Motor Suzuki Terbaru Rival NMAX Disiapkan, Burgman 150?

Loading...

Motor Suzuki Terbaru, Kepopuleran motor matic bongsor di Indonesia belum surut. Bahkan persaingannya bisa dikatakan akan lebih sengit ke depannya. Beberapa waktu lalu Honda dikabarkan sedang bersiap untuk menghadirkan skuter matik bongsor versi produksi lokal. Kali ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang mencuri perhatian banyak pecinta roda dua.

Loading...

Disebutkan bahwa agen pemegang merek Suzuki di Indonesia itu akan meluncurkan motor baru yang digadang-gadang akan laris di pasaran. Bocoran ini disampaikan ketika pihak SIS mengatakan tulang punggung penjualan mereka saat ini adalah seri sport GSX dan bebek sport Satria. Demikian menurut informasi dari Otosia.

Banggas Pardede, Market Relation Manager PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan motor baru yang dirilis ke depannya mungkin menjadi salah satu tulang punggung penjualan motor Suzuki.

Banggas memang tidak bersedia untuk membocorkan motor baru apa yang akan hadir di Indonesia. Akan tetapi ia sempat memberi petunjuk bahwa Suzuki fokus di kelas motor 150 cc. “Apa motornya, kita lihat nanti,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi tersebut, kemungkinan besar produk baru yang dimaksud adalah motor matic bermesin 150 cc. Sebenarnya informasi ini tidak terlalu mengejutkan mengingat rumor serupa pernah berkembang di tengah masyarakat Tanah Air.

Sempat beredar kabar bahwa SIS akan meluncurkan Suzuki Burgman 150 cc. Kehadiran motor Suzuki ini tidak lain untuk melawan dominasi Yamaha NMAX yang laris manis hingga saat ini. Selain itu Burgman 150 juga dipastikan akan bersaing dengan Honda PCX.

Perlu diketahui, motor Yamaha sukses meraih sambutan hangat dari masyarakat. Penjualannya terbilang tinggi untuk sebuah motor matic bongsor dengan harga di atas Rp 20 jutaan. Bahkan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tampak kewalahan mengatasi inden yang cukup panjang.

Maka tidak mengherankan bila rival-rivalnya juga tergoda untuk lebih serius terjun di motor matic 150 cc. Astra Honda Motor (AHM) sendiri mengatakan masih melakukan studi terkait PCX. Sementara itu Suzuki diduga kuat akan menghadirkan Burgman yang akan berhadapan dengan NMAX.

Baca juga: Detail Singkat dan Harga Suzuki Burgman 200 Indonesia

Dugaan itu semakin kuat saat Suzuki tidak menampik ketertarikannya pada pasar Yamaha NMAX. “Kami pasti menyasar semua segmen di mana kompetitor bermain,” kata Farani, Section Head New Part Product Development PT Suzuki Indomobil Sales.

Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head SIS juga pernah mengungkapkan pendapat serupa. “Pada intinya market itu (skutik 150 cc) ada, ada banget. Itu yang menjadi perhatian kita juga. Semua segmen punya potensi pasar,” jelasnya, dikutip dari Oto.

SIS mempunyai peluang untuk sukses di pasar motor matic bongsor 150 cc, terlebih segmen tersebut belum terlalu ramai. Dengan kehadiran motor Suzuki itu masyarakat akan mendapat pilihan yang lebih banyak.

Sebenarnya SIS pernah memasarkan Burgman 200. Skutik ini didatangkan langsung dari Thailand. Hal inilah yang menjadi kekurangan motor tersebut. Selain berstatus sebagai barang impor, motor ini mengusung mesin 200 cc, bukan 150 cc. Alhasil harga Suzuki Burgman 200 melambung tinggi hingga menembus Rp 59,9 jutaan OTR Jakarta.

Maka dari itu beredar isu SIS akan menyiapkan Burgman 150 untuk berhadapan langsung dengan NMAX dan PCX. Agar harga motor baru ini kompetitif, kemungkinan produk itu akan diproduksi lokal. Mari kita lihat Honda PCX yang dijual saat ini.

Motor tersebut juga diimpor dari Thailand. Meski mengusung mesin 150 cc, harganya masih kalah murah dari Yamaha NMAX yang diproduksi di Indonesia.

Semoga Suzuki Burgman 150 memang benar-benar dihadirkan nantinya. Dengan begitu motor Suzuki ini menjadi pilihan baru bagi konsumen yang ingin memiliki motor matic bongsor namun bosan dengan NMAX.

Loading...