Rio Haryanto Akan Ramaikan Tes Balap Formula E

Loading...

Rio Haryanto, Salah satu pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto merupakan pembalap yang sempat berlaga di ajang balap dunia, F1 2016. Saat itu ia membela tim Manor Racing untuk beberapa seri. Usai hengkang dari balap Formula 1 2016, nama Rio jarang tersentuh media. Meski begitu bukan berarti karier Rio di dunia balap usai begitu saja.

Loading...

Kabar baiknya Rio akan kembali tampil di ajang balap. Kali ini pemuda asal Solo, Jawa Tengah itu akan ikut serta pada tes pramusim Formula E yang diselenggarakan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (3/10/2017). Tes mobil balap listrik ini dilakukan selama tiga hari, mulai Senin, (2/10/2017) sampai Rabu, (4/10/2017).

Dalam keterangan resminya, Rio mengaku sangat menantikan tes Formula E pertamanya itu. “Saya sangat menantikan tes Formula E pertama saya setelah menonton beberapa balapannya yang sangat menarik di televisi. Formula E selalu menyuguhkan kompetisi yang ketat dan dengan banyaknya pabrikan yang bergabung, tampaknya kejuaraan ini akan terus tumbuh di seluruh dunia,” jelasnya.

Untuk informasi, saat ini ada sekitar 10 tim yang tampil di ajang balap Formula E. Dari beberapa tim tersebut diketahui tim Nextev Nio masih mencari pembalap kedua. Bisa jadi ini merupakan kesempatan bagi Rio untuk bisa tampil kembali di kejuaraan balap. Di sisi lain kesempatan ikut balap mobil listrik ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi Rio.

Kalender balapan Formula E tahun ini sudah berakhir dengan pebalap L. Di Grassi dari tim ABT Schaeffler Audi Sport menjadi juara. Sedangkan untuk musim depan Formula E akan dimulai di Hong Kong yang akan diselenggarakan pada 2 Desember mendatang.

Status Rio di Formula E

Indah Pennywati yang merupakan Ibunda Rio mengatakan saat ini status Rio hanya berupa undangan dari manajemen di FE. Dengan begitu belum ada kepastian untuk status resmi Rio di ajang Formula E.

“Jadi seperti yang saya bilang tadi, dia (Rio) hanya diundang untuk ikut tes di FE di Valencia. Saya juga tidak tahu dia di tim apa dan mana karena yang mengurusi semua itu benar-benar dari sana,” ungkapnya, dikutip dari KompasOtomotif.

Indah juga belum bisa memberikan informasi mengenai peluang Rio untuk mengikuti ajang Formula E musim depan yang dibuka di Hongkong.

“Belum tentu juga ikut, ini kan baru tes awal jadi saya belum bisa bicara banyak apa lagi soal berlaga di FE secara serius. Pasti nanti setelah uji coba akan ada pembicaraan lebih lanjut, dari situ baru bisa dilihat,” kata Indah.

Keuntungan Bagi Rio

Alenjandro Agag, CEO Formula E menyambut baik partisipasi Rio dalam Formula E. ia merasa kehadiran Rio bisa meningkatkan citra kejuaraan balap mobil listrik tersebut.

“Saya sangat menantikan Rio untuk berada di balik kemudi mobil Formula E yang sepenuhnya bertenaga listrik untuk pertama kalinya di Valencia pekan ini. Dia adalah wajah yang familiar dan sangat berpengalaman di ajang balap single-seater,” ungkapnya, dalam keterangan resmi yang dilansir dari Otomania.

Ia menambahkan, Indonesia mempunyai komunitas motorsport yang tumbuh dengan cepat dan penonton yang penuh gairah. Rio juga mempunyai potensi menambahkan namanya ke dalam daftar pembalap yang terjun di Formula E.

Salah satu hal yang membuat Rio Haryanto tertarik untuk berpartisipasi di Formula E adalah adanya fitur FanBoost di setiap balapan yang diberikan pendukung kepada pembalap. Fanboost sendiri merupakan konsep yang diperkenalkan FIA untuk membuat penonton dapat menentukan hasil balapan secara langsung dengan memberikan tenaga tambahan pada pembalap mereka. Penonton dapat memberikan suara untuk pebalap favorit mereka dengan tambahan tenaga 100 kilo Joule pada setengah balapan.

Loading...