Home Auto News Riding Assist-e, Motor Baru Honda dengan Fitur Anti Jatuh

Riding Assist-e, Motor Baru Honda dengan Fitur Anti Jatuh

Motor Baru Honda, Dalam ajang Tokyo Motor Show ke-45 yang akan berlangsung 27 Oktober hingga 5 November mendatang, Honda akan meluncurkan motor baru yang cukup unik. Motor tersebut adalah Honda Riding Assist-e. Ada beberapa keistimewaan yang dibawa motor Honda yang satu ini.

Konsep motor ini dirancang khusus untuk pengendara yang masih belajar atau baru pertama kali mengendarai motor. Honda Riding Assist-e merupakan motor bertenaga listrik yang mempunyai pusat gravitasi rendah dan jok yang sangat rendah sehingga pengendara tidak terlalu menunduk. Desain motor ini terbilang futuristik  sehingga membuatnya menarik.

Tidak hanya itu, keunggulan lain dari sepeda motor ini adalah adanya fitur penyeimbangan sendiri. Berbekal fitur ini pengendara tidak akan jatuh ke kanan ataupun ke kiri. Oleh karenanya Honda Riding Assist-e cocok untuk pengendara yang baru belajar naik motor.

Teknologi penyeimbang pada model ini diadopsi dari humanoid robot, bukan dari giroskop yang berat. Motor ini bisa menjaga keseimbangan dengan sendirinya ketika melesat dalam kecepatan rendah. Kemungkinan teknologi penyeimbang itu tersemat di antara paha pengendara atau di bawah jok.

Masih ada keistimewaan lain yang ditawarkan motor ini. Honda Riding Assist-e bisa berjalan sendiri seperti mobil tanpa sopir alias otonom. Untuk informasi, teknologi semacam ini memang menjadi fokus sejumlah pabrikan otomotif.

Honda Riding Assist-e usut punya usut bukanlah satu-satunya motor yang mengusung teknologi penyeimbang. Sebelumnya Honda juga pernah memperlihatkan teknologi serupa di ajang Consumer Electronic Show (CES) yang berlangsung pada awal tahun 2017 ini, Honda Riding Assist. Model ini merupakan perpaduan dari berbagai teknologi yang dikembangkan Honda secara internal dan juga dipakai pada kendaraan konsep Uni-Cub.

Baca juga: Motor Listrik Honda Rilis Tahun Depan

Honda Riding Assist-e mempunyai tampilan yang mirip dengan Riding Assist. Hanya saja bedanya terdapat pada dapur pacunya. Jika model yang diperkenalkan di CES 2017 Las Vegas memakai mesin bensin, maka untuk Riding Assist-e akan mengandalkan tenaga listrik.

Konsep Riding Assist awalnya digunakan Honda NC700 sebagai basisnya dengan teknologi penyeimbang mandiri di ujung bagian setang. Frame milik NC700 tetap dipakai, hanya saja tidak menggunakan mesin sejajar. Untuk sasis dilengkapi motor listrik. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke roda belakang melalui poros penggerak yang berada di swing arm di sisi kiri.

Baterai terpasang rendah di sasis untuk menjaga pusat gravitasinya. Terdapat celah di panel samping guna memudahkan pengguna memeriksa dan mengakses baterai. Juga terdapat port pengisian yang terdapat di sisi kiri motor, tepatnya di samping motor listrik. lalu belakang motor terdapat radiator yang menghadap ke belakang.

Lalu untuk bagian suspensi motor ini mengandalkan garpu teleskopik di bagian depan dan monosok Pro-Link di belakang. Honda juga menyematkan pelek alloy yang ditemani ban berlabel Bridgestone. Sedangkan sektor pengereman mengandalkan rem cakram dengan kaliper dari Nissin.

Kesan modern semakin kuat dengan hadirnya lampu depan dan belakang berteknologi LED. Juga terdapat instrumen digital yang menunjukkan kecepatan. Menariknya pada instrumen tersebut juga ada informasi mengenai sudut kemiringan kendaraan.

Sayangnya belum dapat diketahui seperti apa spesifikasi motor Honda terbaru ini. Akan tetapi diharapkan Honda tidak hanya sebatas memamerkan Honda Riding Assist-e saja namun juga memproduksinya secara massal di masa mendatang.

Kehadiran Honda Riding Assist-e bisa menjadi terobosan baru dalam dunia sepeda motor. Adanya fitur penyeimbang pada motor ini bisa membuatnya menarik banyak orang. Semoga saja motor baru Honda itu diproduksi massal nantinya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply