Home Auto News MV Agusta F4 LH44, Motor “Racikan” Lewis Hamilton

MV Agusta F4 LH44, Motor “Racikan” Lewis Hamilton

0 88

MV Agusta F4, Berbagai produsen sepeda motor mempunyai caranya masing-masing dalam menghadirkan dan memasarkan produk terbarunya. Salah satu yang pernah kita lihat sebelumnya adalah Marc Marquez yang membantu Honda untuk meluncurkan motor sport 250 cc terbarunya, CBR250RR. Di sisi lain Maverick Vinales juga menjadi bintang dalam peluncuran Yamaha All New R15.

Akan tetapi yang terbaru ini lebih menarik. Lewis Hamilton, pembalap kondang yang berlaga di Formula 1 bekerjasama dengan MV Agusta untuk menghadirkan F4 LH44. Bagi Anda penggemar balap F1 tentu mengetahui bahwa nama LH44 merupakan akronim dari Lewis Hamilton – 44.

Angka tersebut sama dengan nomor di mobil balap Mercedes AMG Petronas yang ia gunakan ketika turun di pertandingan. Sebenarnya hal ini bukanlah satu-satunya. Sebelumnya Valentino Rossi juga sempat bekerja sama dengan salah satu merek mobil asal Ford untuk menghadirkan Ford Ranger VR46.

Penasaran dengan motor “racikan” Hamilton ini? Mari kita bahas lebih dalam seputar motor baru tersebut.

Motor sport asal Italia ini dikembangkan dari MV Agusta F4 RC yang dalam kondisi standar dibanderol dengan harga sekitar Rp 1 miliar. Kolaborasi MV Agusta dan Hamilton ini menghadirkan F4 LH44 dengan proporsi yang lebih buas untuk sektor tenaga dan lebih agresif tampilannya.

MV Agusta F4 LH44 ini hanya tersedia dalam pilihan warna candy apple red. Meski pilihannya hanya satu, namun warna ini terbilang istimewa. Pasalnya warna tersebut dipilih sendiri oleh Hamilton. Tidak hanya itu, keistimewaan lain dari motor ini terdapat pada hadirnya lambang panther khas Hamilton, nomor balap 44 lengkap dengan tanda tangannya di bagian tangki.

Beberapa bagian dari motor ini memakai bahan serat karbon dan magnesium alloy. Alhasil kesan sporty terpancar dari motor edisi khusus ini. Tidak hanya itu, bobot motor juga ikut berpengaruh. Sentuhan lain terdapat pada windshield yang dilabur dengan aksen smoke.

Baca juga: 10 Motor Indonesia yang Kurang Laku

Di samping itu motor ini juga menggunakan material pilihan Hamilton. Terdapat bahan kulit Alcantara yang disematkan pada bagian jok. Selain itu terdapat ban Pirelli Supercorsa SPs yang juga berdasarkan masukan dari pembalap asal Inggris itu. Menariknya ban tersebut kabarnya dibuat khusus oleh pabrikan dengan sidewall merah, berikut logo LH44.

Sektor tampilan bukan satu-satunya masukan yang diberikan oleh Hamilton. Segi performa juga mendapat perhatian khusus. Hamilton meminta agar performa MV Agusta F4 LH44 itu lebih gahar.

Untuk mewujudkannya perangkat ECU diatur ulang agar dapat mengeluarkan tenaga sebesar 212 dk, meningkat dari F4 standar yang hanya 205 dk. Selain itu suara juga dibuat lebih memikat dengan pemakaian knalpot titanium, berikut dengan goresan Hamilton.

MV Agusta F4 LH44 ini mengandalkan dapur pacu yang sama dengan basisnya. Kapasitas mesin ini mencapai 998 cc, empat silinder dengan central timing chain dan radial valves. Di samping itu terdapat suspensi khusus yang memakai produk Ohlins dengan model USD di depan dan monoshock di bagian belakang.

“Proyek dengan MV Augusta merupakan cara tepat untuk mengombinasikan kecintaanku pada motor dan minat merancangnya, jadi aku sangat terlibat dalam proses desain,” jelas Hamilton, dilansir dari Oto.

Motor ini resmi diluncurkan pada Jum’at (29/9/2017). Motor MV Agusta ini diproduksi secara terbatas, yakni hanya 44 unit saja. Sayangnya tidak disebutkan berapa harga motor baru ini. Akan tetapi MV Agusta F4 LH44 itu sudah habis dipesan konsumen.

“Aku sangat tertarik menjalankan kerjasama dengan MV Augusta. Semangat mereka yang menggebu untuk merancang motor serta dedikasinya menghasilkan motor yang orisinil dan mengagumkan,” ujar Hamilton.

Uniknya bersamaan dengan peluncuran motor ini ada rumor yang menyatakan bahwa Hamilton berniat untuk pensiun dari F1 dan terjun di ajang balap motor. Alasannya ini bukan menjadi pertama kalinya ia bekerjasama dengan MV Agusta. Sebelumnya Hamilton juga pernah terlibat dalam peluncuran Dragster RR LH44.

Terlepas dari isu tersebut, MV Agusta F4 LH44 berhasil tampil dengan karakter khas Hamilton. Tak mengherankan bila unit motor ini sudah habis terpesan meskipun unit pertamanya belum dikirim ke garasi konsumen. Jika stok motor MV Agusta ini masih ada, berminat untuk menjadi salah satu pemiliknya?

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply