Home Mobil Simak Tarif Mobil Derek di Jalan Tol Agar Tak Tertipu

Simak Tarif Mobil Derek di Jalan Tol Agar Tak Tertipu

0 165

Mobil Derek, Berbagai kejadian bisa saja terjadi di jalanan saat kita berkendara dengan mobil. Salah satunya adalah mobil mogok di jalan bebas hambatan. Di saat seperti ini tentu saja kita membutuhkan bantuan, terlebih bila ada komponen yang mengalami kerusakan cukup parah sehingga tidak memungkinkan untuk meneruskan perjalanan.

Jika Anda mengalaminya, maka Anda bisa memanfaatkan fasilitas mobil derek. Akan tetapi sebelumnya Anda juga perlu mengetahui beberapa hal terkait fasilitas tersebut, seperti tarif resmi hingga mekanisme derek di jalan tol. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari tipu daya oknum tak bertanggungjawab.

Perlu diketahui, ada konsumen yang tidak dibebankan biaya ketika memanfaatkan fasilitas derek. Contohnya adalah bila mobil mengalami mogok atau kecelakaan di jalan tol. Maka konsumen akan memperoleh fasilitas derek gratis hinga pintu tol terdekat. Jika diteruskan hinga ke bengkel yang diinginkan dan sudah lewat dari pintu tol terdekat, barulah konsumen dikenakan tarif.

Biaya untuk memanfaatkan fasilitas derek sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) No. 1 Tahun 2015 tentang Retribusi dan Penderekan Atas Permintaan Pemilik Kendaraan. Untuk mobil penumpang seperti station wagon, sedan, Jeep dan sejenisnya, serta mobil bus kecil dikenai biaya Rp 20 ribu per kendaraan hingga jarak 10 km.

Baca juga: 5 Penyebab Mobil Mogok Mendadak 

Sedangkan jarak 10 sampai 20 km tarif yang dibebankan Rp 35 ribu. Lalu untuk jarak lebih dari 20 km dikenakan tambahan sebesar Rp 10 ribu untuk setiap 5 km berikutnya.

Kemudian untuk mobil bus (bus mikro, bus besar, bus tingkat, bus tempel), dan mobil barang (truk, kereta penarik, tempelan/gandengan, kereta tempelan, kereta gandengan dan ransus) tarif yang dikenakan berbeda. Untuk jarak 10 km biayanya Rp 45 ribu. Sementara 10 km hingga 20 km mencapai Rp 80 ribu. Lalu untuk pemakaian lebih dari 20 km dikenakan biaya tambahan Rp 20 ribu setiap 5 km berikutnya.

Itulah tarif mobil derek yang bisa Anda simak. Dengan mengetahui tarif tersebut Anda bisa terhindar dari penipuan. Selain itu Anda juga bisa mengantisipasi dengan menyiapkan dana bila sewaktu-waktu membutuhkan fasilitas derek. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply