Home Mobil Kamera Mobil 360 Derajat, Cara Kerja dan Harga Pasaran

Kamera Mobil 360 Derajat, Cara Kerja dan Harga Pasaran

0 183

Kamera Mobil, Keselamatan dalam berkendara merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Terlebih saat ini kecelakaan masih marak terjadi di jalanan. Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan, berbagai merek mobil sudah mulai menyematkan fitur penunjang keselamatan yang siap melindungi pengguna selama perjalanan.

Ada cukup banyak fitur keselamatan yang biasa disematkan di kendaraan roda empat, kamera 360 derajat salah satunya. Fungsi dari fitur ini adalah membantu pengemudi untuk melihat kondisi sekeliling mobil. Fitur keselamatan ini dapat dijumpai pada mobil jenis sedan, hatchback hingga mobil bertubuh besar seperti SUV.

Kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai fitur kamera 360. Seperti bagaimana cara kerjanya dan juga harga kamera mobil bila membeli produk aftermarket.

Cara Kerja

Fitur kamera 360 juga dikenal dengan nama around view camera. Melansir dari Otomotifnet, fitur ini terdiri dari empat kamera. Satu dipasang di bagian grill atau emblem depan, berikutnya dipasang di bawah spion kiri dan kanan dan satu lagi dipasang di bagasi atau pintu belakang. Kamera yang dipasangkan biasanya memiliki lensa lebar atau wide dengan ukuran 192 derajat.

Lensa lebar inilah yang dapat memvisualisasikan keadaan di sekitar mobil secara luas. Data dari keempat kamera tersebut diolah oleh sebuah modul sehingga terlihat menjadi satu kesatuan atau istilahnya dijahit.

Kamera mobil 360 yang ditawarkan secara umum akan aktif ketika tuas transmisi mobil dipindahkan ke R atau mundur. Tidak hanya itu, kamera juga dapat menampilkan kondisi jalanan ketika belok atau saat lampu sein kiri maupun kanan dihidupkan.

Nantinya layar akan menampilkan kondisi bagian sisi bodi mobil bagian dalam. Saat setir kembali lurus dan lampu sein kembali ke posisi semula, layar akan menampilkan tampilan dari kamera depan selama 5 detik. Fitur ini akan berguna ketika pengemudi melintasi jalanan persimpangan, sempit maupun padat.

Harga

Ada beberapa merek yang bisa dipilih bila ingin memasang fitur around view camera. Salah satunya adalah merek Dynavin. Untuk paket kamera 360 Dynavin dibanderol dengan harga sekitar Rp 4 jutaan hingga Rp 6,5 jutaan.

Baca juga: 10 Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

Biaya pemasangannya sekitar Rp 10 jutaan, namun bisa berbeda-beda antara toko satu dengan toko lainnya. Hanya saja pemasangan kamera ini pada mobil BMW atau Mercedes-Benz dinilai cukup rumit. Sebab perlu adanya interface gate agar dapat bekerja bersama komputer mobil.

Jika ingin yang lebih berkualitas, bisa memilih kamera mobil 360 dengan resolusi 2K. Ketajaman hasil gambar dari kamera tersebut lebih baik sehingga dapat memperlihatkan visual plat nomor mobil di depan dan belakang dengan jelas. Beda dengan kamera beresolusi 720p yang masih kurang jelas.

Hanya saja biaya yang dikeluarkan tentu lebih besar. Kamera mobil 360 dengan resolusi 2K dipatok Rp 13 juta. Sebagai opsi tambahan konsumen bisa mengganti display mobil di monitor. Bisa diganti dengan SUV, sedan, MPV dan lain sebagainya.

Source: cara ke4ja kamera 360 mobil, kamera mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply