Home Auto News Suzuki Baleno Hatchback vs Honda Jazz, Pilih yang Mana?

Suzuki Baleno Hatchback vs Honda Jazz, Pilih yang Mana?

Suzuki Baleno Hatchback, Keberadaan hatchback di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri di mata penggemarnya. Sebenarnya cukup banyak pilihan di segmen ini. Akan tetapi Honda Jazz menjadi model terlaris untuk saat ini.

Untuk memecah dominasi mobil Honda tersebut, Suzuki Indomobil Sales (SIS) ikut meramaikan pasar hatchback dengan meluncurkan Baleno Hatchback. Bagi pecinta roda empat tentu tidak asing dengan nama mobil Suzuki terbaru ini.

Sebelumnya Suzuki Baleno hadir dalam format sedan. Kemudian di tahun 2017 ini kembali meramaikan pasar Tanah Air dengan bentuk hatchback. Mengusung konsep yang segar, ada sejumlah bekal yang dimiliki mobil ini agar dapat bersaing dengan rival-rivalnya, tak terkecuali Honda Jazz.

Pada artikel ini mari kita bahas komparasi Suzuki Baleno Hatchback dengan Honda Jazz dilihat dari beberapa aspek. Seperti Eksterior, interior, fitur hingga harga jualnya. Berikut informasi selengkapnya yang bisa Anda simak.

Eksterior

Suzuki Baleno hatchback mengusung fitur yang cukup menarik di bagian luar. Terdapat lampu HID projector, lampu siang hari, foglamp dan spoiler atas di bagian belakang. Selain itu juga ada pelek alloy 16 inci yang mempermanis tampilannya.

Mobil Suzuki ini diklaim hadir dengan membawa tiga konsep, yaitu Flashy, Premium dan Comfort. Mobil ini dibekali dengan teknologi TECT Body, dengan platform HEARTECT yang diklaim dapat menambah kelincahan ketika dipakai.

Baca juga: Suzuki Baleno vs Hatchback di Indonesia

Sedangkan Honda Jazz 2017 dilengkapi dengan lampu halogen dan lampu kabut. Sayangnya belum ada lampu siang hari dan spoiler. Lalu untuk sektor pelek memakai 16 inci alloy wheel dengan desain sporty. Selain itu ada Black Power Tretractable Door Mirror pada mobil hatchback ini.

Dimensi

Untuk soal dimensi, Suzuki Baleno Hatchback mempunyai panjang 3.995 mm, dengan lebar 1.745 mm dan tinggi 1.510 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase model ini 2.520 mm. Sedangkan Jazz memiliki panjang 3.955 mm, lebar 1.694 mm dan tinggi 1.524 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 2.530 mm.

Dari ukuran tersebut terlihat bahwa Baleno lebih panjang dan lebar. Hanya saja Honda Jazz memiliki atap yang lebih tinggi, dengan sumbu roda yang lebih panjang. Kedua hal tersebut membuat kabin Jazz lebih lapang dari rivalnya.

Tidak hanya itu, mobil hatchback Honda itu juga dilengkapi dengan fitur Ultra Seat. Fitur ini dapat memaksimalkan ruang kabin dengan pelipatan bangku yang fleksibel.

Meski begitu Baleno hatchback juga memiliki kabin yang tergolong lega. Duduk di bangku baris pertama maupun kedua tetap nyaman, dengan ruang kaki yang juga lega.

Interior

Baik Honda Jazz maupun Suzuki Baleno sama-sama mengusung nuansa gelap di dalam kabin. Di samping itu kelengkapan seperti penyimpanan dan kompartemen tidak jauh berbeda. Hanya saja mobil Honda lebih unggul dalam hal fitur hiburan.

Pasalnya Jazz sudah dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 8 inci. Peranti ini dapat dimanfaatkan untuk memutar banyak sumber termasuk CD/DVD. Head unit ini memiliki fitur panggilan telepon, audio Bluetooth hingga audio mirroring. Tidak hanya itu, Honda juga menyertakan fitur Smart Touch Auto AC dengan panel digital.

Tampilan Jazz terlihat lebih sporty berkat sentuhan aksen jahitan oranye. Jahitan ini terlihat di beberapa bagian, seperti jok, console box, shift knob dan setir kemudi. Honda Jazz juga terkesan futuristik berkat hadirnya fitur Start/Stop yang menjadi salah satu andalannya. Dengan fitur ini pengemudi bisa menghidupkan mesin dengan lebih mudah.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur cruise control dan paddle shift. Hanya saja fitur tersebut tersedia pada tipe RS. Beberapa fitur lain juga absen pada mobil ini, seperti kamera mundur, vehicle stability assist (VSA) dan hill start assist (HAS).

Sedangkan Suzuki Baleno Hatchback tampil lebih standar dengan head unit 2DIN yang belum layar sentuh. Untung saja head unit ini sudah mendukung konektivitas Bluetooth, USB dan tombol akses audio yang disematkan di setir.

Head unit ini juga mempunyai fitur AM/FM serta kemampuan memutar CD/MP3. Suzuki juga memadukannya dengan empat speaker dan dua tweeter.

Sama halnya dengan Jazz, mobil Suzuki ini juga dilengkapi dengan tombol start/stop, berikut keyless entry. Baleno juga dilengkapi dengan fitur Auto Climate untuk menyejukkan kabin. Menariknya juga terdapat fungsi pemanas yang bisa dimanfaatkan pengguna.

Suzuki Baleno 2017 mempunyai meter cluster yang terbilang informatif. Layar LCD 4,2 inci ini akan menampilkan informasi seputar Gear Position Indicator, Jam, Average Fuel Consumption, Driving time, Fuel Consumption, Torsi & Power, dan Door Open Indicator.

Keamanan

Di sektor keamanan, Baleno yang merupakan pendatang baru menawarkan fitur yang tak kalah dari rival yang sudah lebih dulu hadir. Ada fitur dua airbag alias kantong udara di bagian depan, rem ABS + EBD, ISOFIX, immobilizer dan empat sensor parkir di belakang.

Untuk Honda Jazz juga mempunyai fitur Pretensioner with Load Limiter Seatbelt. Juga ada fitur Brake Override System. Juga ada G-CON ACE untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan.

Guna menambah segi keamanan, Honda membekalinya dengan Smart Key System dengan Keyless Entry untuk varian RS. Sementara varian S dilengkapi Wave Key system dan Keyless Entry. Juga ada alarm system pada mobil ini untuk mencegah terjadinya tindakan pencurian.

Mesin

Di sektor dapur pacu, Honda Jazz lebih unggul dari Baleno. Akan tetapi hal tersebut wajar lantaran kapasitas mesin mobil Honda itu lebih besar dari milik Baleno.

Suzuki Baleno Hatchback mengusung mesin yang serupa dengan milik Ertiga, yakni mesin K14B berkapasitas 1.4 liter VVT DOHC. Jantung pacu ini mempunyai tenaga maksimum 92 PS dan torsi mencapai 130 Nm.

Sementara Honda Jazz mengusung mesin yang sama seperti Mobilio dan BR-V. Kapasitasnya 1.5 liter dengan teknologi i-VTEC SOHC. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 120 PS dengan torsi puncak 145 Nm.

Suzuki Baleno mempunyai dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-percepatan. Lalu untuk Honda Jazz mempunyai transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT yang memakai Earth Dreams Technology.

Harga

Berada di kelas yang sama, rupanya tawaran harga dua hatchback ini berbeda. Suzuki Baleno Hatchback boleh unggul karena mempunyai banderol yang lebih terjangkau. Harga Suzuki Baleno 2017 ini mencapai Rp Rp 195 juta untuk transmisi manual. Sementara transmisi matic dilepas dengan harga Rp 207,5 juta.

Jauh lebih murah dari Honda Jazz. Menurut situs resminya, harga New Honda Jazz transmisi manual mencapai Rp 232,5 juta. Sedangkan versi CVT dilepas Rp 242,5 juta. Lalu untuk varian RS bertransmisi manual dipatok Rp 262,5 juta dan Rp 272,5 juta untuk transmisi CVT.

Kesimpulan

Suzuki Baleno Hatchback datang dengan membawa banderol yang terjangkau. Hal ini menjadi salah satu daya tarik. Fitur yang dibawa juga tak kalah menarik dengan rival lain yang ada di Indonesia. Belum lagi kabin yang tergolong lapang sehingga perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Sementara Honda Jazz 2017 membawa banderol harga yang memang jauh lebih tinggi. Akan tetapi tentu saja ada sejumlah nilai tambah yang diperoleh pengguna. Mobil ini cocok untuk konsumen yang suka mobil dengan desain sporty di eksterior dan interior.

Mesin yang lebih bertenaga juga menjadi daya tarik lain dari mobil ini. Belum lagi hadirnya transmisi CVT yang lebih baik dari transmisi matic konvensional.

Bila Anda ingin mendapat hatchback harga terjangkau dengan fitur yang memadai, maka Suzuki Baleno Hatchback bisa menjadi pilihannya. Sementara bila Anda ingin hatchback yang lebih bertenaga dan tinggal di kota dengan lalu lintas padat, maka Honda Jazz dapat menjadi rekomendasinya.

Source: Exterior dan interior Sienta, harga mobil baleno terbaru, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply