Home Auto News Tata Nexon, SUV Kompak untuk “Kantong Cekak”

Tata Nexon, SUV Kompak untuk “Kantong Cekak”

0 155

Tata Nexon, Pasar compact SUV diramaikan oleh banyak merek. Permintaan pasar yang tumbuh signifikan membuat segmen ini mendapat perhatian khusus dari masing-masing merek, tak terkecuali Tata Motors. Produsen mobil asal Negeri Bollywood itu tak ingin ketinggalan meramaikan pasar yang tengah diminati masyarakat dengan menghadirkan mobil SUV terbarunya.

Mobil baru ini diberi nama Tata Nexon. Dalam siaran pers Tata Motors dijelaskan bahwa Nexon merupakan mobil keempat yang memanfaatkan filosofi desain ‘Impact Design’. Selain tampilan yang cukup menarik, harga mobil ini rupanya juga tergolong murah untuk sebuah SUV compact.

Tata Motors menawarkannya dengan harga mulai 585.000 rupee atau setara Rp 120 jutaan. Banderol itu untuk versi mesin bensin. Selain itu juga tersedia varian mesin diesel yang dijual sedikit lebih mahal, yakni 685.000 rupee atau sekitar Rp 140 jutaan.

Untuk versi bensin Tata Nexon mengandalkan mesin berkapasitas 1.2 liter turbo Revotron. Sementara mesin diesel mengusung kapasitas 1.5 liter turbo Revotorq. Menariknya ada tiga mode berkendara yang disajikan pada mobil ini. Antara lain Eco, City dan Sport. Sedangkan transmisinya memakai manual 6-percepatan.

Tenaga mesin diesel dan bensin tidak berbeda, yakni sama-sama 108,5 bhp. Hanya torsinya saja yang tidak sama. Untuk versi bensin memiliki torsi 170 Nm, sedangkan mesin diesel lebih besar hingga 260 Nm.

Tata Motors menerangkan bahwa mobil barunya ini merupakan SUV dengan harga paling kompetitif di segmen compact SUV. Selain itu Tata Nexon diklaim dilengkapi dengan fitur kelas dunia.

Baca juga: Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Tidak hanya sisi eksterior yang mampu menarik perhatian, bagian interior juga menyimpan daya pikat tersendiri. Nuansa kabin Nexon tergolong premium. Interior mobil ini didominasi dengan three-tone color. Selain itu juga terdapat tawaran menarik lain seperti premium full-fabric upholstery, multiple cubby holes & cup holders, umbrella holder di pintu depan, dan glove box dengan utility moulding.

Mobil ini juga mempunyai central console dengan mekanisme sliding. Di dalamnya pengguna juga akan menjumpai ConnectNext infotainment display by Harman berbentuk floating. Layar sentuh berukuran 6,5 inci HD ini memakai sistem aplikasi Android Auto buatan Google. Di masa mendatang Tata Nexon juga akan dilengkapi dengan Apple CarPlay.

Menariknya masih ada fitur lain yang bisa dimanfaatkan pemilik selama perjalanan. Antara lain voice command plus perintah khusus untuk AC climate control dan delapan buah speaker. Selain itu juga ada fitur ABS, EBD dan dual SRS Airbags yang menjadi kelengkapan standar. Juga ada fitur sensor parkir yang hanya hadir untuk varian tertentu.

Mobil baru Tata ini ditawarkan dalam beberapa tipe, di antaranya XE, XM, XT dan XZ+. Masing-masing tipe ini mempunyai tawaran fitur dan spesifikasi yang berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun selera konsumen.

Dari beberapa tipe yang ditawarkan, tipe XT dan XZ+ menjadi varian tertinggi yang tentu saja menawarkan fitur lebih lengkap. Varian ini sudah dilengkapi dengan lampu utama projector, LED DRL dan lampu kabut. Selain itu juga ada pelek alloy 16 inci yang membuat tampilannya menarik.

Tampilan Tata Nexon semakin menarik dengan pengaplikasian warna dual tone. Sebagai pemanis, gagang pintu dan spion dibuat sewarna dengan bodi.

Terjun di segmen SUV kompak, secara otomatis Tata Nexon akan berhadapan dengan rival-rival yang sudah lebih dulu hadir. Ada Honda WR-V, Ford EcoSport dan juga Suzuki Vitara Brezza.

Galeri Tata Nexon

Source: harga tata nexon di indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply