mendapat perhatian dari Korps Lalu Lintas (Korlantas). Rencananya plat nomor ini akan diubah dari warna hitam menjadi yang lebih cerah. Ada alasan tertentu yang melatarbelakangi rencana ini.

Menurut laman DetikOto, Irjen Setyo Wasisto, Kadiv Humas Polri mengatakan penggantian warna itu dilakukan supaya polisi mudah mengawasi kendaraan di jalan. Perubahan warna plat nomor kendaraan itu tidak lepas dari program Electronic Registrasi dan Identifikasi (Regident) yang akan diterapkan Polisi Lalu Lintas.

“(Penggantian warna pelat nomor kendaraan bermotor) satu rangkaian dengan program elektronik yang disebut Electronic Regident. Dari Electronic Regident ini dapat dikembangkan menjadi program-program pembatasan pengoperasionalan kendaraan bermotor, seperti ERP, ETC (Electronic Toll Collect), e-Parking, ELE (Electronic Law Enforcement),” kata Setyo.

Ia menjelaskan, jika warna pelat nomor kendaraan lebih cerah, CCTV yang dipasang pihak kepolisian untuk mengawasi kondisi lalu lintas akan menjadi lebih mudah untuk mengawasi dan mendeteksi nomor kendaraan yang melakukan pelanggaran lalu lintas. “Artinya, nanti bisa termonitor dari CCTV itu. Misalnya pelat nomor sekian, itu langsung cepat terdeteksi kalau dia melanggar, langsung ketahuan,” ungkapnya.

Setyo menambahkan, pengaturan lalu lintas secara elektronik itu akan memanfaatkan teknologi Radio Frequency Information Database (RFID). Dengan teknologi ini data-data kendaraan tersebut bisa dikirim.

Di sisi lain, Kakorlantas Irjen Royke Lumoya mengatakan target penggantian warna pelat nomor kendaraan berjalan pada 2019 mendatang. Di tahun itu penggantian akan dilakukan bertahap untuk kendaraan baru dan yang berganti STNK karena sudah lewat 5 tahun.

Tidak hanya warnanya saja yang berganti lebih cerah, ukuran plat nomor kendaraan juga akan disesuaikan ulang. ”Setelah melakukan studi, disimpulkan bahwa plat nomor sekarang sulit untuk ditangkap kamera seperti CCTV. Negara-negara maju umumnya menggunakan plat nomor berwarna terang seperti putih, biru muda, atau kuning,” jelasnya, mengutip dari Pikiran Rakyat.

Meski begitu Royke mengatakan rencana tersebut masih sebatas wacana. Rencananya baru akan dimulai pada tahun depan atau akhir tahun. Kita tunggu saja kabar berikutnya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply