Home Mobil Bekas Tips Tukar Tambah Mobil, Cermati Waktu yang Tepat

Tips Tukar Tambah Mobil, Cermati Waktu yang Tepat

0 85

Tukar Tambah Mobil, Setiap tahun selalu ada saja mobil baru yang dirilis di Indonesia. Beberapa di antaranya sukses menggoda masyarakat untuk membelinya. Ada beberapa jalan yang bisa diambil bila ingin membeli kendaraan baru. Salah satunya adalah dengan melakukan tukar tambah.

Meski terdengar sepele, tukar tambah sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Perlu dipikirkan kapan waktu yang tepat untuk menjual mobil lama dan menukarnya dengan yang baru. Bukan tanpa sebab, hal ini akan membuat harga mobil Anda di pasar mobil bekas masih cukup tinggi atau setidaknya tidak beda jauh dengan saat membelinya dalam kondisi baru.

Ada beberapa tips yang bisa Anda cermati sebelum melakukan tukar tambah mobil supaya bisa memperoleh keuntungan. Berikut adalah tips selengkapnya, sebagaimana dilansir doityourself via Liputan6.

Jual Sebelum 80.000 Km

Sudah menjadi “hukum alam” nilai mobil terus mengalami penurunan setelah dibeli oleh konsumen. Umumnya setelah tahun pertama nilai jual mobil mengalami penurunan sebesar 25 persen.

Apabila Anda ingin melakukan tukar tambah, akan lebih baik bila Anda tidak menjual mobil lama Anda bila sudah menempuh lebih dari 80 ribu km. Usahakan untuk menjualnya sebelum melebihi angka tersebut agar harga jual kembali mobil Anda tetap terjaga.

Cari Informasi Harga

Sebelum menjual mobil, sangat dianjurkan untuk melihat harga pasaran mobil yang hendak Anda jual terlebih dahulu. Anda bisa mencari informasi melalui internet atau diler mobil bekas. Tujuannya agar Anda memiliki gambaran seberapa pantas harga mobil lama Anda jika dijual.

Langkah ini juga berlaku bila Anda ingin membeli mobil, baik bekas ataupun baru. Usahakan untuk mengetahui terlebih dahulu harga mobil baru atau bekas pilihan Anda. Dengan begitu Anda terhindar dari permainan harga oknum tak bertanggungjawab, terlebih bila Anda membeli mobil seken.

Tenor

Apabila membeli mobil secara kredit, jangan lupa untuk mempertimbangkan berapa tenor yang akan diambil. Hal ini terbilang penting karena bila Anda tidak mempunyai banyak kekurangan pembayaran mobil, itu bisa menjadi saat yang tepat untuk menjual mobil Anda.

Baca juga: Harga Mobil Bekas dibawah 100 Juta 2017

Dana yang diperoleh dari mobil yang Anda jual bisa dijadikan DP supaya sisa pembayaran  kredit tidak memberatkan cashflow Anda. Di samping itu jangan lupa untuk mencicil mobil sesuai kemampuan finansial agar tidak memberatkan Anda di kemudian hari.

Usia Mobil Tua

Bila mobil sudah dipakai melebihi 80 ribu km, umumnya ada banyak masalah yang bisa menimpa mobil Anda. Hal ini bisa merepotkan pemilik ketika harus memperbaikinya. Maka dari itu saat-saat seperti itu menjadi waktu yang dinilai tepat untuk menjual mobil dan membeli mobil baru dengan usia yang lebih muda.

Akhir Tahun

Sebelum mobil baru dihadirkan, biasanya masing-masing dealer memberikan program potongan harga alias diskon untuk cuci gudang. Ini bisa menjadi kesempatan baik bagi Anda untuk tukar tambah mobil dengan yang baru. Anda juga bisa mendapat kesempatan untuk tawar menawar mobil supaya mendapat harga yang lebih terjangkau.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply