Home Motor 5 Motor Klasik Kawasaki Layak Koleksi, Berminat Beli?

5 Motor Klasik Kawasaki Layak Koleksi, Berminat Beli?

0 213

Motor Klasik, Di tengah derasnya gempuran motor baru yang hadir setiap tahun, keberadaan motor klasik tidak hilang begitu saja dari peredaran. Tetap ada segelintir masyarakat yang menggunakannya sebagai kendaraan sehari-hari. Bahkan ada pula yang memajangnya sebagai koleksi.

Walaupun telah berumur, motor klasik tetap menunjukkan eksistensinya. Ada beberapa alasan mengapa motor ini masih bertahan hidup. Seperti tampilan yang unik dan nilai historis yang ada pada motor tersebut.

Bila Anda tertarik untuk mengoleksi motor klasik atau motor tua, ada banyak pilihan yang bisa Anda ambil. Salah satu di antaranya adalah motor klasik Kawasaki. Merek Kawasaki memang dikenal banyak orang, termasuk di Indonesia.

Kepopuleran Kawasaki tentu saja tidak terlepas dari peran motor-motor terdahulu. Maka dari itu jajaran motor klasik Kawasaki bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda, khususnya jika Anda seorang kolektor motor.

Berikut ini ada 5 motor jadul Kawasaki yang menarik untuk dijadikan koleksi. Ada apa saja rekomendasinya? Berikut adalah detail selengkapnya, yang dihimpun dari laman JackBiker.

Kawasaki Z900

Referensi pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah Kawasaki Z900. Motor ini menjadi model Z pertama yang diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries. Motor berbasis produksi di Jepang ini pertama kali dihadirkan di tahun 1972. Z900 juga memiliki nama lain di beberapa negara, seperti 900 Z1 atau 900 S4 (Super Four).

Salah satu motor klasik incaran pecinta roda dua Tanah Air ini mengandalkan dapur pacu empat silinder, 4-tak, DOHC berkapasitas 903 cc. Tenaga yang dapat disalurkan mesin ini mencapai 82 hp dengan kecepatan maksimum 210 km/jam. Mesin ini dipadukan dengan transmisi lima percepatan.

Baca juga: Tips Merawat Motor Tua

Di kelasnya, Kawasaki Z900 bersaing dengan beberapa rival. Seperti Harley-Davidson Sportster, Norton Comando dan Triumph Triple. Dibandingkan dengan beberapa model tersebut, performa Z900 tidak bisa dipandang sebelah mata. Hanya saja sisi pengeremannya saja yang kalah dari Norton Comando.

Motor Kawasaki ini dirancang dengan konstruksi rangka yang kuat. Selain itu Z900 juga mempunyai sistem kelistrikan yang baik serta diklaim minim getaran.

Kelebihan lain terdapat pada handling dan riding position. Kawasaki mengklaim motor tersebut sangat nyaman untuk dipakai harian maupun berkendara dalam kota.

Kawasaki KH400

Motor ini disebut-sebut merupakan motor Kawasaki terbaik di keluarga KH. Untuk diketahui, mesin 2-tak milik KH merupakan transformasi dari generasi H2. Kehadirannya ditujukan untuk mengimbangi performa jajaran Kawasaki KZ dengan mesin 4 tak.

Motor yang diproduksi di tahun 1975 ini mengandalkan mesin dengan kapasitas sebesar 400 cc, 2-tak, tiga silinder, transmisi manual 5-percepatan. Mesin ini sanggup meletuskan tenaga sebesar 38 hp pada putaran 7.000 rpm dengan torsi puncak 38 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Kawasaki KH400 hadir dengan mengusung desain yang klasik. Meski begitu motor Kawasaki ini diklaim merupakan motor sport yang nyaman dan mudah untuk dikendarai di dalam kota maupun dipakai untuk perjalanan jauh.

Kawasaki KH500

Model berikutnya yang patut dimasukkan daftar incaran adalah KH500. Motor klasik yang satu ini dirancang dengan menggunakan frame Double tubular steel cradle yang kuat. Motor yang diproukdi pada tahun 1977 itu merupakan evolusi dari KH A8 yang ketika itu mempunyai tenaga sebesar 60 hp.

Di sektor dapur pacu motor ini mengandalkan mesin 2-tak yang digadang-gadang menjadi salah satu motor 2-tak paling bertenaga. Mesin tiga silinder segaris berkapasitas 498 cc dengan pendingin udara itu dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan. Berbekal mesin ini Kawasaki KH500 dapat menghembuskan daya 59 hp pada 8.000 rpm dengan torsi puncak 52 Nm pada 6.500 rpm.

Hanya saja di awal tahun 1976 Amerika mengalami krisis minyak. Dengan tenaga yang dimilikinya, pihak Kawasaki menilai KH500 tidak efisien. Setelah itu pada pertengahan 1976 muncul Kawasaki KH500 dengan tenaga dan torsi yang sudah disesuaikan dengan kondisi ekonomi Amerika saat itu.

Kawasaki KE125

Motor klasik Kawasaki ini masuk dalam kelas motocross. KE125 pertama kali dihadirkan tahun 1975 dan berhenti produksi tahun 1982. Menurut kabar motor ini menjadi salah satu motor klasik yang banyak diincar oleh pecinta roda dua di Indonesia.

Kawasaki KE125 mengandalkan mesin 125 cc dengan pendingin udara 2-tak satu silinder. Mesin motor bergaya enduro ini mempunyai tenaga maksimum 13 hp pada 7.500 rpm dengan torsi 14 Nm pada 6.000 rpm.

Melirik rodanya, KE125 mengusung ban depan berukuran 21 inci dan ban belakang 18 inci. lantaran merupakan motor klasik sektor pengereman depan dan belakang masih mengandalkan tromol.

Kawasaki KX400

Referensi terakhir yang patut dicermati adalah KX400. Motor ini menjadi salah satu model dari Kawasaki yang banyak dikenal orang. Di tahun 1979, Kawasaki KX400 hadir dengan mengusung suspensi belakang Uni-Trak untuk pertama kalinya. Sedangkan di tahun 1980 motor ini mengusung rem cakram depan.

Motor klasik ini mengandalkan mesin berkapasitas 400 cc, 2-tak, satu silinder dengan transmisi manual 5-percepatan. Dengan mesin ini KX400 dapat mengeluarkan tenaga 42 hp pada putaran mesin 7.000 rpm.

Kawasaki KX400 cook untuk konsumen yang gemar melahap medan off-road dan mengandalkan motor dengan kapasitas dan tenaga yang besar. Terlebih motor ini mempunyai desain bodi yang ramping sehingga mudah untuk dikendarai.

Tidak hanya itu, motor Kawasaki ini juga mudah untuk dimodifikasi sesuai keinginan pemilik. Tidak sedikit orang yang memodifikasi motor ini dengan aliran supermoto sehingga tampil beda.

Itulah rekomendasi motor klasik Kawasaki yang patut dijadikan koleksi. Tertarik untuk membeli salah satunya?

Source: daftar motor 2 tak di indonesia, koleksi motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply