Home Auto News Kawasaki Z900 2017 Versi “Jinak” Dirilis

Kawasaki Z900 2017 Versi “Jinak” Dirilis

Kawasaki Z900, Salah satu pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki mempunyai beberapa motor bermesin besar. Salah satunya adalah Kawasaki Z900. Hanya saja kapasitas mesin dan tenaga yang besar membuat motor ini tidak boleh dikendarai oleh sembarang orang. Untuk itulah Kawasaki menghadirkan Z900 khusus pemula di Eropa.

Motor Kawasaki ini dihadirkan untuk menarik perhatian pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) A2. Untuk diketahui, anak muda berusia 19 tahun harus mempunyai SIM A2 agar bisa menggunakan motor bermesin di atas 395 cc.

Oleh karena itu Kawasaki Z900 versi khusus dihadirkan. Agar anak muda pemilik SIM A2 bisa menungganginya. Motor gede bergaya naked ini mempunyai output daya yang lebih kecil dibandingkan model sebelumnya.

Kawasaki Z900 untuk pemula tenaganya dipangkas hingga 46 hp. Hal ini dapat dilakukan karena Kawasaki melakukan ubahan pada ECU. Penurunan itu dilakukan oleh dealer sebelum dikirim kepada konsumen. Hal ini dilakukan guna memenuhi syarat dari pemilik SIM A2 di Eropa yang terbilang cukup rumit.

Tenaga dari Kawasaki Z900 untuk konsumen muda ini mencapai 93 hp. Sedangkan tampilannya tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya. Hanya saja pembatasan tenaga mesin melalui pengubahan ECU terbilang tidak aman. Sebab pengaturan sistem elektronik tersebut bisa dibobol sehingga kembali lagi ke tenaga asalnya.

Untuk diketahui, moge Kawasaki ini pertama kali dihadirkan pada pameran EICMA tahun lalu. Motor andalan Kawasaki ini sebenarnya mempunyai tenaga sebesar 123 hp dengan torsi puncak 98,6 Nm pada putaran 7.500 rpm.

Kawasaki Z900 dikembangkan dari Z1000 dan Ninja ZX-9R. Untuk sektor performa mengandalkan mesin 4 silinder berkapasitas 948 cc. Pada putaran menengah tenaganya diklaim kuat dan naik terus sampai putaran atas.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Kawasaki Z900

Ada beberapa fitur yang ditawarkan pada motor yang juga dijual di Indonesia ini. Seperti tachometer bergaya analog dengan indicator gear yang berada di tengah layar LCD multifungsi berukuran besar. Juga ada fitur Assist & Slipper Clutch yang dikembangkan berdasarkan masukan dari aktivitas balap.

Ketika terjadi engine brake ekstrem karena penurunan gigi yang cepat, slipper clutch akan meredam terjadinya efek engine brake. Fitur ini juga berfungsi untuk mencegah ban belakang mengangkat atau tergelincir.

Kehadiran Kawasaki Z900 ditujukan untuk menggantikan Kawasaki Z800 yang berhenti produksi. Tenaga yang menembus angka lebih dari 100 hp tercapai berkat pemakaian bahan material berbobot ringan.

Motor ini membawa bodywork yang ramping sehingga lebih ramping dan sporty. Rangka dengan bobot ringan juga membuat motor ini memiliki performa yang mengagumkan.

Menurut data spesifikasi, Kawasaki Z900 mengusung sasis ringan dengan bobot 210 kg. Sementara versi non-ABS berbobot 209 kg. Kawasaki Z900 ini juga sudah memenuhi standar Euro 4.

Di Indonesia, harga Kawasaki Z900 ini mencapai Rp 225 juta OTR Jabodetabekser. Tersedia dua pilihan wanra yang bisa dipilih, yaitu green dan grey.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply