Home Auto News Bollinger B1, Mobil Listrik Unik Pelahap Medan Off-Road

Bollinger B1, Mobil Listrik Unik Pelahap Medan Off-Road

0 68

Mobil Listrik, Untuk membuat lingkungan yang lebih sehat, pabrikan otomotif berbondong-bondong membuat kendaraan bertenaga listrik. Mulai dari sebatas konsep hingga benar-benar produk yang diproduksi massal. Di pasar kendaraan roda empat pun juga mulai beredar mobil listrik.

Dari beberapa jenis mobil yang ada, sport utility vehicle (SUV) bertenaga listrik masih jarang dijumpai. Meski begitu bukan berarti tidak ada sama sekali. Yang menyita perhatian banyak orang adalah Bollinger B1.

Mungkin nama mobil ini masih terdengar asing. Bollinger B1 merupakan mobil SUV listrik yang memiliki kemampuan off road. Menariknya pemesanan mobil ini terbilang besar, yakni bisa mencapai lebih dari 10 ribu unit.

Bahkan CEO perusahaan Robert Bollinger tidak menyangka mobil barunya bisa laku sebanyak itu. “Saya tidak percaya dengan angka pemesanan yang begitu cepat. Perhatian dari media saat acara perkenalan pada Juli lalu luar biasa,” ungkapnya, mengutip dari Kumparan.

Ia menambahkan, B1 sengaja dibuat sebagai SUV yang unik. Bollinger B1 dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen Amerika Serikat (AS) yang mencari truk tangguh dan mengandalkan tenaga listrik.

“Sepertinya kita benar-benar membuat sesuatu yang unik. Banyak orang dari seluruh Amerika Serikat dan dunia ingin truk yang tangguh dan andal serta menggunakan listrik. Tak sabar ingin segera memulai produksi,” kata dia, dikutip dari laman Dapurpacu.

Baca juga: e-Survivor, Mobil Listrik Kembaran Jimny

Untuk diketahui, mobil listrik ini dijual dalam dua opsi tenaga, yaitu 60 kWh atau 100 kWh. Masing-masing pilihan diklaim mempunyai jarak tempuh sejauh 193 km dan 321 km.

Menurut data spesifikasi, Bollinger B1 dapat mengeluarkan tenaga sebesar 360 dk dengan torsi puncak 639 Nm. SUV listrik ini dapat melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,5 detik. Sementara kecepatan maksimumnya mencapai 204 km/jam.

Hanya saja pengisian baterai mobil ini membutuhkan waktu yang lama, seperti mobil listrik pada umumnya. Untuk versi 60 kWh dibutuhkan waktu 7 jam dari kondisi kosong hingga penuh. Sedangkan dengan pemakaian fast charger cukup memerlukan waktu 45 menit.

Lalu pengisian baterai versi 100 kWh memakan waktu selama 12 jam atau 75 menit bila memakai modus pengisian cepat. Sedangkan bobot SUV listrik ini mencapai 1.770 kg. lalu untuk kemampuan angkutnya mencapai 2.700 kg.

Bila tidak ada halangan, Bollinger B1 akan didistribusikan pada Februari 2019 mendatang. Bollinger juga masih mencari mitra manufaktur dari pihak ketika yang dapat memproduksi SUV tersebut.

Kehadiran SUV listrik ini bisa menarik perhatian pecinta mobil listrik. Terlebih desainnya tergolong unik namun menarik. Berminat membeli mobil listrik ini?

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply