Home Auto News Sean Gelael Tampil Maksimal di FP1 F1 Malaysia 2017

Sean Gelael Tampil Maksimal di FP1 F1 Malaysia 2017

0 274

Sean Gelael, Usai mengikuti latihan bebas di Singapura, Sean Gelael kembali hadir di sesi latihan bebas pertama F1 2017 GP Malaysia. Performa pembalap muda asal Indonesia itu terbilang impresif di Sirkuit Sepang. Ia dapat membawa mobil STR16 dengan baik walaupun saat itu sedang hujan.

Sean berhasil mencatatkan waktu 1 menit 54,610 detik dan membuatnya berada di posisi 14 dari 20 pembalap. Perolehan ini jauh lebih baik dari Free Practice I di Singapura yang hanya berhasil berada di posisi 18.

Jalannya latihan bebas pertama di Negeri Jiran tidak berlangsung mulus. Awal sesi hujan deras mengguyur sirkuit. Alhasil sesi latihan bebas sempat ditunda lantaran kondisi lintasan dinilai belum aman untuk dipakai. Sesi tersebut diteruskan setengah jam kemudian dengan memanfaatkan waktu satu jam yang tersisa.

Catatan waktu yang diperoleh Sean berhasil mengalahkan Charles Leclerc yang menggunakan mobil Sauber. Untuk diketahui, Lecrec merupakan rival Sean yang juga berlaga di F2. Saat ini ia menjadi pemimpin di daftar klasemen pembalap.

Meski begitu dalam latihan bebas kemarin Lecrec berada di dua tingkat di bawah Sean, tepatnya diposisi 16. Selain Lecrec, Sean juga berhasil mengalahkan catatan waktu beberapa pembalap F1 lain seperti Sergio Perez dari Force India, Pascal Wehrlein (Sauber), Romain Grosjean (Haas) dan Antonio Giovinazzi (Haas).

Dalam sesi FP1 Max Verstappen dan Daniel Ricciardo dari tim Red Bull menjadi yang tercepat. Verstappen berada di urutan pertama dengan catatan waktu 1 menit 48,962 detik. Selisih 0,757 detik dari rekan satu timnya itu.

Baca juga: Kesan Sean Gelael Setelah Balap F1

Lalu Fernando Alonso berada di posisi ketiga dengan catatan waktu 50,597 detik. Disusul oleh dua pembalap Ferrari yang berada di peringkat keempat dan kelima. Sebastian Vettel mencatatkan waktu 1,635 detik dan Raikkonen lebih lambat 1,772 detik.

Duo Mercedes menyusul di belakang pembalap Ferrari. Lewis Hamilton berada di peringkat keenam, diikuti oleh Valtteri Bottas di posisi ketujuh. Pierre Gasly, pembalap pengganti Daniil Kvyat dari Toro Rossi berhasil menduduki posisi sembilan.

Untuk awal sesi, Sean tidak fokus mengejar catatan waktu. Ia hanya mencoba kondisi grip. Dengan kondisi lintasan yang membaik, Sean mengandalkan ban intermediate dan mulai fokus untuk mencatatkan waktu terbaik. Beberapa komponen pun dicoba untuk memberikan masukan kepada tim mekanik.

“Kondisi di awal sangat sulit karena kondisi lintasan yang buruk. Banyak air tergenang. Setelah kondisi lintasan membaik, saya mencoba fokus dan tidak melakukan kesalahan,” ujarnya, dalam situs resminya.

Menurut Sean, mengikuti sesi Free Practice di F1 Sepang Malaysia menjadi pengalaman keduanya di tahun ini. Seperti yang diketahui, sebelumnya Sean mengikuti sesi latihan bebas pertama di Sirkuit Marina Bay, Singapura.

Nantinya Sean Gelael akan kembali berlaga di Amerika Serikat dan Meksiko. Tidak hanya itu, ia juga akan menjadi pembalap penguji Tim Toro Rosso di Abu Dhabi pada November mendatang.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply